Call Center Commuter Line
|Call Center Commuter Line – Commuter Line atau kereta rel listrik merupakan salah satu solusi transportasi untuk mengurai kemacetan di Jakarta. Alat transportasi urban ini memang baru populer beberapa tahun belakangan, tetapi perkembangannya sudah dimulai sejak lama.
Jalur kereta api listrik sebenarnya telah dirancang pada tahun 1917, oleh pemerintah Hindia Belanda. Elektrifikasi jalur kereta api yang pertama dilakukan dari Tanjung Priok sampai Jatinegara dimulai pada tahun 1923. Pembangunannya memakan waktu satu tahun dan telah beroperasi. Sementara elektrifikasi jalur kereta yang mengelilingi kota Jakarta selesai pada tahun 1927. Kemudian jalur Jakarta ke Bogor selesai dikerjakan pada tahun 1930.
Saat itu, untuk mendukung beroperasinya jalur ini, pemerintah Hindia Belanda membeli lokomotif listrik dari beberapa negara, seperti Swiss, Jerman, serta dari negaranya sendiri – Belanda. Dapat dikatakan, jalur kereta api listrik saat itu menjadi titik tolak majunya industri kereta api di Indonesia. Bahkan di kala itu, kereta api listrik merupakan pelopor sistem angkutan umum yang ramah lingkungan.
Commuter Line Di Era Kemerdekaan
Setelah Indonesia merdeka, jalur kereta api di Indonesia diambil alih oleh Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (PT KAI). Memasuki tahun 1976, banyak kereta yang telah digunakan dari zaman Belanda dinilai tidak lagi layak beroperasi sehingga digantikan rangkaian kereta listrik buatan Jepang. Pemerintah juga rutin mendapatkan hibah dan juga rutin melakukan pembelian armada kereta dari Jepang.
Menunjukan keseriusannya mengelola Commuter Line, tahun 2008 dibentuklah anak PT. KAI yang diberi nama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ). Perusahaan ini fokus pada pengelolaan kereta listrik di wilayah Jabotabek.
Untuk memperbaiki kualitas layanan, PT. KCJ melakukan pembenahan besar-besaran pada tahun 2011. Mulai dari perampingan rute operasi menjadi 5 rute utama, penghapusan Commuter Line ekspress, pengadaan gerbong khusus bagi wanita, serta mengubah beberapa nomenklaktur nama kereta. Selain itu, penataan infrastruktur dan manajemen dilakukan berkala.
Metode Pembayaran Dari Kertas Ke Elektronik
Dulu, ketika ingin naik Commuter Line, Anda harus membeli karcis dari kertas. Meskipun bahan bakunya mudah dicari, karcis kertas ini banyak disalahgunakan sehingga menimbulkan kerugian bagi pengelola. Apalagi saat itu, sistem pengawasan karcis masih lemah karena belum profesionalnya petugas di lapangan.
Sebab itulah mulai diterapkan sistem pembelian tiket secara elektronik pada tahun 2013. Sekarang, untuk menggunakan moda transportasi ini, Anda harus memiliki kartu Commuter Electronic Ticketing (Commet) sebagai alat pembayaran pengganti uang tunai. Bentuk commet mirip kartu kredit yang harus Anda tempelkan ke pintu elektronik ketika hendak menggunakan jasa maupun ketika hendak keluar.
Commuter Line Semakin Populer
Frekuensi Commuter Line semakin banyak sehingga dapat menjawab kebutuhan penggunanya yang semakin banyak. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp11.000, dengan waktu tempuhnya yang tentunya lebih cepat dibandingkan berkendara menggunakan mobil. Fasilitasnya pun lebih nyaman karena terdapat AC serta tempat duduk yang layak bagi penumpang. Tak heran, warga Jabodetabek mulai beralih ke transportasi ramah lingkungan ini.
Call Center Commuter Line
Bagi Anda yang membutuhkan informasi tentang jadwal keberangkatan, harga tiket, atau hal lain seputar commuter line, Anda dapat menelpon call center Commuter Line melalui nomor telepon berikut ini:
- Call Center Commuter Line
Lokal: 121
Handphone: 021 – 121 - Email Customer Care
kci@krl.co.id
Alamat Kantor:
PT. Kereta Commuter Indonesia
Stasiun Juanda
Jl. Ir. H. Juanda I
Jakarta Pusat – Indonesia
Telp: 021 – 3453535
21-02-20.
Astagfirllahh.. ko bisa sampe 1.1/2 jam. ini gimana tanggung jawabnya BAPAK/IBU PIMPINAN. mohon di tindak lanjuti. Angke=bogor keberangkatan pagi.
Nunggu ko lama. Kami banyank yang lagi ngejar waktu termasuk saya. Mohon di himbau BAPAK/IBU PIMPINAN.
Kepada pemimpin jasa transport KRL.
Mohon di tambah keberangkatan angke=bogor kalo pagi.. masa nungu smp 1 jam..
Hari ini dapat pengalaman buruk ttng pelayanan krl stasiun tanjung barat..utk kasir laki2 berkacamata yg tidak menerima uang kusam yg msh layak utk transaksi..cara melempar uang ke saya dengan nada tinggi yg saya tidak terima..mmng krl tidak mengajarkan sopan santun ke pegawainya ttng pelayanan apa..kl besok dia msh ada disana orng itu saya ramaikan ke surat kabar ttng pelayanan buruk krl
Temen saya ketinggalan konci mtrnya di mtr beat warna hitam, yang terposisi di parkiran krl pasar minggu
Ini di kereta ke bogor knapa orang pada duduk di lantai ya..ga nyaman banget sih saya yg berdiri..scurity nya ga ada yg awasi..
Hari jumat tgl 2 agustus 2019 sy dan keluarga ingin menggunakan layanan commuter line di stasiun cikini menuju stasiun citayam, pd saat ingin membeli tiket dgn menggunakan tiket berjamin petugas tiket bilang tidak bisa dgn alasan tiket berjamin sdh tidak berlaku yg berlaku skrng tiket langganan, sy dan keluarga di paksa oleh orang yg menggaku petugad kai comuuter line utk membeli tiket langganan sebesar 60 ribu perorang apabila tdk membeli tiket langganan sy tdk bisa menggunakan layanan krl commuter line, trs terang sy merasa di rugikan dgn hal ini krn sy menggunakan layanan krl commuter line tdk setiap hari. Maka… Lihat lebih banyak >>
Saat ini sy sdg menggunakan jasa layanan commuter line dr jakarta kota menuju bekasi.. tolong tugas patwal/ sekuritinya lbh di perhatikan.. masak ga bisa tegas sm bpk2 yg sehat duduk di kursi prioritas.. sedangkan sy yg sedang hamil dan bw anak harus berdesakan.. bpk itu tidak di peringatkan itu kursi prioritas.. atau setidaknya suruhlah itu bpk memangku anaknya…nama sekuritinya Bangun sentana…
Saya mau complen, tadi siang jam 11:21 saya mau pergi ke naik kerata api jurusan, rangkas bitung ke kebayoran, dan saya merasa hari ini merasa kena tipu sama petugas loket krl Nokartu.6002091803326574 Nik;1220390 Nama Perugas loket krl :JUHATA Pertama saya niat ngisi ulang kartu krl, dan saya liat kartu yang mau saya isi malah di tukar dengan yg baru dan sudah daper setruk dan di ikat karet,, dan uang saya Rp 20.000, dan kenapa di kembalikan cuman Rp. 2.000, saya cuman isi ulang kartu yang kemarin saya beli tgl 18 juli 2019, dan harusnya itu kembali Rp 12.000,karena tarip stasiun… Lihat lebih banyak >>
Kenapa akhir2 ini krl terlambat melulu dan merugikan banyak penggunanya..