Anda Menerima SMS Undian BRI Dengan PIN 02599875? Cek Kebenarannya

Anda barusan menerima SMS dari nomor yang tidak dikenal yang berisi bahwa Anda memenangkan undian BRI dengan kode PIN 02599875? Simak artikel berikut ini apakah undian tersebut memang asli dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) atau itu merupakan penipuan / scam.

undian-bri-02599875

Akhir-akhir ini banyak perusahaan yang mengadakan undian berhadiah namun kegiatan seperti ini sering kali dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan momen ini untuk melakukan tindak kejahatan berupa penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Dalam kasus ini, perusahaan yang dicatut adalah BRI.

Jika Anda menerima SMS Undian dari seseorang yang tidak Anda kenal, maka Anda perlu menaruh kecurigaan terlebih jika di SMS tersebut ada kata-kata yang menyuruh Anda untuk mentransfer uang dengan nominal tertentu. Jika ada SMS yang meminta uang sebelum hadiah diberikan, maka hampir pasti itu adalah semacam penipuan.

Pada kasus ini, kita membahas secara spesifik tentang Undian BRI dengan PIN 02599875.


Jika Anda menerima SMS tersebut, maka abaikan atau hapus saja SMS tersebut karena itu merupakan penipuan. Coba amati dengan baik kata-kata di dalam SMS itu. Apakah dia meminta sejumlah uang sehingga hadiah Undian bisa cair? Apakah pada SMS itu Anda disuruh mengunjungi website tertentu?

Berikut tips untuk membedakan mana SMS Undian BRI yang asli dan penipuan:

  • SMS Undian biasanya tidak meminta uang.
  • Perhatikan jika Anda disuruh untuk mengunjungi suatu website dan website tersebut menggunakan domain “blogspot”, maka hampir pasti itu penipuan.
  • SMS Undian biasanya menggunakan nomor resmi dari Bank BRI Pusat. Jika Anda menerima SMS dari nomor acak, maka Anda harus berhati-hati.
  • Dan yang paling penting, kunjungilah cabang BRI terdekat dan tanyakan apakah BRI sedang mengadakan undian. Perlihatkanlah SMS yang Anda terima ke karyawan BRI. Pihak BRI akan memberi tahu Anda itu SMS palsu atau asli.
  • Sebagai alternatif, Anda juga bisa menelpon ke call center BRI di 14017.

SMS Undian fiktif sangat sering terjadi di Indonesia. Bahkan, setiap orang di Indonesia mungkin pernah menerima SMS semacam ini. Oleh karena itu, kita harus pintar sehingga bisa membedakan mana SMS asli dan mana SMS palsu.

Ada pepatah seperti ini:

Apabila Anda menemukan sesuatu yang “Too Good To Be True” alias “Terlalu Bagus Untuk Menjadi Kenyataan”, maka biasanya antara sesuatu itu tidak masuk akal atau merupakan penipuan.

Itu dia pembahasan tentang SMS Undian BRI dengan PIN 02599875.

Usahakan selalu berhati-hati dalam segala hal agar terhindar dari segala macam tindak kejahatan.

Tulis Tanggapan

Ayo berdiskusi.