Cara Melacak Nomor HP Dengan Google Maps

Cara Melacak Nomor HP Dengan Google Maps – Google, melalui Google Maps, memberikan satu fitur baru untuk melacak lokasi seseorang atau tracking keberadaan seseorang. Fitur ini dinamakan ‘Location Sharing’.

Anda tidak bisa melacak atau melakukan tracking tanpa persetujuan orang tersebut. Jadi, fitur ini hanya berlaku jika orang tersebut bersedia untuk dilacak. Fitur ini juga masih bekerja jika ponsel tidak memiliki fitur GPS. Google akan menggunakan tower satelit untuk melacak lokasi ponsel.

Locating Sharing ini sangat berguna baik untuk orang tua untuk mengawasi keberadaan anaknya. Selain itu, sharing lokasi ini juga berguna bila Anda sedang bepergian bersama teman sehingga Anda tetap dapat mengetahui lokasi teman Anda.

Oke, langsung saja kita bahas tentang Google Maps – Location Sharing.

Langkah 1

Untuk dapat menggunakan ‘Location Sharing’ dari Google Maps, sebelumnya Anda harus download dulu aplikasi Google Maps yang tersedia di PlayStore (Android) atau AppStore (iOS). Setelah Anda download, buka aplikasi Google Maps.

lacak-google-maps-1

Langkah 2

Login ke akun Google. Jika Anda belum memiliki akun Google, maka buat akun terlebih dulu. Akun Google dapat dibuat melalui Gmail / Google Mail. Setelah akun berhasil dibuat, login di ponsel Anda. Masuk ke aplikasi Google Maps.


 

Langkah 3

Pada bagian kiri atas, klik Menu yang akan memunculkan beberapa opsi. Pilih Location Sharing. Setelah itu, klik tombol Get Started.

lacak-google-maps-2

lacak-google-maps-3

lacak-google-maps-4

Langkah 4

Disini, akan muncul pilihan berapa lama fitur Location Sharing ini bekerja sampai akhirnya di matikan. Anda dapat memilih berdasarkan jam atau memilih untuk diaktifkan terus sampai Anda mematikan fitur tersebut secara manual.

 

lacak-google-maps-5

Langkah 5

Pilih kontak / orang yang Anda ingin share. Lokasi Anda akan dishare ke kontak / orang tersebut. Jika kontak yang Anda pilih belum memiliki akun Google, maka Google akan mengirimkan link. Setelah link tersebut di klik, maka orang tersebut akan dapat melihat lokasi Anda secara real-time.

Langkah 6

Selamat, Anda telah berhasil menggunakan fitur Location Sharing dari Google Maps. Pakai fitur ini dengan sebaik-baiknya!

Manfaat Lacak / Tracking Lokasi Google Maps


Ingat, Anda hanya dapat menggunakan fitur tracking ini dengan persetujuan orang yang bersangkutan.

Beberapa manfaat dari fitur Location Sharing – Google Maps:

  1. Pengawasan Keluarga. Sebagai orang tua, Anda pasti ingin memastikan anak Anda aman dan masuk kedalam pergaulan yang sehat. Dengan memanfaatkan fitur pelacakan lokasi ini, Anda dapat memberi anak Anda ponsel yang sudah diaktifkan fitur share lokasi-nya. Dengan ini, Anda dapat mengawasi keberadaan buah hati Anda secara real time, 24 jam. Tetapi, jika sekiranya anak Anda sudah beranjak dewasa, maka ada baiknya Anda memberi tahu tentang fitur ini karena ini menyangkut privasi seseorang.
  2. Menghindari Lost Contact Ketika Bepergian. Katakanlah Anda sedang berlibur ke suatu tempat dan di temapt tersebut Anda dan teman Anda ingin berjalan sendiri-sendiri dan nanti bertemu kembali di tempat yang dijanjikan. Dengan memanfaatkan fitur location sharing, Anda tidak perlu khawatir kehilangan teman Anda. Anda dapat dengan mudah memantau dimana teman Anda sekarang secara live.
  3. Sales Marketing. Pernah mendengar cerita salesman datang ke kantor terus langsung pulang dan santai-santai dirumah? Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, maka Anda dapat menggunakan fitur tracking lokasi ini. Bilang ke salesman jika fitur ini memang dibutuhkan untuk menunjang kinerja mereka dalam bekerja.

Itu dia cara menggunakan Google Maps – Location Sharing. Jika digunakan dengan tepat, tentunya fitur ini sangat bermanfaat bagi kita semua.

1
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler

Caranya gimana