Call Center Toshiba

Call Center Toshiba – Era kejayaan televisi Toshiba di Indonesia berakhir pada 21 Desember 2015 lalu. Hal itu ditandai dengan dijualnya pabrik Toshiba di Indonesia senilai 3 miliar yen. Pabrik yang berlokasi di Cikarang itu pun berpindah tangan ke Skyworth, perusahaan asal Tiongkok.

toshiba

Perpindahan kepemilikan itu memang tidak serta-merta membuat Toshiba bangkrut. Skyworth, pemilik baru pabrik elektronik Toshiba di Indonesia itu justru memiliki lisensi untuk menggunakan merek Toshiba di Asia, kecuali negara China. Dengan kata lain, Skyworth yang kini mengambil-alih pengelolaan pabrik tersebut berhak memproduksi televisi bermerek Toshiba.

Pabrik di Cikarang itu sebelumnya memang menjadi salah satu pusat produksi televisi Toshiba di dunia. Sebagian besar hasil produksinya digunakan untuk memenuhi pasar ekspor. Hanya 25 persen saja hasil produksinya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Toshiba Masuk Indonesia Sejak tahun 1970-an


Produk Toshiba mulai dikenal masyarakat Indonesia pada tahun 1970-an. Ketika itu, sejumlah produknya mulai dipasarkan di negeri ini.

Kemudian, pada tahun 1996, Toshiba pun mulai memproduksi televisi di Indonesia. Melalui PT. Toshiba Consumer Products Indonesia (TCPI), pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi mencapai 1,7 juta unit televisi per tahun. Pada tahun 2004, total penjualan televisi produksi Toshiba Indonesia bernilai US$ 206 juta. Mayoritas televisi itu untuk pasar ekspor dengan nilai US$ 170 juta. Sementara sisanya US$ 37 juta berasal dari pasar domestik.


Tak hanya berorientasi pada penjualan, Toshiba pun terus berusaha meningkatkan kandungan komponen lokal untuk produk televisi. Pada tahun 2003, kandungan komponen lokalnya baru mencapai 34,5 persen. Setahun kemudian, komponen lokal untuk bahan pembuat televisi ini ditingkatkan menjadi 40,5 persen.

Di sisi lain, peningkatan produksi televisi Toshiba kian menjadi-jadi. Toshiba menjadi produsen televisi terbesar di Indonesia. Pada tahun 2007, produksi televisinya mencapai 10 juta unit. Indonesia pun menjadi pusat produksi televisi Toshiba untuk pengiriman ekspor ke kawasan Asia Tenggara.

Tahun 2016, Bisnis Toshiba Mengalami Kerugian


Namun, cerita manis itu kini berubah menjadi kelam. Toshiba diambang kebangkrutan. Bukan hanya perihal penjualan pabrik Toshiba di Indonesia yang menjadi penandanya. Perusahaan yang didirikan di Jepang pada tahun 1875 ini mengalami kerugian sebesar 4,8 miliar dolar AS pada periode April sampai Desember 2016. Penyebabnya berasal dari kerugian bisnis konstruksi pembangkit nuklir di Amerika Serikat. Hal itu pun membuat petinggi Toshiba, Shigenori Shiga, mengundurkan diri.

Lini Bisnis Toshiba


Lingkup bisnis perusahaan yang didirikan oleh Tanaka Hisashige ini memang luas. Bukan hanya berkutat pada peralatan elektronik seperti televisi, mesin cuci, laptop, namun juga sistem infrastruktur. Baru-baru ini dikabarkan Toshiba juga memenangkan pengadaan untuk generator dan turbin uap 1.000 MW untuk PLTU Tanjung Jati B unit 5 dan 6 yang direncanakan akan dimulai pada 2019.

Toshiba sekarang berusaha untuk bertahan melawan gempuran produk elektronik asal China dan Korea yang dijual dengan harga lebih murah serta kualitas tidak terlalu berbeda. Meski demikian, merek Toshiba di Indonesia masih dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia.

Call Center Toshiba


Jika Anda membutuhkan informasi tentang lokasi service center Toshiba atau ingin berbicara langsung dengan pihak customer service, Anda bisa menghubungi call center Toshiba melalui nomor:

  • Call Center Toshiba
    0804-1-505-505

Alamat Kantor:

TVMI Jakarta

Jl. Prof. Dr. Satrio No. 64B, Kuningan

Jakarta Selatan – Indonesia

5
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Luay

Ada kode F1 dimesin cuci toshiba

Luay

Ada kode F1 mesin cuci tosuiba saya. Mohon penjelasan

Nurlela

Mau menanyakan harga pulsato mesin cuci model AW-BX80KN brp ya…

aep kusmana

mohon info cervice center toshiba purwokertosekarang dimana lokasinya

Rinialdi

Mohon kirimkan alamat/ telp. service center Toshiba di Lampung. Krna saya akan memperbaiki tv saya