Call Center RSCM

Call Center RSCM – RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo atau lebih sering disebut dengan RSCM merupakan rumah sakit pemerintah yang terletak di Jl. Pangeran Diponegoro No. 71, Jakarta Pusat. Selain berfungsi sebagai rumah sakit umum, RSCM juga merupakan rumah sakit pendidikan untuk fakultas kedokteran Universitas Indonesia.

rscm

Sejarah RSCM


Sejarah berdirinya RSCM sudah dimulai sejak zaman pendudukan Belanda. Pada tahun 1986, Dr. H. Roll dipercaya menjadi pimpinan pendidikan sekolah kedokteran di Batavia (Jakarta). Lalu, pada tahun 1910, Sekolah Dokter Jawa berganti nama menjadi STOVIA, yang nantinya akan menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Pada tanggal 19 November 1919, didirikan sebuah rumah sakit yang dinamakan Centrale Burgelijke Ziekenhuis atau disingkat CBZ. Kemudian pada Maret 1942, rumah sakit CBZ difungsikan sebagai rumah sakit untuk perguruan tinggi.

Pada 1945, Indonesia meraih kemerdekaan. Rumah sakit CBZ juga diubah namanya menjadi Rumah Sakit Oemom Negeri (RSON). Tahun 1950, RSON kembali melakukan pergantian nama menjadi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP).

Atas keputusan Menteri Kesehatan Prof. Dr. Satrio, pada tanggal 17 Agustus 1964, RSUP resmi berganti nama menjadi Rumah Sakit Tjipto Mangunkusumo (RSTM), yang pada akhirnya diganti nama menjadi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo seiring dengan pembaharuan ejaan Bahasa Indonesia.


Sejak saat itu, RSCM terus mengalami perkembangan baik dalam hal teknologi, fasilitas rumah sakit, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Saat ini RSCM dikenal sebagai rumah sakit nasional yang memiliki fasilitas bertaraf internasional. Sebagai rumah sakit pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RSCM juga sering menjadi jujukan untuk studi banding dari kalangan kedokteran baik dalam negeri maupun mancanegara.

Fasilitas dan Layanan


Sebagai rumah sakit nasional, RSCM menawarkan fasilitas dan layanan terbaik untuk seluruh masyarakat. RSCM memiliki layanan unggulan diantaranya: Unit Pelayanan Jantung Terpadu (UPJT), UPT Sel Punca (Stem Cell), Departemen Medik Radioterapi, Layanan Transplantasi Ginjal, Pelayanan HIV, Layanan Transplantasi Hati, Implant Cochlea (Implan Koklea), dan ICTEC (Indonesian Clinical Training and Education Centre).

RSCM merupakan rumah sakit yang menerima pengunaan fasilitas BPJS Kesehatan.

Di dalam RSCM, terdapat RSCM Kencana dan PKIA (Pusat Kesehatan Ibu dan Anak) RSCM KIARA.

Call Center RSCM


Untuk memberikan pelayanan yang terbaik, RSCM selalu melakukan pengembangan baik dalam hal fasilitas rumah sakit dan juga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, RSCM juga memberikan layanan call center 24 Jam untuk menjawab seluruh kebutuhan masyarakan. Anda juga bisa memanfaatkan call center tersebut untuk hal-hal emergensi seperti ambulance.

Anda bisa menghubungi CS RSCM melalui nomor telepon berikut ini:

Alamat Rumah Sakit:

RSCM (RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo)

Jl. Pangeran Diponegoro No. 71

Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia 10430

Telp: 1500135

Email: [email protected]

Tulis Tanggapan