Call Center LTMPT

Call Center LTMPT – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi untuk calon mahasiswa dan mahasiswa terpilih dalam mengapai cita-citanya. LTMPT merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi terstandar di Indonesia dan memiliki tujuan untuk melaksanakan tes dengan adil, transparan, kredibel, efisien, dan akuntabel.

ltmpt

Tentang LTMPT


Upaya peningkatan kualitas tes seleksi masuk ke Perguruan Tinggi (PT) sudah menjadi sebuah kebutuhan nasional yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Proses seleksi masuk perguruan tinggi sudah berlangsung dari sejak tahun 1976 ketika lima universitas yang tergabung dalam Sekretariat Kerjasama Antar Lima Universitas (SKALU) melaksanakan tes seleksi masuk PT secara bersama-sama. Selanjutnya, tes seleksi masuk dikembangkan menjadi Proyek Perintis, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), dan terakhir pada tahun 2008 dilaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pada tahun 2011 dibagi menjadi dua jalur yaitu jalur penerimaan melalui prestasi akademik dan kemampuan siswa yang diberi nama SNMPTN dan tes masuk melalui ujian tertulis yang diberi nama SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kemudian pada tahun 2013-2018, tes seleksi dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri.

Seiring dengan perkembangan zaman, proses seleksi masuk juga berkembang dengan mengikuti perubahan dalam teknologi informasi sehingga bisa menghasilkan hasil yang mengacu pada kualitas dan kompetensi mahasiswa. Selain itu, calon mahasiswa juga membutuhkan model tes yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, efisiensi, dan fleksibilitas.


Mengacu pada pentingnya sistem dan model proses seleksi, maka dibutuhkan sebuah lembaga yang secara khusus menangani kegiatan peningkatan proses tes seleksi yang terstandar secara nasional. Pembentukan lembaga ini juga bertujuan untuk menstandarisasi seluruh proses tes seleksi sehingga pelaksanaan tes bisa terselenggara secara kredibel, profesional, proporsional, dan efektif. Dan pada akhirnya bisa melakukan identifikasi terhadap calon mahasiswa akan keberhasilan studinya di Perguruan Tinggi.

Secara resmi, LTMPT dibentuk oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada tanggal 4 Januari 2019.

Call Center LTMPT


Anda calon mahasiswa baru yang memiliki pertanyaan seputar tes seleksi masuk Perguruan Tinggi? Bila Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa menghubungi tim call center LTMPT melalui nomor telepon berikut ini:

  • Call Center LTMPT
    0804 1 450 450

Jam operasional call center LTMPT mulai dari 08.00 – 20.00 WIB.

Anda bisa bertanya seputar UTBK, Biaya UTBK, SNMPTN, dan SBMPTN.

Alamat Kantor:

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Gedung BPPT II Lantai 23

Jl. M. H. Thamrin No. 8

Jakarta – Indonesia

Telp: 021 – 3104041

Fax: 021 – 3104042

Email: [email protected]

Call Center: 0804 1 450 450

Tulis Tanggapan