Call Center LTMPT

Call Center LTMPT – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi untuk calon mahasiswa dan mahasiswa terpilih dalam mengapai cita-citanya. LTMPT merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi terstandar di Indonesia dan memiliki tujuan untuk melaksanakan tes dengan adil, transparan, kredibel, efisien, dan akuntabel.

ltmpt

Tentang LTMPT


Upaya peningkatan kualitas tes seleksi masuk ke Perguruan Tinggi (PT) sudah menjadi sebuah kebutuhan nasional yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Proses seleksi masuk perguruan tinggi sudah berlangsung dari sejak tahun 1976 ketika lima universitas yang tergabung dalam Sekretariat Kerjasama Antar Lima Universitas (SKALU) melaksanakan tes seleksi masuk PT secara bersama-sama. Selanjutnya, tes seleksi masuk dikembangkan menjadi Proyek Perintis, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), dan terakhir pada tahun 2008 dilaksanakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Pada tahun 2011 dibagi menjadi dua jalur yaitu jalur penerimaan melalui prestasi akademik dan kemampuan siswa yang diberi nama SNMPTN dan tes masuk melalui ujian tertulis yang diberi nama SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kemudian pada tahun 2013-2018, tes seleksi dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri.

Seiring dengan perkembangan zaman, proses seleksi masuk juga berkembang dengan mengikuti perubahan dalam teknologi informasi sehingga bisa menghasilkan hasil yang mengacu pada kualitas dan kompetensi mahasiswa. Selain itu, calon mahasiswa juga membutuhkan model tes yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, efisiensi, dan fleksibilitas.


Mengacu pada pentingnya sistem dan model proses seleksi, maka dibutuhkan sebuah lembaga yang secara khusus menangani kegiatan peningkatan proses tes seleksi yang terstandar secara nasional. Pembentukan lembaga ini juga bertujuan untuk menstandarisasi seluruh proses tes seleksi sehingga pelaksanaan tes bisa terselenggara secara kredibel, profesional, proporsional, dan efektif. Dan pada akhirnya bisa melakukan identifikasi terhadap calon mahasiswa akan keberhasilan studinya di Perguruan Tinggi.

Secara resmi, LTMPT dibentuk oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada tanggal 4 Januari 2019.

Call Center LTMPT


Anda calon mahasiswa baru yang memiliki pertanyaan seputar tes seleksi masuk Perguruan Tinggi? Bila Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa menghubungi tim call center LTMPT melalui nomor telepon berikut ini:

  • Call Center LTMPT
    0804 1 450 450

Jam operasional call center LTMPT mulai dari 08.00 – 20.00 WIB.

Anda bisa bertanya seputar UTBK, Biaya UTBK, SNMPTN, dan SBMPTN.

Alamat Kantor:

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Gedung BPPT II Lantai 23

Jl. M. H. Thamrin No. 8

Jakarta – Indonesia

Telp: 021 – 3104041

Fax: 021 – 3104042

Email: sekretariat@ltmpt.ac.id

Call Center: 0804 1 450 450

13
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Yovie rizki

No peserta 12 angka… tapi di web ltmpt cuman 10 kolom… gmana nnni… gagal masuk terus

yusneli

no SBMPTN saya lupa gimana caranya

Siti kurniasih

Kartu pendaftaran SBMPTN hilang dan mau download lg sudah tidak bisa, itu bagaimana cara mendapatkan lagi? Soalnya mau buat ngecek

arum

assalamualaikum pak / ibu , saya mau tanya , apakah bisa diperbaiki lagi dengan pilihan PTN , mohon jawabannya pak/ibu

Muzib

Min saya salah pilih jurusan bisa ngga di ubah tapi saya sudah terlajur dipermanenkan

arum

kak muzib udah ada respon belum

Hasil UTBK punya saya enggak bisa dilihat Sebab saya lupa Pasword sama Usernamenya Jadi kayak mana mau lihat Nilai UTBK nya Mohon dikasi tau caranya kayak mana?

Bagus Fadel Giraldi

Hasil UTBK tidak bisa dilihat sebab password saya sudah lupa

Bagus Fadel Giraldi

Maaf sebelumnya, mau nanya bagaimana cara login jika user dan passwordnya sudah lupa?

Roro Andi

selamat siang. bagaimana caranya kalau mau mengganti foto diri karena foto yang lama tidak terlalu formil .. posisi wajah dalam foto tidak lurus

Hallo mau nanya ke LTMPT ini kalau fotonya tidak kena stempel dan berada di samping tanda tangan kepala sekolah,bagaimana tidak apa-apa kan???
Tolong dijawab,terimakasih

GILBERTUS SERA

Anak saya bernama ; EXALTHYA SERA, tidak bisa mengakses untuk mengisi Biodata SBMPTN, padahal beberapa hari sebelumnya yang bersangkutan masih bisa mengakses ke halaman LTMPT.

adakah solusi untuk hal ini.
Terima Kasih.

Riwayat nilai gelombang 1 saya sudah hilang dan riwayat nilai gelombang 2 saya sampai sekarang tidak ada. Jikalau saya melakukan pelanggaran ketika ujian gel 2 pasti ada pemberitahuan nilai saya tidak keluar, tolong bantuannya terima kasih.