Nomor Telepon Pemadam Kebakaran

Nomor Telepon Pemadam Kebakaran – Pemadam Kebakaran / PMK / Damkar (dulu disebut Branweer) adalah salah satu satuan dinas negara yang bertugas untuk menanggulangi bencana kebakaran. Selain bertugas untuk memadamkan api, para petugas pemadam kebakaran juga memiliki tugas untuk membantu bentuk-bentuk bencana lain, misalnya seperti: kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, jembatan putus, dan lain sebagainya.

Dinas Pemadam Kebakaran memiliki motto “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhananya”, dengan lima tugas utama: Pencegahan Kebakaran, Pemdaman Kebarakan, Penyelamatan Jiwa, Pemberdayaan Masyarakat, dan Penanganan Bahan Beracun dan Berbahaya lainnya.

Dinas Pemadam Kebakaran

Sejarah PMK


Institusi Pemadam Kebakaran sendiri didirikan sejak zaman Hindia Belanda dengan nama Branweer. Sejarah mencatat pemerintahan Hindia Belanda mendirikan pemadam kebakaran sekitar tahun 1873. Pembentukan satuan pemadam kebakaran ini disebabkan oleh kebakaran yang terjadi di kampung Kramat – Kwitang. Dikarenakan belum ada satuan tugas khusus yang menangani bencana kebakaran, pemerintah kota pada saat itu kesulitan untuk memadamkan api sehingga menyebabkan kerugian cukup besar. Atas dasar itulah, pemerintah Hindia Belanda membentuk satuan tugas resmi yaitu satuan pemadam kebakaran yang bertugas khusus untuk menangani bencana kebakaran di kota.

Sejak tahun 1873 hingga sekarang di era tahun 2000-an, institusi pemadam kebakaran mengalami banyak perubahan baik itu dalam peraturan, fungsi, tugas pokok, dan struktur organisasi. Di era sekarang, pemadam kebakaran memiliki tugas pokok untuk melakukan pencegahan kebakaran, pemadaman kebakaran, dan penyelematan jiwa.


Tipe Pemadam Kebakaran


Di Indonesia, organisasi pemadam kebakaran dibagi menjadi 4 (empat) bagian:

  1. Dinas Kebakaran Kota
  2. Unit Kebakaran Bandara Udara
  3. Unit Kebakaran Pelabuhan
  4. Unit Kebakaran TNI Angkatan Udara

Setiap unit pemadam kebakaran memiliki tugas yang berbeda sesuai dengan wilayah masing-masing. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk suatu unit pemadam kebakaran membantu pemadaman api di luar wilayahnya.

Kantor Pemadam Kebakaran


Setiap satuan unit pemadam kebakaran memiliki kantor/gedung masing-masing yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan alat-alat PMK, garasi mobil PMK, serta sebagai tempat pengaduan masyarakat. Di setiap kota, kantor pemadam kebakaran dibagi menjadi kantor pusat dan kantor wilayah. Kantor pusat menjadi pusat komando untuk kantor-kantor wilayah dibawahnya. Jika kantor pusat memiliki area tugas satu kota secara penuh, kantor wilayah memiliki area tugas yang lebih kecil yaitu sebatas di kecamatan atau kelurahan.

Nomor Telepon Pemadam Kebakaran


Bagi Anda yang menghadapi situasi bencana kebakaran atau situasi darurat lainnya, dapat menghubungi nomor telepon pemadam kebakaran di:

  • Saluran Telepon Rumah / PTSN
    113 – Nomor Telepon Pemadam Kebakaran

Jika Anda menggunakan telepon seluler / handphone maka formatnya adalah:

  • Telepon Seluler / Handphone
    (Kode Area)  + 113

Contoh: Anda berada di Surabaya, maka formatnya menjadi: 031-113. Ingat sesuaikan dengan kode area dimana Anda berada jika menggunakan handphone.

Informasi: Jasa pemadam kebakaran tidak dipungut biaya alias GRATIS.

1
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler

makasih banyak infonya gan..
sangat membantu sekali