Call Center SNMPTN

Call Center SNMPTN – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) adalah bentuk seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang dilaksanakan secara bersama-sama di seluruh Indonesia. SNMPTN dilaksanakan pertama kali pada tahun 2008 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

snmptn

Faktor Penerimaan SNMPTN


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penerimaan SNMPTN diantaranya adalah kualitas siswa, indeks sekolah, dan pemerataan daerah.

Faktor Kualitas Siswa

Faktor Kualitas Siswa berarti pencapaian siswa selama di sekolah yang meliputi nilai akademik, nilai rata-rata mata pelajaran tertentu, prestasi siswa baik di tingkat nasional maupun internasional. Pencapaian siswa itu nantinya akan dievaluasi oleh tiap-tiap PTN dan akan menjadi salah satu faktor dalam menentukan penerimaan mahasiswa baru.


Faktor Indeks Sekolah

Faktor Indeks Sekolah merupakan nilai sekolah di sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal-hal yang mempengaruhi indeks sekolah adalah akreditasi sekolah, prestasi sekolah di tingkat nasional / internasional, track record sekolah di PTN yang bersangkutan, indeks prestasi di PTN yang bersangkutan, dan prestasi alumni di PTN yang bersangkutan.

Faktor Pemerataan Daerah

Faktor Pemertaan Daerah adalah faktor dimana setiap PTN memiliki kebijakan internal berupa kuota penerimaan kepada daerah yang diharapkan nantinya setelah lulus bisa memberikan kontribusi kepada daerah asal. Dengan adanya faktor ini, maka beberapa siswa bisa jadi diterima di PTN meskipun nilai akademik dan indeks sekolah mereka tidak sebaik jika dibandingkan dengan siswa lainnya.

Call Center SNMPTN


Pendaftaran SNMPTN bisa dibilang gampang-gampang sulit. Akan menjadi gampang jika kamu mengikuti alur dan prosedurnya dengan baik. Namun, jika kamu masih mendapati kendala saat melakukan pendaftaran, maka kamu bisa menghubungi help desk atau call center SNMPTN melalui nomor telepon berikut:

  • Call Center SNMPTN
    0804 1 450 450

Pada dasarnya, peluang penerimaan SNMPTN sangat bergantung pada pencapaian siswa, indeks sekolah, dan faktor pemerataan daerah. Tetapi, di luar faktor-faktor tersebut setiap PTN juga memiliki standar sendiri-sendiri dalam menentukan penerimaan siswa. Ada baiknya jika kamu tidak hanya bergantung pada SNMPTN saja, tetapi juga bisa mempersiapkan untuk mengikuti SBMPTN dan ujian tertulis.

Tulis Tanggapan