Call Center PLN (Persero)

Call Center PLN (Persero) – Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Perusahaan Listrik Negara atau lebih dikenal dengan PLN.

Terkadang kita menemui kendala entah itu mati lampu karena ada gangguan, tagihan yang tiba-tiba saja membengkak, dan kendala-kendala lainnya. Untuk dapat menyelesaikan kendala tersebut, tentunya kita harus menghubungi PLN. Nah, kali ini kami akan memberi informasi berapa sih nomor call center PLN itu.

Tetapi, sebelum itu, kami akan membahas secara sekilas tentang sejarah PLN di Indonesia sejak dari zaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang yang sudah sangat maju dan modern.

PLN Persero

Seklias Sejarah PLN


  • Sejarah PLN di Indonesia dimulai pada abad ke-19 waktu penjajahan Belanda. Pada waktu itu, mulai didirikan pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan milik Belanda.
  • Sekitar tahun 1942 sampai 1945, terjadi pergantian kekuasaan dari Belanda ke Jepang. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan Belanda mulai beralih kepemilikan ke Jepang.
  • Proses pergantian kepemilikan kembali terjadi pada saat akhir Perang Dunia ke-2. Pada bulan Agustus 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu. Para pemuda-pemuda Indonesia yang bekerja pada perusahaan Listrik dan Gas kemudian memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil alih perusahaan untuk diserahkan ke Pemerintah Indonesia.
  • Dari situ terbentuklah PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PGN (Perusahaan Gas Negara) yang kita kenal hingga sekarang.
  • Secara resmi, PLN didirikan pada tanggal 1 Januari 1965.

Motto


PLN memiliki motto “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” / “Electricity For a Better Life”.


Layanan PLN


Saat ini untuk pelanggan rumahan, PLN memberikan dua tipe produk yaitu:

  1. Pascabayar
  2. Prabayar / Token

Pascabayar kita kenal dengan sistem pembayaran bulanan. Jadi kita tidak perlu repot untuk membeli pulsa seperti layaknya pada sistem prabayar. Salah satu kekurangan dari sistem pascabayar adalah adanya tagihan minimum meskipun listrik tidak digunakan sama sekali.

Lain halnya dengan sistem prabayar (token). Disini, kita harus membeli token atau pulsa listrik untuk dapat memakai listrik. Jadi, apabila listrik habis, kita tidak bisa menggunakannya lagi sebelum mengisi pulsa. Analoginya sama seperti pada pulsa HP pada umumnya. Pada sistem prabayar, kita tidak dihadapkan oleh adanya tagihan minimum. Jadi misalnya tidak digunakan, kita tidak perlu membayar.

Call Center PLN


Bagi Anda yang membutuhkan bantuan, keluhan, saran, atau apapun yang terkait dengan PLN dapat menghubungi layanan call center atau contact center berikut ini:

  • 123 – Call Center PLN
  • (Kode Area) 123 – Handphone

Perlu diketahui bahwa layanan call center PLN ini adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat selalu terlayani dengan baik dan maksimal. Selain itu, sebagai perusahaan negara, PLN juga berkomitmen untuk selalu meningkatan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia.

Alamat Kantor Pusat:

PT PLN (Persero)

Jl. Trunojoyo Blok M-I No. 135

Jakarta 12160

Telp: 021 – 7251234, 021- 7261122

Fax: 021 – 7221330

Email: [email protected]

Twitter: @pln_123

Facebook: PLN 123

Demikian informasi tentang sekilas sejarah, alamat, dan nomor call center PLN.

266
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Suhadi

Kenapa saya beli token gak bisa dimasukin,udah saya coba mungkin udah 25 kali tp gagal terus padahal nomernya betul,mohon bantuanya

Awi

Knp saya mau isi token nya gagal terus nmr token yg anda salah padahal saya sdh foto meteran nya ada kendala apa PLN ini…??

Supangkat

Saya juga

Supangkat

Trus solusinya gmn ya

Bagus

Pak PLN kenapa saat ini dirumah saya dibekasi tambun selatan listrik kadang mati kadang nyala gimana pelayanan PlN karena bisa berakibat konsleting alat elektronik

Jeremi

Tolong dong saya punya kenalan dari sei. Tampung kalsel mau pasang listrik baru masa biaya 3jt+ sedangkan diinternet saya liat-+800rb padahal rumahnya gak jauh dari jalan besar cuma berbatas sungai (diseberang sungai) Tolong diurus mungkin ada permainan² pihak lain

Mirza

Dr siang … Sy tlp ke no 123.. Tdk bisa

rendy

layanan call center PLN ini adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat selalu terlayani ” Maksudnya apa ya?? terlayani dengan janji call centre?? percuma ga bisa kasih solusi

Suwata

Ditlp sudah hampir pulsa habis, keterangan kilometer ‘perkisa’ , sudah lapor tapi gda solusi ampoon bag gangguan. Pelayanan tidak puas dan perlu ditindak lanjuti orang gangguan liatrik.

Kanang

tolong kepada stap PT PLN,kami d Tulung delapan oki,Ogan Komering Ilir mati lampu sudah hampir 7 jam,mohon bantuan nya dan kerja samanya

Nana jumhana

Tolong pihak pln listrik dirumah saya tegangannya drop kurang dari 220v atau dikisaran 165v
Saya sudah ke kantor terdekat tapi tidak ada respon

deryl

operator 123 perempuan judes amat..kalau bagian pelayanan harusnya ramah dong, tapi kenapa ya kalau operatornya laki-laki pasti ramah

Haryo

Iyya betul
Saya juga dapat yg judes

rifli

tolong informasinya untuk wilayah bengkulu
kenapa setiap pengisian/ penjual token pln selalu gagal

Indri

Pak saya telp call center 123 koq gak bisa yaaah?

Haryo

Sama. Kyak nya di gantung. Operator nya kurang konpensasi. Gak ada tanggung jawab blash.

Lema

Saya mau tanya..
Kenapa saat saya isi token listrik saya balasan no salah/masa aktif hbis…
Apakah pln ada masa aktif juga?
Padahal saya baru isi bulan lalu seprti biasa, saat mau isi bulan ini malah tdk bisa… Mohon dibantu

Indra gunawan

Saya juga sama setiap mau isi token nomornya selalu salah. Apakah sdh ada solusi?

Lina setyarum

Tolong pak segera ditindaklnjuti…dr siang smp mlam tlp 123 no respon lemoooottttttt maafffff pelayanan lambatttt trmksh laporan PLN cruban hrus nunggu sprin dr 123..tp tlp 123 gk bisaaa terusssssss

Lina setyarum

Telpon 123 smp bosen pak gk ad tanggapan smp kapanLaporannkePLN caruban hrus nunggu sprin dr 123 tlp 123 no respon

Donal

Pak PLN 123
cm bs bwt laporan terus…listrik sy g da petugas yg datang2 knp? Telp ampe bosen…

antonius ismoyo

pak kenapa listrik saya naik tagihan bulanan jadi 500 rb lebih….bagi saya penyandang cacat sangat keberatan…

Deni sidik

Tolong di tindak tegas oknum pencatat meteran listrik untuk wilayah pln cab helvetia terutama yang wilayah kerja di kel. Tanjung gusta.
Benar benar sangat merugikan konsumen.. salah satu nya saya..
ditagihan bln maret 2019 tertera 00001045 padahal di meteran saya untuk saat ini aja cuma 00580.
saya sangat merasa di rugikan dg pembengkakan biaya bulanan nya.

Selvia

Listril dirumah saya sering ngejepret jika habis hujan besar.. sekitar 5 sampe 6 jam setelah hujan berhenti baru bisa hidup dan tidak mati mati lagi setelah dinakkan sikringnya .. apakah ini terjadi konslet listrik.. bagaimana cara menghubungin pln untuk mempwrbaikinya

Dua

Ini di, jln raya, kebon manggu ,Cisauk Tangerang .lampu mati dari jam 2 mlm sampe sekarang jam 13:27 ga nyala2 .gimana si? Kinerja PLN? Ini udh kelewatan

Nia

Tolong dong nyalakan listrik di telukjambe timur karawang barat

Agus

Kabel pln dirmh saya putus dri tiang jdi lampu mati lapor ke pln lama responnya

Sheila

Kalau meteran eror gak bisa di isi token itu gimana ya ?

Sri

Maf ini dari tadi sore sampe sekarng listrik mati di cileungsi
Kab bogor
Tolong yah di nyalaakan saya punya bayi
Dan uring2an karena sumuk dan panas .
Terimakasih

Menik

Mau tanya jika saya mau membeli rumah bekas, kebetulan rumah yg saya mau beli listriknya sdh dicabut oleh PLN bagai mana caranya agar saya bisa memasang kembali listrik?

M.wawan Kurniawan

Malam pak gimana sih cara pendaftaran untuk pasang listrik baru yang paskabayar

Mail

Woy,pln rayon babelan kemana udah mati lampu 5jam an,di telpon malah disconect

Saldi

Kok call center PLN nggak 24 jam..

Saldi

Tempat saya semalam mati lampu mungkin sekitar jam 11 malam…sampai sekarang belum hidup juga…

Dwi suahun pamungkas

Saya sudah byar lunas d pln…tp smpe skrng blum ada kabar untuk nyala..alsan mereka kwh nya blum ada…mhon info’y dn mhon d bantu..saya dwi dri kbupaten sangata kecamatan muara wahau

Noviyanti

Listrik padam rt 05 rw 09 kel. Kopo kec. Bojongloa kaler Bandung Jawa Barat sudah hampir 3 jam belum nyala, bagaimana ini?

suhada

saya dari kalteng. kabupaten kapuas. kecamatan kapuas tengan pujon.

suhada

malam ini d tempat saya d blokir token. kemaren kita d denda sebesar 2566000 di cicil selama 1 tahun. di karena kilometer terbang. masa kilometer bisa terbang kalo bukan dari pihahak pln tersebut yg pindah.

Kasmini

Pak listrik d tempat sya sudh di isi token tpi gak bisa di situ tertera tulisan periksa

Hendra

Pln di kecamatan singkut sering mati.. hujan dan ngak hujan ttp mati.. matinya sampe 5 jaman.. gimana ni pln..

Dede

Kenapa si harus ada pemadaman listrik, padahal kan kita bayar, ko selalu di padamin si, rugi tau kita yg bayar

mario

Id pelanggan hilang dan lupa no nya.
Bagaimana solusinya?

ibu tita

assalammualaikum…pak rumah sybdi Buaran timur sekarang lg mati lampu tulisan di depan nya bacaan nya erlror

Denzuan

YTH PLN Pusat. Dari jam 11pagi rumah saya mati lampu. Tolong dinyalakan segera, karena saya punya bayi yg dari tadi uring-uringan karena kepanasan. Tolong yaaaaaah. Terima kasih banyak. Kebayoran Lama – Kebayoran Lama Selatan – Jakarta Selatan

Sofi

Brengsek PLN telpon ga bisa..nada sibuk trs…sampe mampus jg nada sibuuukkk trs……

Sofi

Listrik mati udh 2 jam lebih. Gilaaaa….. Panaaasss…. Telo PLN sibukkkk trs nadanya…. Harus ngadu kemana nih jln tegal amba duren sawit Jaktim klender

Ranto sinaga

Kantor pln air molek di hubungi tidak mau angkat telepon.dari jam 17 sampai jam segini belum hidup.dan yang paling mengherankan kami tinggal dekat pln tetapi kami mengikuti jalur yang jauh.satu jalan beda jalur.kami mohon disatukan.

Deddy

Keluhan : penurunan arus listrik, yg mana semua layanan Elektronik seperti TV, kulkas, ac, dll
Tidak bisa berjalan normal
MHON DILAKUKAN PEMBENAHAN
thanks

Abdul hadi

PLN mati lampu tanpa ada pemberitahuan lebih dari satu jam dan tanpa hal yg jelas ( hujan , konsleting dll )

K 17

Achmad fauzi

K 17

PLN token ada tulisan periksa. Mau diisi pulsa gagal terus. Perum bumi citra rajapolah K 17

Monica

Sama saya juga malah mau habis pula. Udah 5x ini.. Tolong pln beri tanggapan kasian yg pnya baby kepanasan.. Mana kuat token 500rp lg bisa ngangkat ac 1pk malam ini.. Tolong respect

Budy setiawan

Tiap bulan kami tidak pernah telat bayar . Tagihan antara 350.000 sd 500.000 , 1300va perum cahaya abadi 1 palembang. Kamis, 31/1/2019 petugas pln dtg bahwa tagihan bln ini rp.4.400.000 dg alasan sudah 4 tahun tidak catat meteran.astagafirullah. kami kecewa. Apa salah kami.yg salah lo…knp gdk catat. 4 tahunnnn. Luar biasaaa

warga

pak daerah tinom godean sleman udah dari sore sampai saat ini belum juga nyala pak, kami ada keperluan memproduksi barang pak.

Sri Wahyuni

Tidak ada surat pemberitahuan sudah mau langsung dicabut saja. Ini semena-mena namanya.

Raysa zamita

Tolong daerah jatipurwo sby utaraa ud lamaa yg mati lmpu. Tolong pak dihidupkan lagi..

Luluk

Katanya dari pukul 10 sampai pukul 4 sore tapi kok belum hidup hidup ya tolong segera hidup ya , sewon bantul

Indra

Listrik mati dari jam 00 mpe skrg blm nyala daerah tambun. Bkin maling seneng nh. Jgn lm2 donk matinya

Noven

Mati lampu tengah malam di daerah glodok dr jam 10 smpe jam segini blm nyala, sueee bgt