Call Center PLN (Persero)

Call Center PLN (Persero) – Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Perusahaan Listrik Negara atau lebih dikenal dengan PLN.

Terkadang kita menemui kendala entah itu mati lampu karena ada gangguan, tagihan yang tiba-tiba saja membengkak, dan kendala-kendala lainnya. Untuk dapat menyelesaikan kendala tersebut, tentunya kita harus menghubungi PLN. Nah, kali ini kami akan memberi informasi berapa sih nomor call center PLN itu.

Tetapi, sebelum itu, kami akan membahas secara sekilas tentang sejarah PLN di Indonesia sejak dari zaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang yang sudah sangat maju dan modern.

PLN Persero

Seklias Sejarah PLN


  • Sejarah PLN di Indonesia dimulai pada abad ke-19 waktu penjajahan Belanda. Pada waktu itu, mulai didirikan pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan milik Belanda.
  • Sekitar tahun 1942 sampai 1945, terjadi pergantian kekuasaan dari Belanda ke Jepang. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan Belanda mulai beralih kepemilikan ke Jepang.
  • Proses pergantian kepemilikan kembali terjadi pada saat akhir Perang Dunia ke-2. Pada bulan Agustus 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu. Para pemuda-pemuda Indonesia yang bekerja pada perusahaan Listrik dan Gas kemudian memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil alih perusahaan untuk diserahkan ke Pemerintah Indonesia.
  • Dari situ terbentuklah PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PGN (Perusahaan Gas Negara) yang kita kenal hingga sekarang.
  • Secara resmi, PLN didirikan pada tanggal 1 Januari 1965.

Motto


PLN memiliki motto “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” / “Electricity For a Better Life”.


Layanan PLN


Saat ini untuk pelanggan rumahan, PLN memberikan dua tipe produk yaitu:

  1. Pascabayar
  2. Prabayar / Token

Pascabayar kita kenal dengan sistem pembayaran bulanan. Jadi kita tidak perlu repot untuk membeli pulsa seperti layaknya pada sistem prabayar. Salah satu kekurangan dari sistem pascabayar adalah adanya tagihan minimum meskipun listrik tidak digunakan sama sekali.

Lain halnya dengan sistem prabayar (token). Disini, kita harus membeli token atau pulsa listrik untuk dapat memakai listrik. Jadi, apabila listrik habis, kita tidak bisa menggunakannya lagi sebelum mengisi pulsa. Analoginya sama seperti pada pulsa HP pada umumnya. Pada sistem prabayar, kita tidak dihadapkan oleh adanya tagihan minimum. Jadi misalnya tidak digunakan, kita tidak perlu membayar.

Call Center PLN


Bagi Anda yang membutuhkan bantuan, keluhan, saran, atau apapun yang terkait dengan PLN dapat menghubungi layanan call center atau contact center berikut ini:

  • 123 – Call Center PLN
  • (Kode Area) 123 – Handphone

Perlu diketahui bahwa layanan call center PLN ini adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat selalu terlayani dengan baik dan maksimal. Selain itu, sebagai perusahaan negara, PLN juga berkomitmen untuk selalu meningkatan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia.

Alamat Kantor Pusat:

PT PLN (Persero)

Jl. Trunojoyo Blok M-I No. 135

Jakarta 12160

Telp: 021 – 7251234, 021- 7261122

Fax: 021 – 7221330

Email: [email protected]

Twitter: @pln_123

Facebook: PLN 123

Demikian informasi tentang sekilas sejarah, alamat, dan nomor call center PLN.

113
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Maykel tawaang

Palembang

Maykel tawaang

Komplek garuds putra 2 blok A1 seduduk putih

Maykel tawaang

Pak tolong ad batang mangga yg tertiup angin nyangkut ditiang lampu jalan takut ya tiang ya rubuh Dikomplek garuda putra 2 seduduk putih,tolong ditinjak lanjuti pak, terima kasih

dwi arnata

Selamat malam pln
Tolong listrik di rmh saya padam sdh 2 malam ini, saya sdh telp pln no pengaduan i12jrpb tp sampai skrg blm juga ada pihak pln yg datang,
Tolong pln secepatnya di tindaklanjuti karna saya ada anak kecil. Trimasih

Riska arfidea putri

Selamat malam PLN..
Saya mau pengaduan 2 hal
1. Tolong listrik di area rmh saya di jalan tenggilis lama 3 gang langgar no 39 kecamatan tengggilis mejoyo,kelurahan tenggilis mejoyo segera dihidupkan..tadi mati lampu jm 8 mlm,jam set 11 nyala sebentar trs mati lagi smp skr.. tolong segera ditindaklanjuti..sangat menggangu kenyamanan kami.
2. Tagihan listrik bulan ini kenapa tiba2 membengkak ya..padahal beberapa bulan kebelakang tagihan selalu tetap dan tdk terlalu membengkak. Tapi bulan ini sangt membengkak hampir 30rb kenaikannya.. tolong ditindaklanjuti PLN

Assalamualaikum wr wb
Saya moh idris dari madura pamekasan
Tadi siang sayq melakukan transaksi isi ulang prabayar token sebesar 20 rb atas nama hatib
Tp saya lupa ambil slipnya
Untuk mendapatkan no tokennya gmn?

Habib muhammad baghir alkaf

Saya tinggal di perumahan cikarang baru. Jln.selosia raya. Rt.008/rw.08.nmr 82. Desa.jayamukti. kec.cikarang pusat. Kab.bekasi

Habib muhammad baghir alkaf

Assalamu alaikum. Slmt mlm PLN. Listrik di rumah saya mati sdh 2.jam lebih. Anehnya hanya rumah saya sendiri yg mati tiba2.sementara tetangga semuanya hidup.termasuk lampu jalan. Mohon perhatiannya.trima kasih. (sy punya bayi)

Nurfajriah

Hallo PLN di tempat sy mati lampu udh hampir 5 jam blm nyala”, itu jg cm sebagian yg matinya, lokasi tepatnya desa bojongsari, kec kedung waringin.
Tolong donk pa PLN klo emang mati listrik klo bs jgn malam hari, kejadian sprti ini sdh 3 x, krn mengganggu kenyamanan istirahat orang.
mohon perhatiannya terimakasih.

Hendra

Hallo pln, listrik d h saya mati tiba2 , yg mati hanya sebagian. Di jalan sukabakti v no 11. Sukasari tangerang.

Mau tanya pak..listrik saya kilometernya disegel..alasan karna belum bayar 2 bulan..sedang saya sudah nayar dn strunya juga ada..kode dibstruk sama dikilometr sama..itu gimana ya pak..

Apiexpoer

Pemutusan jaringan ..SDH bayar denda blm disambung lagi…sangat tidak profisional

Apiexpoer

Sangat Kurang puas pelayan pln

Abdan

Bagaimana cara memutus arus listrik, persyaratanya apa saja?? Atas nama ny msh pake pemilik pertama, sy pemilik kdua. Ikut cabang PLN pacet.
Trima ksih

Sukmawati Iskandar

Kl mau ganti dr meterannke token gimana prosesurbya..?

Arzu

Selamat malam Bp/Ibu,
Jl. H. Ismail cipete tangerang mati sudah hampir 2 jam. Tolong dibantu pak biar cepat nyala ini anak balita ngamuk trus. Kenapa stiap hujan disini sering mati lampu ya?????

Aisyah

Saya laporan meteran listrik gak bisa di isi token hari sabtu pagi sampai hari minggu mlm belum ada tanggapan ini kenapa ya kok sering eror begini meteran listrik. Yg dulu pasang meteran listrik token gak ada suara alarm kl token mau hbs sekarang sampai sekarang juga blm ada tanggapan.

Narto

Mulai hari selasa 7 nopmb 2018 listrik dirumah saya padam meterannya…hingga hari ini blum ada perbaikan…padahal sudah melapor ke kantor setempat….. adakah solusinya yg terbaik…mksih

Maureen santoso

Mohon bantuannya. Saya membeli token di Circle K Jl Uluwatu Jimbaran Bali tapi tidak ada nomor kistriknya di stroke pembelian.

Adriansyah

Ini kenapa dari tanggal 1 sering banget mati lampu dua hari sekali mati lampu

Perum PWS kec.tigaraksa kab.tangerang banten

ABDUL SAKUR

KALAU MAU MENGAJUKAN PENAMBAHAN TIANG LISTRIK CARA NYA BAGAIMANA?

Edy yusuf

Pagi.saya lagi ambil uang di Atm di alfamart. Tiba2 PLN mematikan listrik…kartu Atm saya masih di dalam mesin. PLN????? Msih kah???

Putra

Selamat malam…
Mohon bantuannya bapak/ibu di tempat.
Di depan rumah saya kabel PLN putus dan turun ke bawah persis pintu rumah saya. Mohon dibantu perbaikannya.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih..
Alamat: perumnas suradita jl mahoni 4 no.2 RT.019/04 Kel suradita kec Cisauk tangerang

Maulinda

PLN
Kenapa lampu mati terus di daerah ds.rejeni kec.krembung. kab.sidoarjo

Bisa jg ya listrik token d korupsi,kirain aq g bs,g twnya bs.gmn negara g punya utang,rakyat jg bs korupsi

Siti

D tetangga saya pake token g pernah isi2 pulsa,cm asal2 pencet ajja dh ke isi pulsa listriknya.gmn pemerintah g rugi klo rakyat kaya gtu bs korupsi jg.

CakBro Minda Meter Bayar piro Cok ojok larang2 lo

Devi tri lestari

Sekring dirmah saya tiba2 jeklek ato jepret tiba2. Dinaikan kembali tidak bisa2 pdhl listrik jrg digunakan. Apanya yg rusak ya? Mhn penjelasan nya

mmg nya rumahnya DiDaerah mana

saya kecewa dengan kinerja angota PLN di lapang -an.kok bisa2 nya langsung menyegel meteran saya.tampa ada basa basi dulu.padahal keterlambatn bayar cuma 1 bln lebih lngsung di segel.

Aurelya

Saya kecewa karena pagi pagi sudah mati lampu dan biasa nya tidaj ada mati lampu malah jarang tapi kenapa belakangan ini sering mati lampu

Uswatun hasanah

Giman ini PLN mati lampu dari jam 12 mlm dan jam 4 pagi blm nyala juga ?? Enak yg gak punya bayi ?? Klo saya yg punya bayi toh di fikir2 dulu bapak yg terhormat Klo mo putusin listrik toh Klo pun gardu kita yg bermasalah tolong segera di perbaiki. Gimana si listrik naik jadi sering matlamp gini. Mana tengah malam pula.
Cikarang, perum telaga harapan

jangan Bikin bayi Truss

Zeland

Iya ini payah sekali tengah malem malah mati..tolong lah kasian anak kecil gak bisa tidur ini..di perahan grand duta tangerang blok emerald

Wwwooyyy pln gila kali yaa, tengah mlm listrik mati udah 1 jm lebih ga nyala, ganggu orang mau istirahat aja,

Dhe

Minta no tlpn wilayah kec.anyer rumah saya mati lampu. Nsb nyala semua tpi listrik mati

Sofyan

Tolong dihidupkan lampu gardu didesa rambatan wetan depan balai desa rambatan wetan kec.sindang, kab. Indramayu jawabarat, sudah lama mati, tujuan untuk penerangan jalan raya terimakasih

Natalia

Tolong info nya mati lampu di jakarta selatan pasar minggu kira” sampai jam brapa

Eko Untoro

Telp 16 Kali gak ada yang angkat,
sekalinya diangkat sudah dapet no pengaduan setelah menunggu 1 jam tidak datang2 dan ditlp tidak diangkat kembali

djoko sutrisno

telpon sampai 10 kali gak diangkat…

Winarno

Tadi jam 18.30 kp sukamelang ,subang mati lampu sampai sekarang jam 19.40 belum nyala tolong dibantu

Oding

Tolong bilang ke bagian humas kalian, Lain kali kalo ada pemadaman lebih dari 4 jam tolong info ke warga!! Jadi gue bisa nginep di hotel

M.fahrudin

Tolong di tempat tinggal saya desa leuwi sadeng kec leuwi sadeng kab bogor sudah hampir 2 hari satu malam listiknya padam tanpa ada keterangan yg jelas terutama di area rw 07 kmpung pasir eurih…….mohon pelayananya
Sementara sekitar area yg lain normal normal saja tidak ada gangguan

Nurul

Katanya pelayanan 24 jam, tp dihub jam 1 dini hari ga ada yg angkat tlp. DidaerAh kebon bawAng tg priok, mati lampu lama sekali, ada kejadian apa kira2? Klo sdh tolng segera hidupkan kmbli aliran listriknya, ini ga bisa tidur, panas sekali dan engap.

desi alfianti

Selamat malam pak saya desi dari daerah kepu timur gg.mantri 1 kemayoran dan sekitarnya maaf tlong to layanan di perbaiki sudah 3 hari berturut -turut aliran listrik di daerah kami mati dalam sehari bisa 2 ataw 3 x mati.tlong scepatnya di perbaiki di tempat kami banyak yg punya bayi bru lahir pak.

Galih Priyo Prasetyo

Maaf dirumah saya listrik kok mati ya
Padahal yang lain nyala

Ari wibowo

Mohon untuk ditinjau kembali daerah nangka Cipete Utara .jaksel..belakang itc. RT 9 dan RT 10 RW 002.

Agus dwi36

Cara cek no id pelanggan listrik pasca bayar??

Andi saputta

selamat malam bapak ibuk mohon bantuan nya PLN ruko daerah kmiling mati idup mati idup tolong di perbaiki

Slamet Wardoyo

Slamet wardoyo
selamat pagi bapak ibu yang terhormat
saya sampaikan bahwa aliran listrik ke rumah saya di kampung daon rt 005/05 desa Daon kec.rajeg kabupaten Tangerang mati darimkemarin tanggal 03.oktober 2018 jam 17:00 .
jam 19 lewat saya meluncur ke pengaduan pln sepatan melaporkan terjadinya aliran listrik yang putus dan laporan diterima saya disuruh menunggu sampai petugas datang ,akan tetapi sampaimlarut malam petugas tidak kunjung datang dan tidak mengkonfirmasi ke saya.
hal ini sudah terjadi 2x laporan tidak ditanggapi pada hal ketika saya terlambat bayar sudah dikirim surat pemutusan sementara.
Bagaimana PLN memberikan pelayanan ke masyarakat kalo mati listrik ?
Mohon diprioritaskan laporan masyarakat.

Iki

Slamt siang bpak ibu yg terhornat di sini saya ingin tanyakan mengenai pemadaman listrik yg yerjadi di daerah kami yaitu kabupaten buru provinsi maluku kecamatan waeapo desa mako. Bpa ibu kenapa setiap hari harus ad pemadaman listrik di sini tanpa pemberitahuan lebih dahulu apa penyebabnya tak pernah di jelaskan kepada kami. Yg membuat kami kecewa klo kami tidak bayar listik meteran kami di putusi skarang kami yg slalu melakukan kewajiban kok malah mendapatkan pelayanan seperti ini..? Ini perusahaan pelayanan publik terpadu atau gi mn pa tolong di konfirmasi.

Kno kalo padam itu selalu lama. Sederetan rmh saya pasti lamaaa bgt. Aneh nya yg belakang beda rt sm saya malah jarang mati lampu, gak se sering rmh saya. Knp cobaaaaa