Call Center PLN (Persero)

Call Center PLN (Persero) – Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Perusahaan Listrik Negara atau lebih dikenal dengan PLN.

Terkadang kita menemui kendala entah itu mati lampu karena ada gangguan, tagihan yang tiba-tiba saja membengkak, dan kendala-kendala lainnya. Untuk dapat menyelesaikan kendala tersebut, tentunya kita harus menghubungi PLN. Nah, kali ini kami akan memberi informasi berapa sih nomor call center PLN itu.

Tetapi, sebelum itu, kami akan membahas secara sekilas tentang sejarah PLN di Indonesia sejak dari zaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang yang sudah sangat maju dan modern.

PLN Persero

Seklias Sejarah PLN


  • Sejarah PLN di Indonesia dimulai pada abad ke-19 waktu penjajahan Belanda. Pada waktu itu, mulai didirikan pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan milik Belanda.
  • Sekitar tahun 1942 sampai 1945, terjadi pergantian kekuasaan dari Belanda ke Jepang. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan Belanda mulai beralih kepemilikan ke Jepang.
  • Proses pergantian kepemilikan kembali terjadi pada saat akhir Perang Dunia ke-2. Pada bulan Agustus 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu. Para pemuda-pemuda Indonesia yang bekerja pada perusahaan Listrik dan Gas kemudian memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil alih perusahaan untuk diserahkan ke Pemerintah Indonesia.
  • Dari situ terbentuklah PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PGN (Perusahaan Gas Negara) yang kita kenal hingga sekarang.
  • Secara resmi, PLN didirikan pada tanggal 1 Januari 1965.

Motto


PLN memiliki motto “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” / “Electricity For a Better Life”.


Layanan PLN


Saat ini untuk pelanggan rumahan, PLN memberikan dua tipe produk yaitu:

  1. Pascabayar
  2. Prabayar / Token

Pascabayar kita kenal dengan sistem pembayaran bulanan. Jadi kita tidak perlu repot untuk membeli pulsa seperti layaknya pada sistem prabayar. Salah satu kekurangan dari sistem pascabayar adalah adanya tagihan minimum meskipun listrik tidak digunakan sama sekali.

Lain halnya dengan sistem prabayar (token). Disini, kita harus membeli token atau pulsa listrik untuk dapat memakai listrik. Jadi, apabila listrik habis, kita tidak bisa menggunakannya lagi sebelum mengisi pulsa. Analoginya sama seperti pada pulsa HP pada umumnya. Pada sistem prabayar, kita tidak dihadapkan oleh adanya tagihan minimum. Jadi misalnya tidak digunakan, kita tidak perlu membayar.

Call Center PLN


Bagi Anda yang membutuhkan bantuan, keluhan, saran, atau apapun yang terkait dengan PLN dapat menghubungi layanan call center atau contact center berikut ini:

  • 123 – Call Center PLN
  • (Kode Area) 123 – Handphone

Perlu diketahui bahwa layanan call center PLN ini adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat selalu terlayani dengan baik dan maksimal. Selain itu, sebagai perusahaan negara, PLN juga berkomitmen untuk selalu meningkatan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia.

Alamat Kantor Pusat:

PT PLN (Persero)

Jl. Trunojoyo Blok M-I No. 135

Jakarta 12160

Telp: 021 – 7251234, 021- 7261122

Fax: 021 – 7221330

Email: pln123@pln.co.id

Twitter: @pln_123

Facebook: PLN 123

Demikian informasi tentang sekilas sejarah, alamat, dan nomor call center PLN.

602
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
nadira

semua pertanyaan tidak ada tamggapan dari pihak PLN

Bambang mulyoko

Met pagi,kabel PLN Utama pada ngelupas alamat,Jl Raya Centex Gg.Kramat Rt 009 Rw 010 jl melati II

Asri

Seperti nya PLN keterlaluan..alsan pemakaian..padahal kita sudah sangat menghemat pemakaian..

Pontas n

Pln yg g dpt subsidi dr pemerintah/dtks..grts..yg tdk grts dikenakan biaya 2x lipat..gk nyangka caranya kayak gini..malah dibebankan sama yg tdk grts

pat

di telpon ga pernah ada respon… Buat pajangan doank itu telepon

Sayuti

Kok masih mahah terus bayaran listrik saya kata nya diskon 50% kalian anggap Ki orang kaya.

Fiatus

Assalamualaikum saya mau bertanya …….kenapa listrik ada yg di diskon dan tidak …padahal saat kita mendaftar dulu kita TDK bilang mampu atau tidaknya ..KK langsung di tulis mampu atau tidaknya

pak berapa kalau ganti token meteran listrik….???
apakah gratis atau bayar pak…??
Terima Kasih.

Syamsul

Mati terus nih listrik di daerah Kramatwatu Cilegon, becus gak sih

Anonymous

Knpa tiap bulan pelanggan prabayar sering mati hampir tiap bulan sekali pasti mati pelanggan isi ulang di daerah joglo tepatnya jln almubaroq 2 ,yg sering di padamkan tiap bulan knpa hanya pelanggan isi ulang ,ada apa ini halo PLN ,makin mahal tapi layanan makin buruk tolong perhatiannya bagi pejabat PLN,

Lim Cun Nio Cun nio

Listrik jln pulo harapan indah rt12. Rw10 cengkareng barat..Gang no. 64, 65,66,67 belakang laundry anata, sederetan mati, yg lain nyala.. Tolong segera di tindak lanjuti..

kama

apakah pasang kwh 450 masih bisa.
syaratnya apa saja

anton herry

Tagihan meteran listrik selalu di tembah/dikira-kira
antara tagihan listrik pln dengan actual meteran tidak sama
rumah kosong selama 8 bulan, meteran listrik ditembak seolah ada pemakaian, sehingga merugikan pelanggan, beberapa kali lapor ke PLN tidak ditANGGAPI

RACHMA

EROR BANGET PLN LAMA2 MAU KOMPLAIN AJA SUSAH BANGET! CALL CENTER NGAKUNYA 24 JAM TP DIHUBUNGIN SUSAH BANGET

RACHMA

SIBUK TEROOSSS PLN CAL CENTER NYA.. TARIF NAIK SAMPE 2X LIPAT GILAA

Munajatul ulum

PLN sekarang makin kesini makin gak beres.
Udah naik terus. Tapi mati terus.
Naikin terus harganya sampe kalian kaya raya.
Udah mahal pelayanan gak bagus.
Tidur ajah di kantong gue

Wida

Pemadaman listrik hari ini jepon Blora sampai kapan

Ade rachmadsyah

Maaf pak terjadi kebakaran di tiang listrik kebon jamblang desa pangkalan rt 03/05 tlng di perbaiki takut terjadi kebakaran lg

friska

listrik mati hidup dalam 5 j sudah 4x mati, ada apa sih.. gmn nasib perabotan saya klo rusak PLN mau ganti memangnya.

Yanti

Pak gimana caranya kalau token saya keblokir jadi saya mau ngisi tidak bisa

Febby

Pak daya di daerah pegunungan penting tulis Darungan tanggul Jember Jawa timur daya listrik nya kecil sebagian ada yang normal tapi banyak yang kecil
Gmna cara untuk normalkan daya mohon infonya pa

kcuuuu

pak pln Di THI lagi pekan projek , nyalain listriknya Gece

todjdjsisjsn

pak pln tolong dong ya mikir dikit ini panas dan pengap banget mati lampu dri jam 2 siang dan sekarang udh jam 12 malem dan juga blom nyala .. matiin 1-3 jem boleh .. GA SAMPE 10 JAM JUGA KALI

Ika susinar

Sudah 2 hr Listril mati setiap jam 21.00 dn tidak semua rumah mati di gang perumahan vila mutiara cikarang 2 blok D19,,knp bisa bgtu ya PLN,

Meteran di rumah saya rusak listrik gak bisa nyala pihak pln di telfon gk di angkat angkat

Totok

Bener bener gak profesional pln kita di daerah taman wisma asri bekasi utara sering padam tanpa pemberitahuan malah seringnya saya lapor petugas yang ada di call center 123 sampai hafal dengan nama saya

Gendut

Wwooooyyy petugas PLN yang bener aja ..mati lampu tiap hari daerah cengakareng ..pilih2 kalau matiin..perumahaan aja ga pernah di padamin ..kalau bergilir gantian .

Ady Irvan Falahi

Pak tolong direspon. Rumah saya padam listrik sejak pukul 15:00 sampai sekarang. Sampai kapan dan kenapa ya Pak? 14212877865.

Pribadi

Listrik naik, voltase ngga stabil, padamin listrik suka2 jidat.
Hadeeeh apa yg dimaui PLN ini???

NURJANAH

Woi ini udah berjam jam mati lampu kebiasaan klo mati lampu malam,,g mikir yg punya bayi ,,

Ady Irvan Falahi

Pak tolong direspon. Rumah saya padam listrik sejak pukul 15:00 sampai sekarang. Sampai kapan dan kenapa ya Pak? 14212877865.

Asep saepullah

Di bekasi padam udah 4 jam ini woy

Erwin Nurhuda

Halo PLN yg katanya perusahaan negara..ga pernah dipikirkan atau diperkirakan jika dilakukan pemadaman pada malam hari? Saya dan banyak orang punya bayi yang tidak bisa tidur kalau tidak ada kipas/ac sebagai pendingin. Jika ini terjadi kepada kalian, anggota keluarga kalian apa mau juga? Dipikirkan wooyyy

Joko

Pln gmna sih ini saya tinggal d pamulang cluster pamulang resydence belum juga ditanggapi utk pengaduan meter saya yg baru diganti tapi belum juga aktif utk pengisian jd bermasalah dkarenakan no meter belum terdaftar woiii pln mana tindak lanjutnya… sialan

Deni

Pak..sebagian wilayah Jl.Joe jagakarsa padam sudah 5 jam lebih…tolong profesional lah, klo emang harus padam karna perbaikan atau pemeliharaan jalur listrik berilah info sebelumnya jd warga bisa antisipasi / persiapan terutama air bersih…klo anda tdk mampu jalankan amanah..kasih kepada yg ahli, jgn zholim seperti ini

vony

saya mau mengeluh kabel listrik yg mengaliri rumah tetangga menempel di atap rumah saya yg kontruksinya menggunakan baja ringan.kabel itu kendur terus walau setiap kali diperbaiki,saya capek bolak balik melapor sampai2 pernah melapor hrs bayar sekian juta klo mau memindahkan jalur aluran listrik tetangga saya.pdhl itu kebutuhan rumah orang bkn saya.trs kabelnya melintang diatas tanah saya hrsnya yg bayar saya juga?tolong ya PLN tajurhalang kabupaten bogor agar carikan solusi yg tdk merugikan saya.trmksh

Manu Mahendra

Di rumah kalisari kenapa tiap malam selalu mati ya?

Tina

Wooooyyy kira2lah kalau mau padamin listrik…
Punya bayii nih….
Parah bgt PLN JAKARTA TIMUR

Yuli budy susilo

Maaf maksud sy 2 pk sebanyak 2 unit.

Yuli budy susilo

Ass…..kami pelanggan PLN pra bayar a.n yuli budy susilo lokasi di belopa kec tana manai kabupatrn luwu sul- sel daya sebelumnya 2200 watt krn daya tdk mampu peruntukan AC 2 PK dan beberapa mata lampu jadi kami tambah daya 5500 watt tapi tetap ngedrop….solusinya gmn nie….makasih

Arum

Saya ingin mengadu masalah pln cabang kenjeran surabaya. Kenapa sudah 3 hari listrik padam mulai pagi hingga sore. Sampai kami tidak bisa melakukan kegiatan rumah pada umumnya. Bahkan sekarang pukul 02.55 wib listrik sudah padam. Ada masalah apa sebenarnya hingga masalah ini berlarut2 tidak ada penyelesaiannya ?? Tolong segera dibantu mengatasi masalah ini karena warga sudah merasa resah atas pemadaman listrik yg terlalu lama dan berulang2.

Tolol

Memindah khw meter/app tanpa ijin pln sudahkah termasuk pelanggaran terberat peraturan P2TL pasal berapa memindah itu? Pelanggaran golongan satu dua tiga jelas pencurian karena mempengaruhi batas daya serta energi sedangkan empat jelas pencurian bukan pelanggan kalau memindah belum ada didalam peraturan P2TL Tolong segera cantumkan dlm peraturan pelanggaran p2tl agar pelanggan jelas memindahkan itu termasuk pelanggaran apakah pelanggan tidak punya hak pembelaan dlm pelanggaran. .

Fuk

PLN ini tolol, ada Cs gak ada guna, di tlp ratusan x juga gak ada yg respon. Makan uang haram aja pinternya

niko

broooooooo listrik w matii niy..masa yang mati cuma beberapa rumah aja broo..tolong dong di tanggapain keluhan masyarakat..kita di sini bayar listrik on time ya.masa giliran minta penjelasaan aja pada kaga mau tanggepin

Widya suci

Ini tolong dong di daerah rajeg kabupaten tangerang. Lampu segera menyala udh jam segini belum nyala juga

Wike maysiana

Rumah saya mati lampu,tapi kenapa cuma 6 rumah aja yang mati? Yang lain nya engga. Minta tolong dinyalain dong. Daerah kapuk raya gg empang

Jajaran direksi pln semoga sehat terus yaa, semoga semua doa rakyat ibu pertiwi tdk menjadikan sengatan listrik ribuan juta mega volt k badan kalian

Yuliana

Apaan tlp nya gga ada yg direspon

Ismail

Wuoooiiyy … Listrik mati nyala terus … Pelanggan suruh bayar tepat waktu tp listrik mati² terus … Punya otak dikit lhaa PLN

Aria

Ini untuk wilayah Petamburan kenapa listrik mati trus hidup mati lagi dalam durasi 15 menit atau lebih

Dit

Gapaham lagi sm PLN, yg kebakaran cuma 2 rumah. Dan jaraknya jauh bgt dari rmh saya. Tapi rumah saya ikut mati listrik sudah 3 setengah jam lebih