Call Center PLN (Persero)

Call Center PLN (Persero) – Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Perusahaan Listrik Negara atau lebih dikenal dengan PLN.

Terkadang kita menemui kendala entah itu mati lampu karena ada gangguan, tagihan yang tiba-tiba saja membengkak, dan kendala-kendala lainnya. Untuk dapat menyelesaikan kendala tersebut, tentunya kita harus menghubungi PLN. Nah, kali ini kami akan memberi informasi berapa sih nomor call center PLN itu.

Tetapi, sebelum itu, kami akan membahas secara sekilas tentang sejarah PLN di Indonesia sejak dari zaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang yang sudah sangat maju dan modern.

PLN Persero

Seklias Sejarah PLN


  • Sejarah PLN di Indonesia dimulai pada abad ke-19 waktu penjajahan Belanda. Pada waktu itu, mulai didirikan pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan milik Belanda.
  • Sekitar tahun 1942 sampai 1945, terjadi pergantian kekuasaan dari Belanda ke Jepang. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan Belanda mulai beralih kepemilikan ke Jepang.
  • Proses pergantian kepemilikan kembali terjadi pada saat akhir Perang Dunia ke-2. Pada bulan Agustus 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu. Para pemuda-pemuda Indonesia yang bekerja pada perusahaan Listrik dan Gas kemudian memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil alih perusahaan untuk diserahkan ke Pemerintah Indonesia.
  • Dari situ terbentuklah PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PGN (Perusahaan Gas Negara) yang kita kenal hingga sekarang.
  • Secara resmi, PLN didirikan pada tanggal 1 Januari 1965.

Motto


PLN memiliki motto “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” / “Electricity For a Better Life”.


Layanan PLN


Saat ini untuk pelanggan rumahan, PLN memberikan dua tipe produk yaitu:

  1. Pascabayar
  2. Prabayar / Token

Pascabayar kita kenal dengan sistem pembayaran bulanan. Jadi kita tidak perlu repot untuk membeli pulsa seperti layaknya pada sistem prabayar. Salah satu kekurangan dari sistem pascabayar adalah adanya tagihan minimum meskipun listrik tidak digunakan sama sekali.

Lain halnya dengan sistem prabayar (token). Disini, kita harus membeli token atau pulsa listrik untuk dapat memakai listrik. Jadi, apabila listrik habis, kita tidak bisa menggunakannya lagi sebelum mengisi pulsa. Analoginya sama seperti pada pulsa HP pada umumnya. Pada sistem prabayar, kita tidak dihadapkan oleh adanya tagihan minimum. Jadi misalnya tidak digunakan, kita tidak perlu membayar.

Call Center PLN


Bagi Anda yang membutuhkan bantuan, keluhan, saran, atau apapun yang terkait dengan PLN dapat menghubungi layanan call center atau contact center berikut ini:

  • 123 – Call Center PLN
  • (Kode Area) 123 – Handphone

Perlu diketahui bahwa layanan call center PLN ini adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat selalu terlayani dengan baik dan maksimal. Selain itu, sebagai perusahaan negara, PLN juga berkomitmen untuk selalu meningkatan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia.

Alamat Kantor Pusat:

PT PLN (Persero)

Jl. Trunojoyo Blok M-I No. 135

Jakarta 12160

Telp: 021 – 7251234, 021- 7261122

Fax: 021 – 7221330

Email: [email protected]

Twitter: @pln_123

Facebook: PLN 123

Demikian informasi tentang sekilas sejarah, alamat, dan nomor call center PLN.

309
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Dadang Hermawan

Kenapa tidak bisa isi token (alasannya: nomer planggan anda salah), terjadi hari ini 26Mei2019. Tolong respon dari PLN

Jaka

Sama mas saya juga gabisa

Katanya 24 jam.agar bisa melayani.tp ditelpon jam 1pagi.gak ada yg angkat. Urgent.payah

IRWAN SIMATUPANG

Ya

IRWAN SIMATUPANG

Mohon info dari Pihak PLN, brp hari bisa menikmati listrik setelah bayar Biaya dan SLO km butuh penjelasan dgn daya 900 sr 4400 VA. Krn kita bayar sudah 7 hari blm ada tanda2 utk disambung Agenda 124019911905159370

Septi

Tinggal di daerah bekasi tp serasa tinggal di NTT LISTIK kerjaan nya mati trz. G ada hujan g ada petir kerjaan nya mati lampu gila kx ya.. sekali nya hidup kya listrik g sanggup buat hidup di paksain hidup kilip2 lampu pada rusak woy elektronik.. tolong ya di perbaikin jaringan PLN mustika jaya sungguh jelek sekali

Melani

Listrik token saya bermasalah pengen di cek

Sofyaclara

Ini untuk wilayah solo surakarta fajar indah kenapa matinya lama bgt ya tolong dong ini kan bulan puasa org butuh istirahat kenapa lama sekali penanganannya

Agus

Saya ada bermasalah tentang listrik Di rmh

Deby

Daerah jakarta utara kelurahn lagoa kecamatn koja jln mangga gang 1 blok A rt 03 rw 09 tolong dong dilihat listrik suka speneng naik turun tegangn nya bkin brang brang elektronik saya rusak trutama pndingin ruangn atau ac trimaksh!

Andi

Buat onum lapangan petugas pln jangan terlalu membebani kami dengan keluhan rusak dikenakan biaya,,,kami butuh pelayanan,,bukan disengsarakan,,makasih

Msaf

Untuk daerah Madura …area Sampang yg bisa dihubungi..mohon infonya

Mujahid

Kpd sluruh pegawai PLN kalo anda ingin terpuji bekerjalah dgn baik, tapi nyatanya kalian semua dapat caci maki serta sumpahan masyarakat.. dimana waktu berbuka puasa disitu dipadamkan listrik. Mau alasan apa kalian?
Cuaca… Bagus, tidak hujan tidak badai hari cerah Listrik dipadam dimanakala ummat muslim ingin berbuka.
Semoga oknum nya dilaknat Allah dalam seketika, amin..
Salam Madina

Duroruddin

Listrik saya konslet Skrng..

Dina

Tolong jangan padam kan listrik disaat kami sedang beribadah
Saya kecewa dengan ini semua
Dimana letak keadilan sosial seluruh rakyat Indonesia

Juanaidi

Call Center PLN (Persero) https://nomortelepon.id/pemerintah/call-center-pln-persero/Kami masyarakat mau membuat pengaduan kepada bapak2 dan ibu2 kenapa lampu/PLN di wilayah kami selalu mati/padam sedangkan kalo kami telat membayar 2 hari kurang dari 2 bulan lampu di rumah kami langsung disegel, inikan lagi bulan puasapun gitu juga ngak pas buka puasa padam, pas azan, ngak pas azan pas saur pokok kami bapak ibu anggap apa, mohon perbaiki lampu daerah kami tepatnya di area aceh barat ( tepatnya di woyla)

Dian

Manisharjo bendosari sukoharjo mati padahal cuaca cerah .pajak mahal sering mati lampu

Parah pln sdh 2 hari mati lampu,lambat penanganan nya mentang-mentang di kampung jarang yg komplain,klo seperti
ini mentri BUMN mesti di ganti.klo di perumahan yg mati lampu hitungan menit nyala lagi,di kampung bisa hitungan hari

Apostholos FNainggolan

Call centre pln menyedot pulsa.
Kalau ada ganguan dan menelpon pakai call centre hati2 pulsa habis.

Saran saya bagi pengelola pln agar call centre harus dibebaskan dari penyedotan pulsa

Pera

Pak tolong listrik di daerah saya sering sekali mati tanpa ada pemberitahuan, kira kira dong kalo matiin listrik dari pagi nga nyala2 sampai jam segini, telp pln setempat nga diangkat2. Parah!

Kalau tinggal di perumahan hitungan menit sudah nyala lagi.di kampung…bisa hitungan hari

Pelayanan nya lama telfon dari jam set 10sampai sekarang belom ada petugas yg datang

Pelayanan nya lama telfon dari jam set 10sampai sekarang belom ada petugasnya yg dateng

Agus

Pak PLN brapa lama standar sop pengembalian restitusi pemasangan baru

[…] Call Center PLN (Persero) […]

Sarah

Pak rumah saya dipinggiran kali Ciliwung tepatnya di Pengadegan timur ,saya mau menanyakan soal listrik pak, kenapa listrik saya sehabis diputus dan sampai skrng malah tidak nyala lagi ,saya butuh air pak

Liem.

Sudah beberapa bulan d daerah kami trjadi pemadaman listrik, dgn alasan salasatu mensin pembankit daya nya rusak, tp kok ngak d prbaiki atau d ganti dgn yg baru, PLN prusahaan BUMN negara yg tdk mungkin kehabisan anggaran untk prbaikan atau pengadaan mesin baru. Kami sudah sangat d rugikan dgn pelayanan PLN kabupaten kolaka utara provinsi sulawesi tenggara. Mohon kiranya d perhatikan keluhan kami, krn ini sdh trjadi hampir setahun. Wasalam

[…] Call Center PLN (Persero) […]

Resi Sitanggang

Daerah Jln.Irigasi 4 Medan Tuntungan,
Pagi,siang sore malam kurang arus terus.
Gak bisa nyuci,gak bisa masak.
Gak bisa ngapa2 in.

James Siagian

Harus berapa kali dan harus berapa ribuan org kecewa ??
Dalam 1 Minggu 4* mati lampu rmh , padahal listrik token pulsa dan bayar Tagihan cepat sebelum hari H

Tolong di kinerja dan bala bantuannya fast respon, utk lokasi saya di Jakarta Utara kelurahan Semper barat kecamatan Cilincing Jl. Kmp Beting

Note : tolong yah bagi para pekerjanya PLN jadi bikin kecewa dan jgn suka memadamkan listrik

M HASAN BISRI

No telepon dinas gangguan listrik mojokerto rayon selatan

reza

ga guna ada call center ga ada jawaban !

Suhadi

Kenapa saya beli token gak bisa dimasukin,udah saya coba mungkin udah 25 kali tp gagal terus padahal nomernya betul,mohon bantuanya

Awi

Knp saya mau isi token nya gagal terus nmr token yg anda salah padahal saya sdh foto meteran nya ada kendala apa PLN ini…??

Supangkat

Saya juga

Supangkat

Trus solusinya gmn ya

Bagus

Pak PLN kenapa saat ini dirumah saya dibekasi tambun selatan listrik kadang mati kadang nyala gimana pelayanan PlN karena bisa berakibat konsleting alat elektronik

Jeremi

Tolong dong saya punya kenalan dari sei. Tampung kalsel mau pasang listrik baru masa biaya 3jt+ sedangkan diinternet saya liat-+800rb padahal rumahnya gak jauh dari jalan besar cuma berbatas sungai (diseberang sungai) Tolong diurus mungkin ada permainan² pihak lain

Mirza

Dr siang … Sy tlp ke no 123.. Tdk bisa

rendy

layanan call center PLN ini adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat selalu terlayani ” Maksudnya apa ya?? terlayani dengan janji call centre?? percuma ga bisa kasih solusi

Suwata

Ditlp sudah hampir pulsa habis, keterangan kilometer ‘perkisa’ , sudah lapor tapi gda solusi ampoon bag gangguan. Pelayanan tidak puas dan perlu ditindak lanjuti orang gangguan liatrik.

Jora

Susah nelp ke PLN … Sekalinya diterima ktnya mau datang periksa tp smp berhari2 gak keliatan batang hidung yg mau periksa. Listrik rmh saya tiba2 drop dan di meterannya keluar tulisan periksa. Pd kebal orang2 PLN…gmn ini pelayananny ☹️

Kanang

tolong kepada stap PT PLN,kami d Tulung delapan oki,Ogan Komering Ilir mati lampu sudah hampir 7 jam,mohon bantuan nya dan kerja samanya

Nana jumhana

Tolong pihak pln listrik dirumah saya tegangannya drop kurang dari 220v atau dikisaran 165v
Saya sudah ke kantor terdekat tapi tidak ada respon

deryl

operator 123 perempuan judes amat..kalau bagian pelayanan harusnya ramah dong, tapi kenapa ya kalau operatornya laki-laki pasti ramah

Haryo

Iyya betul
Saya juga dapat yg judes

Jota

Saya dapat yg spt robot ngomongnya tp tdk ada solusi utk masalah saya

rifli

tolong informasinya untuk wilayah bengkulu
kenapa setiap pengisian/ penjual token pln selalu gagal

Indri

Pak saya telp call center 123 koq gak bisa yaaah?

Haryo

Sama. Kyak nya di gantung. Operator nya kurang konpensasi. Gak ada tanggung jawab blash.

Lema

Saya mau tanya..
Kenapa saat saya isi token listrik saya balasan no salah/masa aktif hbis…
Apakah pln ada masa aktif juga?
Padahal saya baru isi bulan lalu seprti biasa, saat mau isi bulan ini malah tdk bisa… Mohon dibantu

Indra gunawan

Saya juga sama setiap mau isi token nomornya selalu salah. Apakah sdh ada solusi?

Lina setyarum

Tolong pak segera ditindaklnjuti…dr siang smp mlam tlp 123 no respon lemoooottttttt maafffff pelayanan lambatttt trmksh laporan PLN cruban hrus nunggu sprin dr 123..tp tlp 123 gk bisaaa terusssssss

Lina setyarum

Telpon 123 smp bosen pak gk ad tanggapan smp kapanLaporannkePLN caruban hrus nunggu sprin dr 123 tlp 123 no respon

Donal

Pak PLN 123
cm bs bwt laporan terus…listrik sy g da petugas yg datang2 knp? Telp ampe bosen…

antonius ismoyo

pak kenapa listrik saya naik tagihan bulanan jadi 500 rb lebih….bagi saya penyandang cacat sangat keberatan…

Deni sidik

Tolong di tindak tegas oknum pencatat meteran listrik untuk wilayah pln cab helvetia terutama yang wilayah kerja di kel. Tanjung gusta.
Benar benar sangat merugikan konsumen.. salah satu nya saya..
ditagihan bln maret 2019 tertera 00001045 padahal di meteran saya untuk saat ini aja cuma 00580.
saya sangat merasa di rugikan dg pembengkakan biaya bulanan nya.