Call Center PLN (Persero)

Call Center PLN (Persero) – Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Perusahaan Listrik Negara atau lebih dikenal dengan PLN.

Terkadang kita menemui kendala entah itu mati lampu karena ada gangguan, tagihan yang tiba-tiba saja membengkak, dan kendala-kendala lainnya. Untuk dapat menyelesaikan kendala tersebut, tentunya kita harus menghubungi PLN. Nah, kali ini kami akan memberi informasi berapa sih nomor call center PLN itu.

Tetapi, sebelum itu, kami akan membahas secara sekilas tentang sejarah PLN di Indonesia sejak dari zaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang yang sudah sangat maju dan modern.

PLN Persero

Seklias Sejarah PLN


  • Sejarah PLN di Indonesia dimulai pada abad ke-19 waktu penjajahan Belanda. Pada waktu itu, mulai didirikan pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan milik Belanda.
  • Sekitar tahun 1942 sampai 1945, terjadi pergantian kekuasaan dari Belanda ke Jepang. Oleh sebab itu, perusahaan-perusahaan Belanda mulai beralih kepemilikan ke Jepang.
  • Proses pergantian kepemilikan kembali terjadi pada saat akhir Perang Dunia ke-2. Pada bulan Agustus 1945, Jepang menyerah kepada Sekutu. Para pemuda-pemuda Indonesia yang bekerja pada perusahaan Listrik dan Gas kemudian memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil alih perusahaan untuk diserahkan ke Pemerintah Indonesia.
  • Dari situ terbentuklah PLN (Perusahaan Listrik Negara) dan PGN (Perusahaan Gas Negara) yang kita kenal hingga sekarang.
  • Secara resmi, PLN didirikan pada tanggal 1 Januari 1965.

Motto


PLN memiliki motto “Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik” / “Electricity For a Better Life”.


Layanan PLN


Saat ini untuk pelanggan rumahan, PLN memberikan dua tipe produk yaitu:

  1. Pascabayar
  2. Prabayar / Token

Pascabayar kita kenal dengan sistem pembayaran bulanan. Jadi kita tidak perlu repot untuk membeli pulsa seperti layaknya pada sistem prabayar. Salah satu kekurangan dari sistem pascabayar adalah adanya tagihan minimum meskipun listrik tidak digunakan sama sekali.

Lain halnya dengan sistem prabayar (token). Disini, kita harus membeli token atau pulsa listrik untuk dapat memakai listrik. Jadi, apabila listrik habis, kita tidak bisa menggunakannya lagi sebelum mengisi pulsa. Analoginya sama seperti pada pulsa HP pada umumnya. Pada sistem prabayar, kita tidak dihadapkan oleh adanya tagihan minimum. Jadi misalnya tidak digunakan, kita tidak perlu membayar.

Call Center PLN


Bagi Anda yang membutuhkan bantuan, keluhan, saran, atau apapun yang terkait dengan PLN dapat menghubungi layanan call center atau contact center berikut ini:

  • 123 – Call Center PLN
  • (Kode Area) 123 – Handphone

Perlu diketahui bahwa layanan call center PLN ini adalah 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan dapat selalu terlayani dengan baik dan maksimal. Selain itu, sebagai perusahaan negara, PLN juga berkomitmen untuk selalu meningkatan pelayanan terhadap masyarakat Indonesia.

Alamat Kantor Pusat:

PT PLN (Persero)

Jl. Trunojoyo Blok M-I No. 135

Jakarta 12160

Telp: 021 – 7251234, 021- 7261122

Fax: 021 – 7221330

Email: [email protected]

Twitter: @pln_123

Facebook: PLN 123

Demikian informasi tentang sekilas sejarah, alamat, dan nomor call center PLN.

372
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Mur

Area pehdoplang suru doko blitar pad\m dari siang kok tidak ada kejelasan.
Callcenterpun masuk tp tak ada jawaban.

Sunarso

Sehari ful PLN ga bisa di hubungi aneh. Token ga bisa di isikan tes puluhan kali cek id dan no token puluhan kali tidak ada salah

Dina

Katanya 24 jam . boro2 bisa dihubungin wa aja mati

syamsul

bagaimana mgatasi error pada kilometer cmn tertuliskan periksa di kilometer?

syamsul

tolong bgmna mengatasi listrik pintar tdak bisa di isi plsa cmn tertuliskan periksa di kilometer

Tatok Widayanto

Tolong tinjau permen esdm no.33/2014, Transaksi perubahan kami tanggal 11/05/2010 dan 18/08/2010 perhitungan dari pihak pln yg sangat lamban sudah kami bayar lunas sesuai tagihan tanggal 26/11/2014. Sekarang ada permen no.33/2014 perhitungan 17 /11/2014 s.d 3/12/2014 harus bayar lagi? Yang kerja lambat sampai tanggal 26/11/2014 jelas pihak pln yang kerjanya lambat, sekarang kami komsumen dirugikan harus tambah bayar lagi karena kerja pln yag lambat !! apakah adil dan benar pak menteri ESDM ?

Nia

Tolong staf 123 kalau menjawab pertanyaan yg masuk akal. Bukannya memberikan informasi yg malah bikin pelanggan kecewa dan kesal.

Maf pabisa kesinih raya sapan 35 benkel forklift inih rislik yah mati gabisa masukin pursa

Adi

Untuk PLN tolong klo ada masalah mau matikan listrik satu area di informasikan ke warga , rumah saya di area Ciputat timur kampung bulak Tangsel , ini mati lampu dari jam 10 sampe skr belum nyala , kita banyak kebutuhan akan listrik tolong infokan ada masalah apa

Irwan

Pak masa ganti kwh dipungut biaya RP.250 ribu

hadi

Slmat pagi contak center Pln, Kami pelanggan dari cabang PLn menggala wilayah mesuji, mau tnya knpa ini PLN sering matitotal, jam 01:00 hari sabtu tgl 06-Juli-2019, mohon kiranya untuk mnjelaskan dan mmperbaiki sistem

samudra

selamat siang pak…saya mo ngisi listrik prabayar ko ga bisa ya….jawaban minimarketnya diblokir..ada apa ya

Risa

Assalamu’alaikum.. BPK PLN yg qami hormati, sy sdh 5 tahun tgl di pulau Simeulue Aceh, tp sy TDK pernah puas dgn listrik PLN yg ad dsni, setiap HR mati gak siang pagi, siang mlm mati trs, mlm on jg LG mati, mati nya lama pula itu kdg2 dr mlm sampai pagi, mohon qira nya BPK memeriksa PLN dsni ap yg terjadi koq slalu mati listriknya.

ERNI ERNIATI

Selamat sore bkp/ ibu PLN..saya pelanggan dan pemakai aliran listrik..mau minta informasinya ..apakah pelanggan yg blm bayar dibulan juni dan skrg sdh masuk tggl 4 juli ..itu sdh ada surat utk pemutusan listrik..mhn saya diberi informasi yang jelas.. karena setahu saya untuk setiap pemakai apa saja yg berbayar jadi pelanggan jika sampai bln 3 blm berbayar baru diadakan utk proses pemutusan… apakah ini sdh diluar ketentuan atau ada ketentuan baru sehingga kami sebagai pelanggn sangat kecewa….karena begi cepatnya untuk dilakukannya pemprosesan pemutusan….

Reni

Nah ini sama dng saya, parahnya tadi siang sy sudah di lunasi, lalu laporan ke call center 4 kali tapi amat sangat lambat dan sampe saat ini gak ada penanganan utk di normalkan kembali, sampe jam 10 mlm sy datang ke kantor pln tapi gak ada solusi!!! Saya amat sangat kecewa!!!

Yth. PLN, sudah 4 x lapor ke 123…(input token selalu gagal)..dari pagi petugas PLN sampai pukul 22.30, belum datang2… pulsa dah mau habis…, pelayanan lama dan mengecewakan…. ,
Tks. Arman, Green Andara Residence Blok D2-05,

Muhammad Dimas Pamungkas..

Selamat mlm.. mohon maaf saya ingin melaporkan.. bahwa ada pemadaman listrik di sekitar serpong dan sekitarnya.. dari tadi siang sekitar jam stngh 1. Saya juga sudah mencoba untuk telpon (123) namun tidak ada yg mu terima telpon dari saya. Alasannya castemer penuh.. saya telpon dari siang hingga sore seperti itu trs.. mohon segera ada tindak lanjut saya disekitar BSD TANGERANG SELATAN

Fani taju

Wàssalam…….salam sejahtera PT.PLN saya ingin mengadu dgan cara PLN cabang kawangkoan sulawesi utara….pertama sya sdah 1 thun rumah sya hnya pkai listrik 2 buah lampu 10 wtt tpi pembayaran 6 bln sekitar 800ribuan…itu ttap saya bayarkan….dan 6 bln terakhir sya harus bayar 600ribuan?????????……tpi sbelum sya bayarkan meter listrik sya sdah diputuskan dqn meter listrik sdh dicabut tnpa sepengetahuan saya.?????????……..pertanyaaan sya sprti inikah caranya,?????????….

Mohon.dibantu???

Diah

Mntk struk token pulsa listrik pada 2 akhir ini karena struknya hilang.. Dg nmr meter 50163082832

Meliana

tolong informasix kenapa sy tdk bisa beli pulsa padahal nomor tokenx sdh benar..mohon informasinya

Deny

Saya di jakarta pusat petamburan listrik saya habis dan ga bisa isi ulang token nya tulisan nya no id salah padahal no yg di masukan benar ..ini kenapa…

Dewi

Di Kotabumi Tangerang juga mati listrik, sudah sekitar 1jam. Minta tolong, secepat nya dinyalakan listrik nya ya, p.. anak anak sudah pada kegerahan. Tks

jafan

klender jakarta timur udah sejam lebih mati lampu, anak nangis mulu..

Larasati

Tolong dong pak rumah saya mati lampu dari jam 5 sore belum nyala” juga sampe sekarang soalnya saya punya anak kecil nangis terus karna gerah dan banyak nyamuk alamat rumah saya jln pesing koneng terima kasih tolong secepat nya nyalahin lampunya

epon

pak ko saya gk bisa isi tokeen ya udah bbrapa konter hampir 5 konter gak bisa juga

Wati

Mohon bantuan dong sy pengguna listrik pascabayar,, tumben2nya ini waktu sy input no token hasil gagal, setau sy no token tdk bs dpakai ulang padahal nominal 50rb, dan karna urgent sy beli lg dg nominal 20rb dan pas sy input gagal lg… Solusinya bagaimana dong, masak iya sy beli token tdk bs d input smua, apakah token ny yg g bs input atau meteran yg error… Tolong kasi sy solusi.. Trimakasi

Firmansyah

Tolong dong tempat saya mati lampu separo doang mohon d benar kan karna puny anak kecil kasian say d kapuk kebon jahe tepat ny jl h gebok

Gunawan

Saya pakai token ada yg aneh nominal pulsa saya tidak berkurang udah hampir 1bulan saya gak isi pulsa…saya tdk mau untung sendiri karna tdk perlu isi pulsa listriknya…tolong bagaimana cara mengatasinya….

Gunawan

Listrik di rumah saya token pulsa nominal nya tdak pernah habis masih segitu dan tdak berubah sama skli tolong antisipasi saya gak mau untung sendiri karna gak perlu isi pulsa listrik

Lukman

Saya ha bisa isi token alasan tertera diblokir sebab apa sauavga mengerti knp listrik token bisa diblokir

Dyah Triana Widyastuti

Selamat pagi… Saya pakai meteran listrik prabayar… Tapi kenapa tidak bisa diisi tokennya ya?…padahal listrik dah mati…

darmadi

Ini sudah kejadian yg kedua: meteran yg pakai token tidak bisa di-input pulsanya, gagal melulu … listrik mati, kan bisa kacau semua … gak bisa setrika, gak bisa ngecas hp, bahan makanan di kulkas bisa rusak …
mohon perhatian PLN … saya di komplek puspiptek blok IV M 5, setu, tangsel
kejadian 12juni2019

Winnyati

Saya mau Tanya dong, Saya isi token 100 kok masuk nya hanya 74 rb an, knp ya ?

ayoe

ini lucu hahaha //

Evaline

Tolong dong ini di daerah villa tekno serpong mati lampu dari jam 9 malam. Sudah 3 jam parah banget.. kacau ni pelayanan PLN !!! Saya punya bayi usia 0 bulan kepanasan tolong segera d nyalakan listriknya

081542103772 524531867252 32145847276 901129 2018

Adis

Sudah hampir 2 jam mati lampu di komp pertamina pondok ranji. PLN contact center tdk bisa dihubungi. Apakah PLN mati lampu juga???? Tlg ditanggapi ya PLN. Kasian anak2 kepanasan dan daging di kulkas bisa rusak.

Lia

Ini call center pln cuma ada 2 biji kali ya orangnya di telponin sibuk mulu. Sibuk apa males angkat woiiiii… Geraah nih gilaa!!!!!! nggak bisa tidur gue..

Kipas2 bambu 2000

Yg 5rb juga ada ukuran lebih gede

Agam

Tolong segera di perbaiki jika ada kerusakan.. Lampu di wilayah komplek pertamina pondok ranji ciputat timur dan sekitarnya masih padam.malah wilayah pondok cabe jl talas sebelah kampus UT juga padam,

Rudy Dewanto

Listrik mati lbh dari 1 jam di Bintaro 3A. Telp ke 123 sibuk terus. Kapan listrik ntala lagi. Tidak ada pemberitahuan sama sekali. Saya di ruko victorian bintaro. Tlg beri jawaban secepatnya.

Dhey

Mati listrik lama bgt .. di hub gak bisa call centre nya kasian ank2 nih

Hadi

Tolong segera nyala kan listrik yg padam ,di daerah rempoa ciputat timur ,, kasian anak saya yg bayii

Riki pratomo

tolong PLN bs nyalakan listrik yg mati,, daerah Abdul Wahab rawa buaya. kasian anak sy ini kepanasan

puput idr

daerah cipayung ciputat mati lampu dh lumayan lama…tlg dong dpercepat klo ada perbaikan…punya bayi neh

Eva

Iya sdh hampur 1 jam listrik mati st cb telp pln ngg ada nada dering langsung putus apa ngg ada nomer lain buat lapor

Rudy

Mati lampu di rw 11 pondok pinang

Claudia

Tolong dong direspon telf nya ! Mati lampu daerah kp.utan ciputat keseringan ! Sebulan bisa sampe 8x ! Ini skrg udh mati lg dan pln gabisa dihubungi !! Tolong yaa..ini nyusahin banget !!

Agam

Iy nyusahin..

Echa

Susah dihubungi layanan gangguan pln, jawaban mesin penjawab semua customer service bagian layanan sedang melayani ..giliran dibutuhin aja susahnya minta ampun

Agam

Betul

Neolize

Apa coba di daerah jaksel malah mati lampu disaat seperti ini

Fachrul rachmandani

maaf kenapa tiap minggu ada aja mati lampu di daerah sidogiri kenapa? Meski musim hujan maupun kemarau tiap minggu ada aja mati lampu Tolong cari permasalahannya

Nuryadin

Saya melaporkan untuk penggantian MCB pd kwh meter, krn 2 bulan sering anjlok meskipun masih di bawah batas maximum 1300w, namun sejak lapor ke 123 pd hari minggu 2 juni 2019, tak respon smpai saat ini no.lapora. 218 qm07. Mohon penjelasan.

Taji

Masa saya transaksi pulsa listrik 3x
Tulisanya berhasil. Tapi gk mau keluar nomer token nya gimana coba… harus kan ada pemberitahuan dari pihak PLN ya. MASA transaksinya sudah dibayar tapi belum keluar nomer token ya.. dari pihak PLN dihubungi gk aktif gimana coba

Iqbal

Dari kemarin tolen listrik ga bisa diisi ulang.mohon bantuan

Sri rohayati

Melayani masyarakat tapi nyatanya nol PLN mengecewakan, dari tadi malam TLP hingga sekarang ngak ada flow up apa

Amrul maulana

Lebaran kali ini harus kegelapan karena meteran belum terpasang.
Saya ada ambil perumahan tapi sudah 4 bulan belum terpasang listrik.
Apakah ada solusi supaya cepat terpasang itu meteran. Karena dari pihak developer sudah bayar kata ke PLN.