Call Center PKH

Call Center PKH – Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program bantuan sosial bersyarat untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan. Pemerintah Indonesia sendiri telah melaksanakan program PKH sejak tahun 2007 dan terbukti cukup efektif untuk mengatasi masalah kemiskinan kronis.

pkh

Pelaksanaan program KPH terbukti cukup efektif dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Dari bulan Maret 2017 – September 2017, terdapat penurunan angka kemiskinan dari 10,64% ke 10,12%. Hal ini membuktikan bahwa program bantuan sosial ini telah tepat sasaran dan tepat guna.

Sekilas Tentang PKH


Sebagai sebuah program bantuan sosial, PKH memberikan akses kepada ibu hamil, anak-anak, penyandang disabilitas, dan orang lanjut usia untuk bisa mendapatkan fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan yang tersedia di sekitar mereka. Melalui PKH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa memperoleh akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, perawatan, pendampingan, kebutuhan pangan, dan gizi.

Target PKH adalah masyarakat yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang meliputi ibu hamil, anak usia nol sampai 21 tahun yang belum menuntaskan program pendidikan 12 tahun, penyandang disabilitas, dan orang-orang lanjut usia.


KPM PKH wajib untuk mendaftarkan diri dan memanfaatkan fasilitas kesehatan dan pendidikan yang tersedia. Di bidang kesehatan, KPM PKH wajib untuk melakukan pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemenuhan asupan gizi, serta imunisasi bagi anak balita. Di bidang pendidikan, KPM PKH wajib untuk mendaftarkan dan memastikan bahwa anggota PKH hadir di satuan pendidikan untuk jenjang dasar dan menengah.

Call Center PKH


Untuk semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi, maka Pemerintah Indonesia membuka layanan call center PKH sebagai tempat untuk menampung aduan, keluhan, dan aspirasi dari masyarakat.

Layanan call center ini diharapkan bisa meningkatkan keefektifan penyaluran bantuan sosial non tunai kepada masyarakat baik dari segi ketepatan waktu, sasaran, dan jumlah.

Apabila Anda ingin menghubungi layanan pengaduan PKH, Anda bisa menghubungi call center PKH melalui nomor telepon berikut ini:

  • Call Center PKH
    1500229
  • Email Pengaduan
    pengaduan@pkh.kemsos.go.id

Alamat Kantor Pusat:

Kementrian Sosial Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya No. 28

Jakarta – Indonesia

Telp: 021 – 3103591

Fax: 021 – 3100470

4
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
uking sudirman

Assallamualaikum,,saya kpm pkh tapi tidak dapat lagi bantuan padahal komponen saya masih ada ,2SD ,1SMA,bagaimana ini,,,

Kita hrs bersabar dgn yg namanya bantuan pemerintah,krn yg dapat kebanyakan orng kaya.yg miskin hanya mendapat dengarnya saja,mana ada keadilan didunia ini,mau adil… tegakkan aj sendiri.kita hrs berdoa agar dibrikan kesehatan&rejeki oleh Tuhan,mau dpt bantuan pemerintah???(mimpi)

Munarsih

Asalammualikum. Saya Ibu munarsih dari kab. Bogor kecamatan ciomas desa sukamakmur rt: 002 rw: 005.. saya
. Ingin mengajukan bantuan pkh ini. Dari dulu belum pernah dapat bantuan. Saya punya anak sekolah smp. Saya minta tolong ajukan bantuan pkh ini. Suami saya sudah almarhum. Terima kasih

Yanti

Assalamualaikum nama saya Yanti ber alamat kampung simpang 3 desa senanghati kecamatan Malingping kabupaten Lebak propinsi banten.yaya pak sudah pernah dapat PKH tapi saya sekarang tidak dapat lagi .dulu saya masih di kampung cipangaur desa rwganis kecamatan Cigudeg KB Bogor dulu saya dapet setelah saya pindah pin nya sama no rekeningnya tidak di kasih oleh pengurus desa rwganis.kc Cigudeg saya hanya dapat ateemnya saja