Call Center PKH

Call Center PKH – Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program bantuan sosial bersyarat untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan. Pemerintah Indonesia sendiri telah melaksanakan program PKH sejak tahun 2007 dan terbukti cukup efektif untuk mengatasi masalah kemiskinan kronis.

pkh

Pelaksanaan program KPH terbukti cukup efektif dalam menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Dari bulan Maret 2017 – September 2017, terdapat penurunan angka kemiskinan dari 10,64% ke 10,12%. Hal ini membuktikan bahwa program bantuan sosial ini telah tepat sasaran dan tepat guna.

Sekilas Tentang PKH


Sebagai sebuah program bantuan sosial, PKH memberikan akses kepada ibu hamil, anak-anak, penyandang disabilitas, dan orang lanjut usia untuk bisa mendapatkan fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan yang tersedia di sekitar mereka. Melalui PKH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa memperoleh akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, perawatan, pendampingan, kebutuhan pangan, dan gizi.

Target PKH adalah masyarakat yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang meliputi ibu hamil, anak usia nol sampai 21 tahun yang belum menuntaskan program pendidikan 12 tahun, penyandang disabilitas, dan orang-orang lanjut usia.


KPM PKH wajib untuk mendaftarkan diri dan memanfaatkan fasilitas kesehatan dan pendidikan yang tersedia. Di bidang kesehatan, KPM PKH wajib untuk melakukan pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemenuhan asupan gizi, serta imunisasi bagi anak balita. Di bidang pendidikan, KPM PKH wajib untuk mendaftarkan dan memastikan bahwa anggota PKH hadir di satuan pendidikan untuk jenjang dasar dan menengah.

Call Center PKH


Untuk semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi, maka Pemerintah Indonesia membuka layanan call center PKH sebagai tempat untuk menampung aduan, keluhan, dan aspirasi dari masyarakat.

Layanan call center ini diharapkan bisa meningkatkan keefektifan penyaluran bantuan sosial non tunai kepada masyarakat baik dari segi ketepatan waktu, sasaran, dan jumlah.

Apabila Anda ingin menghubungi layanan pengaduan PKH, Anda bisa menghubungi call center PKH melalui nomor telepon berikut ini:

Alamat Kantor Pusat:

Kementrian Sosial Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya No. 28

Jakarta – Indonesia

Telp: 021 – 3103591

Fax: 021 – 3100470

Tulis Tanggapan