Call Center PDAM Surabaya

Call Center PDAM Surabaya – PDAM Kota Surabaya atau PDAM Surya Sembada Surabaya adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertugas mengelola dan mendistribusikan air bersih untuk seluruh warga kota Surabaya. PDAM Surabaya dahulu merupakan perusahaan yang dikelola oleh Hinda Belanda, dan kemudian statusnya berubah menjadi BUMD seiring dengan kemerdekaan Indonesia.

pdam surabaya

Sejarah PDAM Surabaya


PDAM Surabaya sudah mendistribusikan air minum sejak tahun 1890. Pada saat itu, air minum diambil dari sumber mata air di Desa Purut, Pasuruan dengan menggunakan mode transportasi kereta api. Untuk meningkatkan efisiensi dan memperbanyak saluran air minum, Carel Willem Weijs, membangun sistem saluran air minum di Pandaan, Pasuruan. Pekerjaannya meliputi pembangunan sumber mata air, tempat penyimpanan air (reservoir), dan pipa untuk saluran air. Pembangunan baru selesai setelah 2,5 tahun, dan secara resmi diresmikan oleh Pemerintah Hinda Belanda pada tanggal 8 Oktober 1903.

Status kepemilikan Perusahaan Air Minum baru beralih ke Pemerintah Republik Indonesia pada 1950. Setelah itu pada 1976, status perusahaan resmi menjadi Perusahaan Daerah. Dan, pada tahun 1978, status perusahaan secara resmi berubah menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang kita kenal sampai sekarang.

Dari masa ke masa, PDAM Kota Surabaya selalu meningkatkan kapasitas distribusi air dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) untuk memenuhi kebutuhan air minum yang meningkat dari tahun ke tahun.


Distribusi Air Minum


Wilayah distribusi PDAM Surya Sembada tidak hanya mencakup wilayah Kota Surabaya tetapi juga ke kota-kota lain seperti Sidoarjo, Gresik, dan Pasuruan.

Per tahun 2016, PDAM Surabaya telah melayani 547.819 pelanggan yang terdiri dari:

  • Perumahan: 502.124 pelanggan
  • Pemerintah: 1.239 pelanggan
  • Perdagangan: 38.089 pelanggan
  • Industri: 404 pelanggan
  • Sosial Umum: 3.794 pelanggan
  • Sosial Khusus: 2.163 pelanggan
  • Pelabuhan: 6 pelanggan

Menurut data PDAM Kota Surabaya, jumlah penduduk yang terlayani adalah 3.127.782 dari total 3.274.687 penduduk. Jadi, rasio pelanggan yang terlayani adalah 95.51%.  Rasio terlayani akan terus ditingkatkan sampai ke angka 100% sehingga semua masyarakat telah terlayani dan dapat menikmati air bersih.

Call Center PDAM Surabaya


PDAM Surabaya selalu menjunjung tinggi tingkat pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu, setiap permasalahan yang sedang dihadapi oleh pelanggan akan ditangani dengan sebaik-baiknya. Jika Anda ingin menyampaikan pengaduan atau sedang mengalami permasalahan terkait penyaluran air, maka Anda bisa menghubungi PDAM Surabaya melalui telepon (call center) email, SMS, atau datang langsung ke kantor pusat perusahaan.

Bila Anda memiliki pertanyaan atau sedang mengalami masalah seperti:

  • Lupa nomor pelanggan
  • Air mati
  • Tagihan naik drastis
  • Ingin memasang baru
  • Ingin bertanya tarif air
  • Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Langsung saja hubungi call center PDAM Surabaya. Berikut ini nomor telepon customer service PDAM Surabaya:

  • Call Center PDAM Surabaya 24 Jam Bebas Pulsa
    08001926666
  • Call Center PDAM Surabaya Jam Kantor
    031 – 2926666
  • SMS Center
    08123316666
  • Email Customer Service
    humas@pdam-sby.go.id

Alamat Kantor PDAM Surabaya:

PDAM Surya Sembada Surabaya

Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 2

Surabaya – Indonesia

Telp: 031 – 5039373

Fax: 031 – 5030100

Email: humas@pdam-sby.go.id

45
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Rahayu

Bulan Oktober 2019 tagihan PDAM saya sebesar74. 400 knp tagihan bulan ini menjadi 205.500 mengapa kenaikan lebih dari 50℅ mohon konfirmasinya

Josephine

Saya barusan pindah rumah dan beberapa bulan ini saya lupa membayar iuran PDAM. Apakah memang tidak ada surat peringatan terlebih dahulu, langsung ambil meteran PDAM sehingga semua aktifitas kami dirumah terhenti?

Evelyn

Infonya gara2 pembangunan di yos sudarso.. mati tidak tau sampai kapan…padahal kalau dari siaran Suara Surabaya bbrapa waktu lalu, daerah kami tidak terdampak.. tapi ternyata, air mati juga di perum wisata semanggi wonorejo rungkut… kalau begini rasanya kami gak perlu alun2…kami perlu air.. tidak bisa bekerja tidak bisa mandi tidak bisa beraktivitas normal… tolong donk pemkot.. hidup kami sudah lelah dan susah…tlg jangan di tambahi lagi dengan yang begini begini..

heni

saya mau menanyakan mengenai pdam mati sampai kapan ya, soalnya kami butuh air untuk mandi, cuci baju, dan dibuat untuk keperluan sehari – hari, kami juga tidak punya sumur dan tidak punya tandon air jadi sulit untuk beraktifitas.
Rumah saya daerah tembok lor.

Minta tolong untuk segera diperbaiki, dan segera di respon keluhan kami.
terima kasih

NB : Saya telpon PDAM kok sulit ya, baik telp call center dan tlp kantor PDAM nya.

sulis

Saya minta konfirmasi dan informasi klo daerah gubeng masjid dan sekitarnya air pdamnya mati sejak tadi pagi,,sampai berapa hari airnya mati karrena kita klo ga ada air yang mengalir gman kita msh pnya bayi ??????tlng gmna nihhhh pak ???????jangan sampai terlalu lama pak klo mati airnya

Susan

Koq d panjang jiwo air mati gak ad pmberitahuan lagi..mana pagi” lg wktunya org beraktivitas

Emanuel

PDAM kawasan Menur 2b kok mati ya,. Mohon tanggapan PDAM yg menangani daerah terkait…

Sulis

Air dari PDAM dari wilayah Carikan IV , kelurahan Alon-alon contong mati total selama 2 hari ini , mohon perhatian dari PDAM untuk segera melancarkan debit air PDAM utk kepentingan warga Surabaya.

yakin

Daerah tekbok dukuh air mati dari kemaren ginama ini

Ronj

Sama…Sudah mati total 4 hari,daerah kedung rukem kedung doro tegalsari,
Bagaimana cara mengatasi .?
“Air Sumber Kehidupan”

Tolong divisi terkait segera di respon dan di tindak lanjuti.
Terima Kasih

Sari

Sejak 1 juli di daerah jagir sidomukti gg 5, air pdam keluarnya sedikit,bahkan ada beberapa rumah yang airnya mati pet. Ini kenapaaaa??? Apa imbas dari bocornya pipa di dekat DTC?? (Dari berita jawa pos senin 1 juli) kalo memang ada perbaikaan pipa bocor, kapan air lancar kembali?? Mohon info,boss pdam.

Elok

Daerah Bendul merisi…air mati mulai kemarin… Gimana ini?

Sentot

Air kheeerrrrruuuuhhhh, sudah seminggu daerah manukan loka
Kayak teh dan banyak pasir, kenapa ini bos pdam???

Azzahra

Minta tolong kepada PDAM… daerah jemur andayani airnya mati, sudah mulai pagi…saya bolak balik telp gak ada yg angkat, cuma mesin penjawab aja

terus gimana……………..
kalau ada gangguan, kita harus telp dimana …ke nomor telp berapa …..
agar telp diangkat dan direspon

Eko Budi Utomo ST

Mau menanyakan nomor pelanggan saya(NINUK HARIYANI,DRG.M.KES), karena Sudah 2bln tidak ada penarikan retribusi dari mas2 yang biasa narik di perum griya airlangga,wonorejo selatan-rungkut,bisa di informasikan via email

Kikin

Ada pipa pdam bocor di Manukan wetan,jalan sikatan lebar depan SMK dharma bahari. Mohon di perbaiki

willy

mau menanyakan nomor pelanggan saya,karena catatan saya terhapus, apakah bisa diinformasikan by email

sugeng

Air mati udh 3 hari ditambak asri kembang turi

Dian Maritin Sugondho

Kenapa PDAM di daerah Benowo ( Perum Dreaming Land D3 ) sering sekali airnya tdk keluar. Bbrp hari mati, trus kl keluar jg sangat kecil sekali debit airnya.Padahal tagihan tiap bln sll ada. Sampai saya hrs membeli air tangki yg hrs di supply dr kantor PDAM, itupun berbayar. Tolong solusi secepatnya krn sangat vital buat aktivitas. Terima kasih.

vito

Pak tolong di benahi saluran pipa pdam sememi jaya gg 9A jangan hanya diam saat ad kebocoran

Effendi

Sekali-kali Pak Direktur PDAM Surabaya bisa coba layanan Call Center PDAM Surabaya 24 Jam Bebas Pulsa
08001926666
◾Call Center PDAM Surabaya Jam Kantor
031 – 2926666
pengen tahu tanggapan Pak Direktur PDAM Surabaya? apakah call center tsb, cukup memadai untuk menerima telepon dari Pelanggan

Tio

Kami pelanggan air PDAM
ditempat kami Surabaya barat (wilayah Sememi jaya II,IV ,jl. Ry moroseneng dan sekitarnya mengalami aliran air macet,mati hampir 1 bulan ini,warga -pelanggan air PDAM banyak berkeluh-kesah, bahkan malam hari biasanya hidup , tdk normal/mati, kadang2 hidup aliran air nya namun kecil banget..
Mohon kepada pejabat yang berwenang segera untuk menindaklanjuti laporan tsb
disatukan sisi tagihan Air PDAM setiap bln lancar dan aktif, namun dari segi pelayanan nya sangat mengecewakan..
!!!

CV Nurfath Consultan

Kami pelanggan air PDAM wilayah Surabaya barat ( tempat kami Sememi jaya IV, jl. Raya moroseneng) dan sekitarnya..
Sdh hampir satu bulan ini pelayanan aliran air ditempat kami tidak normal, sering mati, bahkan biasanya malam hari hidup, sering mati, keluar namun aliran air nya kecil banget
Mohon pejabat yang berwenang untuk menindaklanjuti, atas banyaknya keluhan warga , pelanggan air PDAM diwilayah kami
Mengingat tagihan Air PDAM setiap bln lancar dan aktif , namun pelayanan nya air PDAM sangat memprihatinkan…!!!

Siti maryam

Sebulan ini di daerah kalimas baru 2 tidak lancar, sering mati. Tolong kembalikan seperti semula

Siti maryam

Sudah saru bulan ini air di rumah saya tidak keluar, padahal di gang sebelah lancar

devita ayu

Ini di simo gunung 1 juga mati call center 24 jan di tlfn juga ga bisa. Masa iya call center hanya mengenal jam kerja ? Kalau keluahannya, matinya hari libur gini gimana yaaa?

Maya

Air mati daerah bumiarjo… Kpn hidup lg…

Anang

Daerah simomagerjo airnya gak mengalir gimana nich, pelayanannya diperhatikan dong?

Ika Maya

Air pdam banyu urip kidul hitam & bau seperti air kali, bagaimana bisa buat mandi & memasak ??? Pdam tolong segera perbaiki kualitas airnya, bayar tagihan tiap bulan telat sehari aja di denda. Ini kualitas airnya gak bisa dipakai rugi buang2 berapa kubik air percuma saya

Widya

Ada perbaikan PDAM di area Kedung rukem dan sekitarnya.sampe sekarang yg belum kelar..tetapi kenapa airnya keluar seperti air comberan/ dan bau dan tidak bisa.dipakak untuk mandi…mohon solusi dan harap segera ditindak lanjuti…terima kasih.

Euis hendrawati

Air mati dr kmrn di wilayah rejosari pesantren gang 3,jurang kuping, Benowo
Butuh air bersih, harap segera ditindak lanjuti

Fitri

Pdam air kpn nyala mati gk ada pemberitaan musim hujan kok air mat

Ahmad

PDAM mati total area Kelurahan GunungAnyar Tambak
Sejak 8 Desember 2018.
Mohon cepat diperbaiki.. Suwe gak ados Boss

Anawati

Saya sdh 4 bln ini meteran tdk diperiksa tetapi oleh pihak yg mencatat di setiap bulannya ditagih 35 M3, Mohon tanggapan dr pihak PDAM. Terima kasih

Ratih kurniawati

Air pdam drumah saya selalu mati padahal sebelah / tetanga saya nyala trs mohon penyeselaiannya

tan violina

gimna ini call center 24 jam pelayanan pdam, dr pagi smpai malam sya telp ndk diangkat. pelayanannya buruk sekali. saya mw tanya aja susah sekali. infonya pdam gmna apakah airnya keruh dan bau smpai ada 6 hari kog tdk ada tindakan. tolong diperhatikan didaerah sutorejo.

Indah

Mohon pemberitahuan jika ada pemadaman air kepada bapak-bapak,ibu-ibu yang terhormat jajaran petinggi PDAM kota Surabaya.

Dyah

Aduh.. Kpn ini air bs hidup lg? Tlg segera ya pak untuk wilayah kertajaya…

yanti

ini gimana ya, PDAM kok gini amat. saya dari DPRD dan lagi menerima tamu dari luar negri. daerah wonokromo air mati tanpa pemberitahuan. di telfon juga nada sibuk. maunya di bikin ribut ta? mohon perhatiannya YA!!

Lia

Air mati dr pagi dan ditelpon sibuk terus, gmn ini????

Dhika

Kacau PDAM ini.. Buruk sekali pelayanannya.. !!!!!

Inge

23 nov 2018
Air mati g ada pemberitahuan
Telp g ada yg angkat …
Sdh 1 jam telp suibukkk trs !!!
Maunya pdam surabaya ini gmn ???

Dhika

Sama, air di rumah saya juga mati ga ada konfirmasi

Suyoni

Lupa hotel padam Surabaya suyoni jln raya dukuh Pakis no 53b belakang

Suyoni

Lupa no pelanggan suyoni alamat jln raya dukuh Pakis no 53b belakang