Call Center PDAM Surabaya

Call Center PDAM Surabaya – PDAM Kota Surabaya atau PDAM Surya Sembada Surabaya adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertugas mengelola dan mendistribusikan air bersih untuk seluruh warga kota Surabaya. PDAM Surabaya dahulu merupakan perusahaan yang dikelola oleh Hinda Belanda, dan kemudian statusnya berubah menjadi BUMD seiring dengan kemerdekaan Indonesia.

pdam surabaya

Sejarah PDAM Surabaya


PDAM Surabaya sudah mendistribusikan air minum sejak tahun 1890. Pada saat itu, air minum diambil dari sumber mata air di Desa Purut, Pasuruan dengan menggunakan mode transportasi kereta api. Untuk meningkatkan efisiensi dan memperbanyak saluran air minum, Carel Willem Weijs, membangun sistem saluran air minum di Pandaan, Pasuruan. Pekerjaannya meliputi pembangunan sumber mata air, tempat penyimpanan air (reservoir), dan pipa untuk saluran air. Pembangunan baru selesai setelah 2,5 tahun, dan secara resmi diresmikan oleh Pemerintah Hinda Belanda pada tanggal 8 Oktober 1903.

Status kepemilikan Perusahaan Air Minum baru beralih ke Pemerintah Republik Indonesia pada 1950. Setelah itu pada 1976, status perusahaan resmi menjadi Perusahaan Daerah. Dan, pada tahun 1978, status perusahaan secara resmi berubah menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang kita kenal sampai sekarang.

Dari masa ke masa, PDAM Kota Surabaya selalu meningkatkan kapasitas distribusi air dengan membangun Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) untuk memenuhi kebutuhan air minum yang meningkat dari tahun ke tahun.


Distribusi Air Minum


Wilayah distribusi PDAM Surya Sembada tidak hanya mencakup wilayah Kota Surabaya tetapi juga ke kota-kota lain seperti Sidoarjo, Gresik, dan Pasuruan.

Per tahun 2016, PDAM Surabaya telah melayani 547.819 pelanggan yang terdiri dari:

  • Perumahan: 502.124 pelanggan
  • Pemerintah: 1.239 pelanggan
  • Perdagangan: 38.089 pelanggan
  • Industri: 404 pelanggan
  • Sosial Umum: 3.794 pelanggan
  • Sosial Khusus: 2.163 pelanggan
  • Pelabuhan: 6 pelanggan

Menurut data PDAM Kota Surabaya, jumlah penduduk yang terlayani adalah 3.127.782 dari total 3.274.687 penduduk. Jadi, rasio pelanggan yang terlayani adalah 95.51%.  Rasio terlayani akan terus ditingkatkan sampai ke angka 100% sehingga semua masyarakat telah terlayani dan dapat menikmati air bersih.

Call Center PDAM Surabaya


PDAM Surabaya selalu menjunjung tinggi tingkat pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu, setiap permasalahan yang sedang dihadapi oleh pelanggan akan ditangani dengan sebaik-baiknya. Jika Anda ingin menyampaikan pengaduan atau sedang mengalami permasalahan terkait penyaluran air, maka Anda bisa menghubungi PDAM Surabaya melalui telepon (call center) email, SMS, atau datang langsung ke kantor pusat perusahaan.

Bila Anda memiliki pertanyaan atau sedang mengalami masalah seperti:

  • Lupa nomor pelanggan
  • Air mati
  • Tagihan naik drastis
  • Ingin memasang baru
  • Ingin bertanya tarif air
  • Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Langsung saja hubungi call center PDAM Surabaya. Berikut ini nomor telepon customer service PDAM Surabaya:

  • Call Center PDAM Surabaya 24 Jam Bebas Pulsa
    08001926666
  • Call Center PDAM Surabaya Jam Kantor
    031 – 2926666
  • SMS Center
    08123316666
  • Email Customer Service
    [email protected]

Alamat Kantor PDAM Surabaya:

PDAM Surya Sembada Surabaya

Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 2

Surabaya – Indonesia

Telp: 031 – 5039373

Fax: 031 – 5030100

Email: [email protected]

Tulis Tanggapan