Call Center OJK

Call Center OJK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah institusi pengawas lembaga keuangan yang mengatur, mengawasi, dan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Sebagai lembaga pengawas, OJK bertugas untuk mengendalikan lembaga-lembaga keuangan sehingga tercipta suasana yang adil, transparan, dan bermanfaat bagi masyarakat.

ojk

Sejarah Lahirnya OJK dan Upaya Mencegah Krisis Ekonomi Berulang


Nama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mulai menyeruak pada tahun 2011. Inilah lembaga yang bertugas menjadi “wasit” untuk mengawasi sektor jasa keuangan, seperti pasar modal dan perbankan maupun sektor jasa keuangan nonbank seperti dana pensiun, asuransi, lembaga pembiayaan, maupun lembaga jasa keuangan lainnya. Mengapa lembaga ini penting dihadirkan di Indonesia?

Anda mungkin masih teringat bagaimana krisis moneter 1997-1998 yang meluluhlantakkan fundamental ekonomi negeri ini. Ketika itu, salah satu penyebabnya adalah lemahnya sistem perbankan di Indonesia. Saat kurs rupiah anjlok, utang valas perbankan pun meningkat. Di sisi lain, terjadi peningkatan kredit macet. Hasilnya, perbankan pun kesulitan likuiditas.

Akhirnya, pemerintah pun mengucurkan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) untuk membantu menyehatkan industri perbankan. Namun, hal itu tak cukup berhasil dan terjadilah krisis moneter. Kondisi semacam itu yang berupaya dicegah oleh OJK agar tidak terjadi. Atas niat dan tujuan tersebut, maka pemerintah memutuskan untuk membentuk OJK sebagai regulator sektor keuangan.

Lembaga ini dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang OJK. Upaya pembuatan UU itu dirintis oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sejak akhir 2011. Baru pada tanggal 22 November 2012, UU tersebut disahkan. Kemudian, lembaga independen ini mulai resmi berfungsi sejak 31 Desember 2012. Lembaga ini bertugas menggantikan peran, tugas, fungsi, dan wewenang Badan Pengawas Pasar Modal serta Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Komandan OJK dan Pasukannya


Muliaman Darmansyah Hadad terpilih sebagai Ketua Dewan Komisioner OJK yang pertama pada 26 Juni 2012. Sebagai ketua, dirinya didampingi oleh Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto, serta para anggota Dewan Komisioner yakni Nelson Tampubolon, Nurhaida, Firdaus Djaelani, Ilya Avianti, dan Kusumaningtuti Sandriharmy Soetiono.


Berselang hampir sebulan kemudian, tepatnya pada 20 Juli 2012, Dewan Komisioner OJK ini diambil sumpahnya oleh Mahkamah Agung. Ketika itu ditambahkan dua anggota yang merupakan perwakilan dari Kemenkeu dan BI. Mereka adalah Ani Ratnawati dan Halim Alamsyah. Di periode kepemimpinan OJK pertama ini dibangunlah fondasi dasar organisasi ini. Selain membentuk struktur organisasi, mereka menyiapkan pegawai, infrastruktur, dan anggaran. Sebanyak 936 pegawai dari Bapepam-LK beralih status menjadi karyawan OJK. Selain itu, mereka juga menarik 82 pegawai dari BI.

Berselang lima tahun kemudian dilakukan pergantian pucuk pimpinan OJK yang baru. Pada 8 Juni 2017 tepatnya, anggota DPR memilih anggota Dewan Komisioner OJK periode 2017-2022. Terpilih sebagai ketua adalah Wimboh Santoso. Sementara sebagai wakil ketua adalah Riswinandi. Lalu sebagai anggotanya adalah Ahmad Hidayat, Heru Kristiyana, Nurhaida, Hoesen, dan Tirta Segara.

Peran dan Prestasi OJK


Sejumlah prestasi mencolok berhasil dicapai OJK. Di tingkat internasional, lembaga ini berhasil meraih Global Inclusion Award 2017 untuk regional Asia dan Pasifik pada 3 Mei 2017.

Di samping itu, OJK juga berperan dalam membekukan sejumlah lembaga yang dalam operasionalnya dianggap melanggar. Seperti pada 10-13 Maret 2014, lembaga ini mencabut ijin empat perusahaan modal ventura yaitu PT Ventura Overseas Capital, PT Diamond Jaya Multifinance, PT Artha Nusa Sembada, dan Freeport Finance Indonesia.

Yang cukup fenomenal adalah ketika pada bulan November 2016, OJK membekukan Pandawa Group. Koperasi tersebut diperkirakan berhasil menghimpun dana masyarakat sebesar Rp 3 triliun dengan kedok investasi bodong.

Call Center OJK


OJK, sebagai regulator sektor keuangan di Indonesia, memiliki misi untuk menciptakan kondisi keuangan yang sehat, stabil, dan adil. Tentunya, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan semua hal tersebut. Masyarakat dapat turut serta membantu OJK dengan melaporkan kegiatan lembaga keuangan yang berpotensi menyimpang. Misalnya, ada suatu lembaga investasi yang menawarkan bunga yang sangat tinggi. Ini menjadi salah satu indikator, apakah lembaga keuangan tersebut sudah diregulasi oleh OJK atau belum. Berikut adalah nomor telepon call center OJK:

  • Call Center OJK
    1500655

Alamat Kantor:

Otoritas Jasa Keuangan

Gedung Soemitro Djojohadikusumo

Jl. Lapangan Banteng Timur 2-4

Jakarta – Indonesia

Telp: 021 – 29600000

Call Center: 1500655

 

37
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Masari

Apakah PT anugrah sinar timur terdaftar di OJK

Munandar

Mau tanya pak,, apa HIPO itu resmi atau legal

sumiati nurhidayah

nama ig nya
@pinjaman_reall_nyata_trusted05
saya banyak bukti buktinya pa
malah ig saya d blok

sumiati nurhidayah

Assalamualaikum
pa tolong segera berantas situs Ig AKUN PINJAMAN ONLINE
saya sendiri yang terkena penipuan jutaan pa 🙁
saya banyak bukti” nya pa
supaya pelaku jera pa

Tolong aplikasi pinjaman online di internet/Indonesia di hapus trutama yang ilegal dan bunga yang tidak wajar.mohon dengan sangat terutama aplikasi pinjaman online PANDAN saya ada bukti2 bahwa lebih dari 3 adminnya mengancam dan kata2 kasar..tolong jangan di anggep sepele karena data diri dan identitas takut di salah gunakan..trimakasi

Selamat malam pihak OJK saya bukan melapor lagi tapi minta tolong.saya di ancem dengan kata2 kasar dan identitas peribadi saya mau di sebar luaskan karena keterlambatan satu hari dompet saya hilang dan sudah bikin laporan ke pihak yg berwajib untuk bukti kehilangan..tapi depkolektornya ttp ngancem saya pinjaman online aplikasi PANDAN..SAYA Ada bukti2 nya..tolong dengan sangat.

Assalamualaikum selamat sore.mohon maaf menganggu tolong hapus aplikasi kreditQ dan Kredinesia
Dan tolong sekali lagi hapus aplikasi reliance syariah aplikasi ada email tapi ga ada respon sama sekali tolong hapus datanya semua dari internet dan hapus semua data datanya

Alfiah

Kpd ojk tolong aplikasi tunai cerdas itu d tindak lanjuti ya krn aplikasi ini mengancam kpd peminjam utk menghubungi smua kontak kluarga.
Tlng ojk d tutup saja aplikasi tunai cerdas n taipen buah jg ojk.
Mereka bahaya membaca smua kontak yg ad d kontak peminjam.
Tlng ya ojk d tindak lanjuti secepat’y.

Emil

Aplikasi HiUANG/RupiahNow dan aplikasi MAS PRIORITAS bukan nya mengancam peminjam, tapi malah mengancam semua kontak, bukan hanya kontak darurat.. bahkan aplikasi tersebut bisa membaca chat WhatsApp, mengakses sosial media.

Mohon OJK tindak tegas 2 aplikasi ini..
Karena 2 aplikasi ilegal ini berjalan sudah lebih dari 5 bulan, tapi tidak ada tindakan sama sekali dari OJK terhadap kedua fintech ilegal ini.
Terima kasih

Muhammad chuzaini

Pihak ojk yg saya hormati… pt mandiri finance indonesia tidak punya etikat baik. Cicilan saya sudah lunas 5 bulan yg lalu sampai sekarang bpkb belum di kasihkan.

Robertus Adi H

Selamat malam ojk salah sejahtera.
saya ingin menambahkan soal pinjol KSP RUN KILAT dan fintech yg illegal lainnya. Mohon segera disikapi secara tegas dan dibekukan. Karena perlakuan mereka tidak seperti manusia. Apakah mereka takut keburu ditutup ojk, kemudian bertindak seperti itu. Untuk finctech yg terdaftar seperti Kredit Pintar, KreditQ penyelesaian bisa dibicarakan dengan sopan

Suryanto

Kridit pintar yang sering banyak neror juga cash cepat. Dan easy cash. Tolong OJK bertindak cepat. Sebelum ada korban lagi

Apriani ria savitri

Assalamualaikum,selamat pagi sy minta tolong kepada pihak OJK untuk mmbntu sy dlm menangani pnjol,sy baru telat 1 hari sdh semua kontak sy di sms tentang pnjmn sy,sy niat byr tp knp hrs smua kntk sy di sms dan di ancam akn segera menyebarluaskan data” dan foto sy di smua sosmed,bknny itu sma sj dgn pncemaran nama baik,sms dngn kata” kasar jg ,smua kntk sy di sms smpe org tua sy jg di sms,sy jg akn brtggung jawab dgn pnjmn yg sy pnjm,mohon dibantu dlm mslh ini.terima kasih .Wassalam.

Nely yanti

Bnr itu mt tlong pihak ojk utk segera menghapus aplkasi dana tercepat..kami pinjamkan, dan pinjamania.. awalnya mrka aksi tenor smpai 14 hri bgtu pengajuan berikutnya 7 hri secra tidak lngsung mereka telah mnjerat utang awal.. bgtu telat n bunga sudh ckup utk membayar hutg diaplikasi mereka mengancam menghubungi kontak yg ada di hp… Penagihnya ksr2.. mohon kpda pihak onk untk menindaklanjuti hal semacam itu krna dpt mencemarkan nma baik si peminjam..

Ade

Tolong segera ditutup semua pinjaman OL krn hanya merugikan masyarakat,bukan menolong. Disamping penagihan yg kasar,dan tidak beretika,mereka menagih membabi buta pd smua kontak.
Mohon kpd OJK segera ditindak jangan sampai lebih bnyk kerugian yg ditanggung masyarakat

Ade

Tolong segera ditutup semua apk pinjaman ol,,krn hanya merugikan masyarakat,bukan menolong.
Lindungi masyarakat kecil…
Segera ditindak jangan di ulur2 terus,kasian masyarakat

ayudiniie

terus gimna soal sebar data .
smua kontak saya di teror ditlp dn sms
smpe instragam dn fb di bajak .
ini sunggu menganggu smw kontak saya .
smpe temen” merasa terganggu krna dsms dn tlp .

ayudiniie

terus gimna soal sber data .
smua kontak di teror .
smpe instragam sn fb juga dihack .
parah bgt

Emil

Iya betul..
Mereka bisa mengakses sosial media..
Bahkan melihat chat WhatsApp kita

devy widjaya

Tolong pihak OJK yg terhormat buat pinjaman online yg ilegal di bekukan saya di ancam dan dikatain binatang sama dc uangkit dan keluarga saya jga udah di ancam semua foto di sebar luas kan dan kata”yg kotok jorok mereka lontar kan .. dmptku trs go-bantu, duit plus mereka kasar sekali dan saya juga screenshoot chat dan audio mereka.saya mohon ojk tolong bantu saya

Pujiroh

Tolong pihak OJK yg terhormat buat pinjaman online yg ilegal di bekukan anak saya di ancam mau di culik buat jaminan dan keluarga saya jga udah di ancam semua foto di sebar luas kan dan kata”yg kotok jorok mereka lontar kan .. seperti permata VIP dmptqu trs KSP run kilat duit plus mereka gak punya kasar sekali kenapa hrs bawa anak”saya tolong dong bertindak

ade

Run kilat sangat merugikan!
tolong semua apk ditutup aja,biar masyarakat aman

Eka susanti

Selamat siang kepada pihak ojk mohon untuk menindak lanjuti pinjaman online yang tidak ada aturannya ini salah satunya DMPTKU/kantongdarurat/megaekspres untuk di bekukan krn udh meresahkan ini org blm lagi lewat pembayaran baru jt tempo sudah seperti lewat jt di teror di ancam sampai foto anak saya di kasih ke saya sambil di ancam apakah itu diperbolehkan belum lagi semua kontak di sebarkan dan mencemarkan nama baik,saat itu blm lewat jt tempo sudah mau saya bayar kan ternyata sudah di sbarkan ke mana mana mohon pihak ojk untuk menindak lanjuti ini sudah tindakan kriminal sudah mengacam,tolong di tindak lanjuti agar negara… Lihat lebih banyak >>

Arief

Saya salah satu pengguna fintech. Saat saya blm dpt melunasi tagihan dikarenakan phk. Yg saya keberatan dlm hal ini fintech yg saya pakai mengakses seluruh kontak saya lalu menghubungi mrk satu persatu & dengan kasar menagih kepada mereka yg ada di daftar kontak saya diluar kontak darurat yg saya cantumkan.
Setelah say cek di daftar fintech resmi OJK mrk bs di bilang ilegal. & Melanggar ketentuan OJK.
Mohon kebijakan dr OJK ntk menanggapi hal ini

Stefi s sunarto

Sy slh stu korban,mrk mnwrkn lwt sms jumblh bsr,glirn sdh sy isi smua dta. Eh thu nya jumblh yg di ascc msuk ke rek sy ngk sprti yg kmi ajukn. Dn bungah nya sgt bsr. Ngk srsuai yg kmi trima.dn ada denda perhrinya. Yg msuk ke rek sy cman 600rtusn. Twrn yg msuk ke sms sy 3jt. Tpi ketika sy cek di apliksi pimjamanki, katanya yg bisa di ascc cma 800rb, msuk ke rek sy 600rtusan sja. Dn sy hrs kmblikn dri smnjk bln kmrin smpe skrg sdh berjumblh 2.44.100.knp sy blm bisa kmblikn sbd dna yg sy ajukn ngk… Lihat lebih banyak >>

abdul

banyak pinjaman online yg tidak terdaftar penagihannya tanpa etika,1aplikasi tpi pnya link puluhan.OJK nya kemana ya?

Emil

OJK nya not responding mungkin???

Feri saputra

Tolong ttup aplikasi uangkita bungga terlalu gde penagian y pun jg gha sopan .

Ruyani

Tolong tutup aplikasi pinjeman online ilegal karna bunga nya terlalu gdee telat 1hari bunga berjalan 40000 rb trus menyebar kan data” ke semuah kontak

Syofian hassori

Assalamualaikum pak. Saya mau tanya, orang tua ku sedang berhutang di bank dan di salah satu leasing yang masih tersisa beberapa bulan lagi. Yang saya mau tanyakan, apakah BI checking atas nama saya meskipun saya tidak sama sekali berhutang akan berpengaruh buruk dikarenakan orang tua saya yang berhutang di Bank dan leasing?

Hendra gunawan

Saya mau tanya..knp ktp atas nama hendra gunawan kena beklis

ADE MULTIFAH

Saya mohon pihak OJK dan LBH bisa menangani masalah bunga pinjol yg mencekik nasabah.saya minta dengan sangat hormat kepada pihak OJK dan LBH bisa menindak lanjuti.gara-gara tagihan debcolector yg tidak punya sopan santun selalu mengancam dan meneror keluarga saya.dan setiap hari selalu menyebarkan data pribadi sy ke semua kontak pribadi sy.sekarang orang tua saya sakit.pekerjaan saya jd terancam.pihak pinjol sudah mencorengkan dan mencemarkan nama baik saya.saya mohon dengan sangat hormat kepada bapak pimpinan OJK dan LBH untuk bisa menangani dan menindaklanjuti laporan saya ini.terima kasih

Bunga

Kantong sahabat…cara penagihan sdh dgn hinaan dan ancaman padahal baru hari itu jatuh temponya data langasung di sebar luaskan dgn kalimat penipu di setiap sms.. Ojk gimana ttg perlindungan konsumennya..ini sudah termasuk unsur pidana uud ite pencemaran nama baik dan penghinaan.. Niat mau lunasi tapi karna sudah di kasih begin.. Bgmn ya?? MASUK REK 600 YG MO DI BAYAR HAMPIR 1JT DLM 7 HARI.. Tapi hinaan dan pencemaran ini sampe kita kehilangan pekerjaan..

ADE MULTIFAH

Saya mohon pihak OJK pusat untuk menindak lanjuti pinjol yg selalu menyebarkan data nasah nasabah seluruh kontak pribadi…sy dan keluarga beserta rekan kerja yg menjadi korban.. setiap hari setiap menit selalu d teror dan di ancam…sy mohon pihak OJK bisa menyelesaikan masalah debcolector dari pinjol yg menagih dengan kasar dan ga punya sopan santun

andri harsono dasoeki

sy mau bertny apakah pinjman online amar bank mendapat ijin dari ojk,krn penagihannya hny telat 2bln disrh byr 3 bln jk kolektor yg datang.pinjman sy tersisa 5jt dan bln juni 2019 lunas

Rina dwi mulyasari

Sy setuju utk masalah punjaman online sangat mengganggu dan puncak smua kontak tanpa terkecuali suplier sy pun di sms suruh blg ke sy dept kolektor mau dtg.
Yg parah amarbank suruh sy lunasin swal klo mau pinjam lg..sampe2 bela2in pinjam lg supaya bs dpt pinjaman lbh, otomatis fokus satu ini malah ditolak sy makin terpuruk gara2 amar bank.

Mohammad Sumarna

selamat siang
mohon dikondisikan aplikasi aplikasi pinjaman online yang dalam penagihan sangat tidak sopan bahkan sampai mengancam dengan segala apapun…
trims….