Call Center Imigrasi

Call Center Imigrasi – Direktorat Jenderal Imigrasi adalah suatu badan yang memiliki tugas untuk merumuskan, menyusun, dan melaksanakan aturan-aturan yang berkaitan dengan keimigrasian Indonesia. Ditjen Imigrasi berada dibawah dan bertanggung jawab secara langsung ke Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

imigrasi

Sejarah Terbentuknya Ditjen Imigrasi


Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, mulai dari perkebunan, persawahan, hingga pertambangan. Pada zaman kekuasaan Hinda Belanda, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki daya tarik tinggi. Salah satu komoditi yang memiliki permintaan tinggi pada waktu itu adalah rempah-rempah. Indonesia, sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, menjadi jujukan negara lain sehingga banyak sekali warga negara asing berdatangan untuk masuk ke wilayah Indonesia.

Tepatnya pada tahun 1913, Pemerintah Hindia Belanda membentuk suatu badan yang dinamakan Sekertaris Komisi Imigrasi. Badan ini bertugas untuk mengatur dan mengawasi kedatangan orang asing. Oleh karena fungsi dan tugas Sekertaris Komisi Imigrasi yang semakin kompleks, maka dibentuklah suatu badan baru bernama Immigratie Dients (Dinas Imigrasi).


Sejak saat zaman pendudukan Hinda Belanda sampai era setelah kemerdekaan, badan imigrasi terus mengalami perkembangan hingga saat ini sudah menjadi lembaga baru yang dinamakan Direktorat Jenderal Imigrasi. Dari waktu ke waktu, Ditjen Imigrasi terus melakukan revisi terhadap peraturan-peraturan yang sudah ada disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Peraturan yang sudah dibuat/direvisi kemudian dituangkan di dalam Undang-Undang.

Fungsi Dan Tugas Ditjen Imigrasi


Ditjen Imigrasi memiliki kewajiban untuk mengatur dan mengawasi segala sesuatunya yang berhubungan dengan keimigrasian. Bidang yang diatur oleh keimigrasian adalah sangat kompleks, mulai dari pengawasan orang asing yang akan masuk/keluar Indonesia, status kewarganegaraan, administrasi visa, sampai penyelesaian hukum jika ada seseorang yang melanggar peraturan keimigrasian.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita semua sebenarnya cukup sering berhadapan dengan hal-hal keimigrasian. Contohnya adalah saat pengurusan paspor. Paspor adalah produk dari Ditjen Imigrasi yang berfungsi sebagai identitas jika kita bepergian ke luar negeri. Apabila kita ingin pergi keluar negeri, maka syarat wajib adalah kepemilikan paspor. Baru setelah kita memiliki paspor, kita bisa mengurus Visa.

Call Center Imigrasi


Ditjen Imigrasi beserta seluruh kantor cabang siap melayani Anda semua. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait hal-hal keimigrasian atau jika Anda ingin menyampaikan saran atau keluhan, Anda dapat menghubungi call center Imigrasi melalui nomor telepon berikut:

  • Call Center Imigrasi
    021 – 5225029

    021 – 5225028
  • Email Ditjen Imigrasi
    [email protected]

Bila Anda ingin menghubungi kantor-kantor cabang Imigrasi sesuai wilayah Anda, bisa mengunjungi Daftar Alamat & Telepon Kantor Imigrasi Seluruh Indonesia

Alamat Kantor Ditjen Imigrasi:

Direktorat Jenderal Imigrasi

Jl. H. R. Rasuna Said Kav. X-6 No. 8

Kuningan – Jakarta Selatan

Indonesia

Telp: 021 – 5225029, 021 – 5225028

Email: [email protected]

2
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Hana

Slmat malam, klw sya ingin k india apakah perlu visa? Dan apa2 sja persyartannya?