Call Center Dukcapil

Call Center Dukcapil – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) adalah lembaga negara yang memiliki fungsi untuk merumusukan dan melaksanakan kebijakan dalam hal kependudukan dan pencatatan sipil sesuai dengan peraturan undang-undang. Dari sisi kelembagaan, Dukcapil berada langsung di bawah Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

dukcapil

Tugas & Fungsi Dukcapil


Pada dasarnya, Dukcapil melakukan perumusan, pelaksanaan, dan pegawasan kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil. Perumusan berarti membuat kebijakan-kebijakan baru yang bermanfaat bagi masyarakat. Pelaksanaan berarti proses melakukan kebijakan yang telah dirumuskan. Dan yang terakhir, pegawasan berarti mengawasi bagaimana berjalannya kebijakan tersebut.

Setiap proses mulai dari perumusan, pelaksanaan, dan pengawasan merupakan proses yang penting dan krusial. Satu proses terkait dengan proses yang lain. Proses perumusan dilakukan secara hati-hati sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Pelaksanaan juga dilakukan secara efektif dan terstruktur. Oleh karena itu, Ditjen Dukcapil memberikan pengarahan dan pelatihan kepada pelaksana tugas sehingga proses kependudukan dapat berlangsung dengan baik.

Yang tidak kalah penting adalah proses pengawasan. Pengawasan tidak berarti hanya mengawasi jalannya proses kependudukan dan pencatatan sipil tetapi juga memproteksi data kependudukan itu sendiri. Ditjen Dukcapil memastikan agar data-data kependudukan masyarakat Indonesia aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Proteksi ini meliputi pengamanan database di server Dukcapil.

Produk Dokumen Ditjen Dukcapil


Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sudah sangat awan dengan produk dokumen kependudukan seperti: Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan lain-lain. Dokumen-dokumen tersebut merupakan hasil dari kebijakan Ditjen Dukcapil.

Salah satu produk Dukcapil yang terkenal adalah e-KTP atau KTP Elektronik. Produk KTP Elektronik ini menggantikan KTP lama (KTP lama menjadi tidak berlaku) dan dimaksudkan untuk mencegah pemalsuan data dan KTP ganda.


Struktur Organisasi


Ditjen Dukcapil dikepalai oleh seorang Direktur Jenderal dibantu oleh Sekertaris Direktur Jenderal. Di bawah Dirjen terdapat 5 orang Direktur: Direktur Pendaftaran Penduduk, Direktur Pencatatan Sipil, Direktur Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan, Direktur Bina Aparatur Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan.

Masing-masing direktur mengepalai direktorat yang terbagi sesuai dengan tugas masing-masing. Pembagian tugas ini diharapkan dapat memperlancar jalannya proses kelembagaan dan memudahkan dalam hal pengawasan.

Call Center Dukcapil


Untuk semakin meningkatkan tingkat pelayanan kepada masyarakat, Ditjen Dukcapil menyediakan layanan call center Dukcapil sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi terkait masalah kependudukan dan pencatatan sipil.

Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pengaduan melalui sarana call center ini.

Berikut nomor telepon layanan Dukcapil:

  • Call Center Dukcapil
    1500537

Sebagai tambahan informasi, pengaduan juga dapat dilakukan melalui pejabat dukcapil di wilayah setempat.

Alamat Kantor:

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Jl. Raya Pasar Minggu Km. 19

Jakarta Selatan – Indonesia

Telp: 1500537

108
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
anto

udah hampir sejam suruh nunggu sambil tekan angka 1, gak ada yg respons. Parah bener. Habis pulsa cman buat nunggu aja. Tolong lagi di perbaiki pelayanannya.

ini cs nya ada atau ga ada sih ? atau cuma simbol doang bisa tlp cs .. padahal cs nya ga ada ,,, capil tolonglah masyrakatnya dperhatikan,,, ket, mohon maaf cs km sdng terhubung dengan pelanggan lain, pdahal pelanggannya ga ada ,, jgn nipu donk ,,, telingah panas,, pulsa 100 rb habis,, kan buset

raymond tonissen

mohon bantuan dr pjabat saya minta tolong dibantu pmbuatan surat pindah dr jakarta selatan ke manado…tiker pesawar mahal sekali utk saya berangkat ke jkt…mohon hub saya di email saya tsb terimakasih sebelumnya

raymond tonissen

mohon bantuannnya
saya ktp jakarta selatan skrg saya tinggal dimanado sulut…sdh 3bln ktp saya hilang dicopet..skg saya mau urus surat pindah utk buat ktp dimanado tidak ada yg bisa bantu dr jkt…mohon bantuannya utk saya urus surat pindah dr jkt ke manado spy sy bisa dapat ktp lagi..mohon bantuannya…

Erwin

Saya mau buat akte kelahiran tapi persyaratan buku nikah orang tua saya ilang Gimana solosi nya

Erwin

Saya mau buat akte kelahiran tapi persyaratan buku nikah orang tua saya ilang,Giman solusinya mohon pencerahannya…

Indra

Saya indra warga Bekasi kota,
Saya sudah melakukan perbaikan data KTP tgl13/05/19,,
dan di Update oleh pihak capil bekasi. Hanya tunggu 2X24jam,,
maka data terUpdate,,
——Nyatanya ManaaaaaaaA——
Sampai hari ini tgl20/05/19,,
“””‘ Data belum terUpdate””””

**TOLONG DONG BPK PRESIDEN
YANG BARU MANTI,**

**Badan yang koreng di Obati**

Guok yon

D tlpon sampai telinga panas g di angkat!ktanya pelayananya bagusdan maksimal

amah

sya tlp gk ada yang anggakt apa pegawai di situ cuman ada satu
tolong donk di perbaiki sistem ya agar pelayanan ya bisa berjlan degan baik
uda gitu dari tahun 2018 lalu sya buat kk sampe sekarang blm terdaftar juga di kantr capil jkat barat

nyoman

saya mencoba menghubungi nomor telepon tersebut, tapi dari kemarin tdk bisa masuk…selalu sibuk.. apa agen nya cuma ada 1 orang ?

Siti nur hasanah

Pelayanan dukacapil kabupaten pulang pisau sangat lah buruk.. sudah jam kerja petugas percetakan e- ktp blm jua datang ini sudh dekat jam 9 pagi..tidak disiplin

Siti nur hasanah

Pelayanan dukcapil kabupaten pulang pisau kalimantan tengah g berkualitas masa sudah mau jam 9 pagi petugas belum ada ditempat kerja, saya nyempetin dari jadwal kerja saya untuk membuat e-ktp tapi pelayanan nya nol besar.
Lebih ditegaskan lagi peraturan jam kerja sop serta ketertibannya..

Yani ahyani

Ktp saya sudah jadi cuman no nik ktpnya gak aktip. Mau bikin atm gak bisa.

Pardi

pengurusan ktp elektronik
Pencetakan sudah satu bulan belum selesai alasan petugas mesin rusak

Riana

Hr ini saya urus wltp yg ilang dan mmg 2x dlm sbulan 2x …. mana ada org yg mau kecopetan…. tp knapa saya warga dki meminta pencetakan ektp saya yg ilang dr kelurahan johar baru di lempar ke kecamatan johar baru di lempar lagi ke walikota blok D lantai 2 dsana ketemu pak ute surat dr pospol hrs diganti ke.polsek… why kan pospol polisi2 juga knapa mrk gak percaya…. saya ngrasa ini kembali ke jaman dulu lgi…..yg main lempar …. apa mmg spt ini prosedur kerja pegawai kel dan camat nya… saya mhn ditindak lanjutin laporan saya ini krn kalo… Lihat lebih banyak >>

Nevy Afriani Putri

Waduh. Daerah kelurahan sukamaju depok juga e ktp gak jadi2 nih. Nikah udh hampir satu tahun gak punya ktp. Pemerintahan kurang tenaga kerja atau bagaimana? Atau banyak tenaga kerja yg lalai? Ktp itu perlu ya,tolong. Kalian pegawai pemerintah bisa haha hihi haha hihi. Kami yg digantung nasip ktpnya mau gimana2 juga sudah woy!

Endang sulistiya wati

Saya Endang, dari kabupaten Sampang Madura. E ktp saya sudah 3th tidak jadi. Awalnya sayabke kecamatan melihat data saya, ternyata foto dan sidik jari saya bukanmilik saya. Lalu saya minta reset dan pendataan ulang, sampai skg blm juga terealisasi. Sampai pada ktp saya sudah habis masa berlakunya. Padahal saya ASN yang harus memberikan data saya tiap tahun pada sisyem aplikasi ASN. Saya harus bagaimana?
Tolong responnya dong.
Kenapa nasib saya tidak jelas hanya katena ktp.
Bahkan akan memasukkan nama anak kedua saya saja sulit.
Segera respon ya!!!!!

Bontot

Kamu marah ya aku telp 24jam ga diangkat2

M P

Pulsa sampek habis gak ada yang ngangkat

hengky

btul skli itu.. sistem update capil bkin ribet.. sistem apa itu.. bknx mmprmudah malah bkin tmbh ribeett

Arief Munawar

Mau ngurus BPJS anak ke-3, trnyt data base online blm diupdate oleh Disdukcapil, akhirnya kmrn tgl 13-03-2019 ngurus KK baru di Disdukcapil Klaten, dan tny pd petugas, ktnya klo sdh dpt KK baru data base online otomatis terupdate…

Hari ink ke Ktr BPJS lg, dan trnyt sangat mengecewakan, data base online blm ada, akhirnya disuruh tlpn ke 1500537, tp dicb tlpn berulang2 gak bs msk. Pdhl kartu BPJS yg mau diurus sngt penting, krn anak ke-3 msk RS…

Klo sprt ini, gak usah sok2an pakai data base online segala, bikin ribet dan menyusahkan masyarakat klo akhirnya gak bisa bekerja profesional…

#kecewapadadisdukcapil

M P

Bener ditlp dari pagi sampek sekarang sibuk terus

Harist

Biasanya. Minta kartu bojs smntara di kantor bojs bisa dan itu berlaku di rumah sakit. Dalam bntu kertas yang dicap di kantor bpjs. Jadi walau blm ada kartu tdk apa2.

Salman alvarisi

Assalamualaikum warohmatullah,, maf pak, tolong KK saya yang baru di abdet

Feni kustiani

Saya sudah 2 kali telfon,minta di update untuk pengurusan bpjs. Atas nama Moh Wildan Munawar, nik 3271022109840010 no kk 3271020909150002 alamat bantar kemang rt 004/013 kel baranangsiang kec bogor timur. Tolong di update datanya,kel Baranangsiang bukan sukasari

Harie

di telp gak diangkat, pelayanan apa ini?

Ikawidia

Ktp saya hilang itu persyaratan nya apa ajah dan di persulit tidak.

Agustina

Buat surat kehilangan di kepolisian terlebih dahulu

Dian efendi

Ada anggota Keluarga baru Saya , bayi baru lahir umur hampir 2 bulan, saya urus KK utk memasukan anggota keluarga baru dan agar memiliki NIK, kemudian saya daftarkan bayi saya tadi ke bpjs kesehatan, tp tidak bisa, krn NIK tdk terdaftar di disdukcapil. Jd bagaimna solusinya.

Arin

Mana pelayanan buat masyarakat yg baik pak.. tolong ditingkatkan lagi pelayanannya jangan seperti ini..
Saya sudah buat ktp 5 tahun lalu dan sampai sekarang belum jadi.. kemarin melakukan pembuatan ktp lagi dan bilangnya blangko kosong.. alasan apa kayak gini terus.. emang kalau gak ada orang dalam buat ktp pun dibikin susah..

Sahat

Tugas & fungsi DUKCAPIL kurang bagus/ lamban. Masyarakat diwajibkan untuk mengurus data kependudukan. Data di KK ada tiga orang di data DUKCAPIL cm ada 2 orang

Agus tamin

Gimana ni pak no ktp dan nik gak singkron daptar kartu perdana no kk
1404010206140001 dengan nik 1404011104030005

Masrukhi

Nomor kartu keluarga saya belum diupdate dukcapil jadi gak bisa buat register simcard (3204280601150019)

Trisnawati Widjaja

Sy telpon call centre berkali-kali cuma disuruh tunggu terus masa sibuk terussedangkan pulsa kita sudah terpakai sekali menunggu pulsa habis minim 5 ribu ga ada hasil ga bisa bicara kita perlu bertanya masalah dokumen penting jadi bingung …gimana ya..sy mau tanya krn sy punya Akte Lahir msh jaman kuno th 59 dan msh nama china sedangkan di thn 68 ada peraturan ganti nama jadi kan Akte dan Nama di KTP beda sy mau buat Kutipan baru sesuai nama sekarang mau tau bisa tidak dan dokumen apa saja yg hrs disiapkan …dan kemana urusnya…usia sfh 60 th sek..tolong bantu info kl… Lihat lebih banyak >>

Muhammad paruk

Saya bikin KK sampai skrg ga’ online2.

Kumaini

Poto pada ktp saya pudar saya dari pati apakah saya bisa ganti ktp dikantar pusay

arsita

“mohon maaf, NIK dan No KK/NIK Kepala Keluarga tidak sesuai”
kenapa untuk mendaftar p3k tampilannya seperti itu?????

rara

thanks

Saya mao mengganti nama bpjs anak saya .. Ke nama yg sesuai di kkartu keluarga itu gmnA caranya.. Ya

Saya mao mengganti nama bpjs abak saya . Dr nama calon bayi ke nama sesuai di kk.. Itu gmna caaranya yaah..

Ikhsan wahab

Assalamualaikum
Saya Ikhsan wahab NIK : 1213210603960001
Sudh bikin ktp 2 thn yg lewat,, pas saya coba buat rekening tdk bisa
Dikarenakan data saya blm update

muhawin

sama saya juga..kenapa bisa begitu ya

jenal

Sama pak saya juga ..caranya gimna iyah

jenal

Saya juga begitu pak..caranya gimna iyah?

MUHAMAD HABIBULLOH

Assalamualikum
Mohon maaf, saya Muhamad Habibulloh. NIK : 6207021202900002.
sdh ganti KTP ketika pindah dari Kab. Seruyan ke Kab. Kotawaringin Barat tahun 2015 silam. Tp ketika saya verifikasi data, kok alamat masih belum ubdate ya…
Mohon di tindak lanjuti..

Tarmidi Tarmidi

Ktp saya sdh dr 2016 blm jd giliran minta blanko ktp eh ada calo 100 rb

Sinta siti sa'adah

Saya sinta dari kab. Tasikmalaya
Kenapa saya bikin ktp susah terus, pertama tidak ke detek dan pas cek iris mata ga ga bisa malah d suruh foto lagi jdi duplikat. Yg harus saya lakukan apa yah? Soalnya saya udah beberapa kali ke disduk Kabupaten. Mohon infonya terimakasih

adi putra

selamat malam saya Adi putra dari kota malang..mohon infonya kenapa saya mengurus kemparuan KK gk jdi2 ya.malahn kata orang kelurahan nya belanco nya hbis gitu jawab.apa itu bener apa gmn.mohon bantu nya..

Apa pembuatan kk baru .juga di perlukan akta nikah orang tua kita

Riang

Bagaimana ya membuat kartu keluarga sendiri

Susanto

Tolong dong, sy baru mutasi dri jkt ke bogor, saat ini NIK sy tdk terdaftar di sistem online dukcapil

Ramadan hamdani

Tolong bantuannya .KTP saya belum aktif mau bikin ATM gx bisa tolong secepatnya di aktifkan nik 3205420408970003 atas nama RAMADAN HAMDANI .TRIMA KASIH

Jailani

Kenapa Ektp saya tidak valid datanya dipusat Dukcapil

rafles pallo

mohon maaf tolong bantu karna nik sama kartu keluarga tidak falit
nik ;5371044207910005 atas nama yesti yulinda ala
kk ;5371010405120014

Muhammad asyhari

Ass. eKTP sudah jadi
Tp ketika ingin buka rekening niknya blum terverifikasi
Bagaimana ini

Mirza abdulrahaman

Ass. Selamat malam sy mau tanya sj sdh hampir 4 Bulan ngurus Surat pindah Dr ende flores k makassar, tpi knp tdk bisa terkonek data q ke Capil ende, ktax org d Capil makassar offline Terus, bgmn mau ki mengurus keperluan ta yg lain2 krna tdk Ada ktp..

salim

pe mar le nik dan no. kk tidak sesuai bolak-balik capil katax sudah diupdate pas dites tetap hasilnya sama dan z kecapil lagi sam hasilx mereka cuma jawab sudah diupdate ulg ternyata hasilx sama juga jadi, menurut saya duk krg kordinasi dengan pemerintah yang membuka lowongan cpns 2018