Call Center BKN

Call Center BKN – Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah lembaga negara non departemen yang memiliki tugas untuk merencanakan, memelihara, melaksanakan, dan mengawasi administrasi negara di bidang kepegawaian. Pada struktur kelembagaan, BKN dikepalai oleh seorang Kepala yang bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden. Di bawah Kepala, terdapat seorang Sekertaris Utama, Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, dan Deputi Bidang Pegawasan & Pengedalian Kepegawaian.

Pada dasarnya, BKN mengurus segala sesuatunya yang berhubungan dengan pembinaan kepegawaian seperti pengelolaan gaji pokok, tunjangan, pensiun, dan penerimaan pegawai negeri sipil.

bkn

Sejarah BKN


Lembaga kantor urusan kepegawaian sebenarnya sudah terbentuk sejak zaman pendudukan Hindia Belanda. Pada masa itu, terdapat 2 lembaga yang secara khusus mengurus administrasi negara tentang kepegawaian. Ada sebaagian pegawai negeri yang bekerja di bawah pemerintahan Hindia Belanda dan ada juga yang bekerja di bawah pemerintah Indonesia. Keadaan seperti itulah yang menyebabkan dibentuknya 2 lembaga kepegawaian yaitu: Kantor Urusan Pegawai (KUP) di Yogyakarta dan DUUP (Djawatan Umum Urusan Pegawai) di Jakarta.


Fungsi KUP dan DUUP secara garis besar adalah sama. Mereka bertugas mengurus, merencanakan, dan melaksanakan tata kepegawaian dan tata pensiun di Indonesia. Hal-hal tersebut termasuk pengurusan gaji, tunjangan, dan kesejahteraan pegawai.

Dalam perkembangannya, KUP dan DUUP akhirnya dilebur menjadi satu melalui Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1950. Seiring dengan peranan KUP yang semakin dibutuhkan oleh pemerintah, KUP akhirnya diubah menjadi Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1972. Dalam PP No. 32 Tahun 1972 tersebut tugas dan fungsi BAKN semakin dikembangkan menjadi lebih spesifik dan terorganisir.

Call Center BKN


Untuk semakin meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat, BKN menyediakan fasilitas call center dan fasilitas aduan sehingga masyarakat dapat dengan mudah menyalurkan aspirasinya. Untuk menghubungi CS BKN, Anda bisa menghubungi nomor telepon berikut:

  • Call Center BKN
    021 – 8093008
  • Email Customer Service BKN
    [email protected]
  • Bagian Hubungan Masyarakat
    021 – 80882815
  • SMS ke 1708 dengan Format: BKN (spasi) ISI ADUAN

Alamat Kantor:

Badan Kepegawaian Negara

Jl. Mayjen Sutoyo No. 12

Jakarta Timur – Indonesia

Telp: 021 – 8093008

Fax: 021 – 8093008

Email: [email protected]

Tulis Tanggapan