Call Center Pegadaian

Call Center Pegadaian – Sepak terjang Pegadaian dimulai jauh sebelum Indonesia merdeka. Bermula dari Pemerintahan Belanda (VOC) yang mendirikan Bank van Leening di Batavia pada tanggal 20 Agustus 1746. Bank ini merupakan lembaga keuangan yang memberi kredit kepada masyarakat dengan sistem gadai.

pegadaian

Sejarah Berdirinya PT Pegadaian


Saat Inggris menduduki Batavia, Bank van Leening dibubarkan dan rakyat mendapat kebebasan untuk membangun usaha sendiri dengan izin dari pemerintah daerah, yakni liecentie stelsel. Namun, cara ini dirasa kurang menguntungkan pihak Inggris, sehingga, sistem liecentie stelsel diubah menjadi patch stelsel. Berdasrkan sistem ini, izin pendirian usaha akan diberikan pada pihak yang bisa menyetor pajak tertinggi kepada Inggris. Namun, metode ini juga masih menimbulkan kerugian karena banyak penyelenggara dari pihak umum yang menyelewengkan pajak.

Pada saat Belanda kembali berkuasa, mereka memutuskan untuk memegang sendiri kuasa atas usaha ini. Sistem ini bernama cultuur stelsel. Hingga pada tanggal 1 April 1901, Belanda membangun perusahaan negara di Sukabumi, Jawa Barat. Ini adalah perusahaan pegadaian pertama di Indonesia. Hal inilah yang menjadi cikal bakal dirayakannya 1 April sebagai Hari Pegadaian Indonesia.

Pada masa kepemimpinan Jepang, kantor usaha dipindah ke Jalan Kramat Raya 132, dipimpin oleh Ohno San dan M. Sauburi sebagai wakilnya. Di awal kemerdekaan Indonesia, kantor kembali berpindah-pindah, dari mulai ke Kebumen, Magelang, dan kemudian kembali ke Jakarta.


Perkembangan Pegadaian Dari Waktu ke Waktu


Berdasarkan Kitab Undang-Undang Perdata Pasal 1150, Pegadaian merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memiliki izin untuk memberikan pembiayaan ke masyarakat berdasar hukum gadai. Masyarakat yang bermitra dalam pembiayaan akan mendapatkan beragam manfaat. Salah satunya, yaitu dapat memperoleh dana dalam waktu yang relatif singkat serta prosedur yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan kredit dari bank.

Dengan jangkauan yang luas, Pegadaian mampu memberikan pelayanan di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa produk pelayanan, di antaranya di bidang pembiayaan, logam mulia, dan penyedia jasa.

Bidang pembiayaan Pegadaian meliputi kredit cepat aman, kredit angsuran fidusia, kredit angsuran sistem gadai, dan kredit untuk UMKM dengan jaminan emas. Pembelian emas bisa dilakukan dengan sistem tunai atau kredit. Tersedia juga pilihan membeli emas dengan sistem menabung. Aneka jasa yang bisa dilayani, di antaranya pembayaran tagihan listrik, telepon, air, pembelian tiket kereta dan pengiriman uang ke luar negeri. Selain layanan tersebut, Pegadaian juga memiliki bisnis di bidang lain, yaitu hotel dan jasa lelang.

Call Center Pegadaian


Sebagai perusahaan pembiayaan terkemuka di Indonesia, PT. Pegadaian berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan layanan yang terbaik untuk semua pelanggan. Salah satu layanan yang disediakan perusahaan adalah call center yang dinamakan “Halo Pegadaian”. Melalui nomor call center tersebut, diharapkan semua pelanggan dapat mendapatkan informasi, menyampaikan saran atau keluhan, serta mendapatkan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Berikut ini adalah nomor telepon customer service Pegadaian Indonesia:

  • Call Center Pegadaian
    1500569
    021 – 8581162
    021 – 80635162
  • Email Customer Care
    customer.c[email protected]

Alamat Kantor:

PT. Pegadaian (Persero)

Jl. Kramat Raya No. 162

Jakarta – Indonesia

Telp: 021 – 3155550

Fax: 021 – 3914221

Email: [email protected]

Tulis Tanggapan