Call Center Pertamina

Call Center Pertamina – Pertamina adalah sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang minyak, gas, dan energi baru terbarukan. Sejak pertama kali didirikan pada tanggal 10 Desember 1957, Pertamina telah menjadi perusahaan migas nomor satu di Indonesia. Bahkan, Pertamina juga mendapatkan peringkat ke 230 dari 500 perusahaan terbesar di dunia (Fortune 500). Di sisi lain, lingkup area kerja juga dilakukan secara profesional dari hulu ke hilir, dari awal produksi hingga distribusi ke konsumen akhir. Tentunya, hal tersebut tidak dilakukan sendiri oleh Pertamina tetapi dengan menggandeng para mitra-mitra potensial.

Depo Pertamina

Bisnis Pertamina


Secara garis besar, bisnis Pertamina bisa dikategorikan menjadi hulu (eksplorasi & produksi) dan hilir (pengolahan & distribusi). Di bidang eksplorasi, Pertamina bekerja untuk mencari lokasi-lokasi baru yang potensial untuk dijadikan sumber eksplorasi baru. Setelah ditemukan lokasi potensial, Pertamina akan melakukan fit and proper test untuk mengetahui apakah suatu lokasi dapat dilakukan eksploitasi yang menguntungkan. Secara kasat mata proses untuk melakukan eksplorasi terlihat mudah, tetapi pada kenyataannya proses ini memerlukan waktu hingga bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan eksplorasi membutuhkan dana investasi yang sangat besar.

Di bisnis hilir yaitu di bidang pengolahan dan distribusi, Pertamina melakukan pengolahan terhadap bahan baku sehingga menjadi barang jadi seperti bensin, LPG, dan gas. Dari hasil pengolahan tersebut, Pertamina akan mendistribusikan ke depo-depo Pertamina, dan selanjutnya ke tempat distribusi akhir. Misalnya: SPBU (bensin) dan SPPBE (LPG).


Sebagai pionir di bidang bisnis migas di Indonesia, Pertamina juga memproduksi pelumas untuk retail dan industri. Pelumas Pertamina memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia dengan lebih dari 50% baik di segmen retail dan industri. Keberhasilan ini didukung dengan 7 jaringan sales region, 180 distributor pelumas, dan ribuan toko retail yang menjual produk pelumas Pertamina.

Anak Perusahaan


Pertamina memiliki sedikitnya 15 anak perusahaan yang mayoritas bergerak di bidang minyak, gas, dan pertambangan. Salah satu anak perusahaan yang cukup dikenal oleh publik adalah PT. Pertamina Geothermal Energy. Perusahaan ini bergerak di bidang eksplorasi energi baru berupa panas bumi. Geothermal atau panas bumi merupakan energi hasil interaksi antara panas yang dihasilkan oleh batu-batuan dengan air disekelilingnya. Berbeda dengan energi fosil seperti minyak bumi, energi geothermal merupakan energi yang dapat diperbaharui sehingga membuat geothermal sebagai energi pilihan untuk dipakai di masa depan. Pengembangan energi geothermal terus dilakukan oleh PT. Pertamina Geothermal Energy dengan terus melakukan eksplorasi dengan bekerja sama dengan partner baik di domestik maupun internasional.

Call Center Pertamina


Sebagai perusahaan yang mengutamakan layanan terhadap konsumen, Pertamina menyediakan layanan call center / contact center untuk menjawab semua pertanyaan, sebagai penampung kritik dan saran dari para konsumen. Di bawah ini adalah nomor call center Pertamina yang dapat Anda hubungi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu:

  • 1-500-000

Kode area tidak perlu dicantumkan baik menelpon menggunakan telepon rumah atau telepon seluler (HP).

Alamat Kantor:

Jl. Medan Merdeka Timur 1A

Jakarta 10110

Telp: 1-500-000

Email: [email protected]

286
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Lala prihatini

Lala prihatini

Lpg 3kg di situbondo sangat langka, sy pengecer punya tabung 100 sdh 1 setengah bln tdk di pasok sama pangkalan. Otomatis sy tdk jual. Knp lpg 3kg sangat langka? Kususnya di situbondo. Tlong jgn di persulit lpg 3kg. Gmn caranya agar sy bs jual lpg 3kg.

rama efrianto

kok gas 3 kg yg di jual untuk masarakat miskin harga jadi 30 rb pak? tolong di perhatikan ya pak…..di batu sangka

Yusti

Saya beli gas 3 kg di koperasi di bandung. (disegelnya pt hetherbas jl batununggal bandung 08122085541) baru mau dipasang, segelnya lepas. Saya pikir gpp, setelah dipasang ternyata isinya gak full, kurang 1 garis padahal baru saya pasang dan belum dipakai. Mohon bantuannya pak, krn ini sudah ketiga kalinya.

Ditha

Barusan petugas spbu ada yg memepermalukan saya. Spbu jln veteran surakarta jawa tengah. Saya antri tpi dia tidak mau melayani saya dan saya disuruh antri di tempat lain. Klo memang g mau knpa tdidak dari awal pas saya datang disuruh antri di tempat lain. Apalagi ada pengantri lain yg tertawa. Saya jadi tambah malu. Harusnya kan tdk membeda bedakan pelanggan. Saya tidak tau namanya. Namun yg bertugas hari jumat 7 desember 2018 pukul 14.30.

Muhammad saipullah

asslm pak. saya mau bertanya apa orang yg melangsir minyak membwa jerigen boleh d dulukan ..?
sedangkan antrian panjang . saya dan org2 laen ngantri lama dan panjang sedangkan org plangsir minyak baru datang bawa jerigen di dulukan .

seharus nya ngantri juga lah

Karini

Asslm pak….saya hanya ingin bertanya pak…?apkh agen gas boleh ngecer gas 3klo pak sm pembeli yg kusus utk pake pak bukn utk jual y pak??…sementara pedagang warung hanya di kasih 2 pak…kata agenx hrus beli tabung gas yg pink pak…utk bisa jual tabung,giliran kita beli katax habis pak…trus dia tak mau ngasih tabung utk kita jual pak…padahal saya bli tabung sama isi sm dia pak itu pun hrgax tak kurang dri 175 pak…dia lebih banyak ngencer dri pada jual sm orang warung pak…itu pun di encerx seharga 25 sm agen t pak…tlong lah pak gimana cra solusix yg baik pak..saya… Lihat lebih banyak >>

Yudi

Pelayanan pom bensin jl raya bogor km 19 sebelah alfamart karyawannya kurang sopan, atas nama ratnawati. Tadi pagi sekitar jam 7 an saya dilayanin dengan etika yg bisa dibilang minim. Padahal yg melayani saya (wanita ). Saya sudah ngantri dengan plang petunjuk sesuai arahan dr pom bensin tersebut namun ketika saya sdh sampai di dpn ingin isi premium dibilang alasannya plang blm di rubah…dan disrh antri lg beserta antrian mtr yg dibelakang saya jg…saya sdh ngomong baik2 dgn petugas tersebut knp tdk diarahkan dr awal. Namun petugas tersebut tidak pny tata krama atau berbicara yg baik dan benar kepada pelanggan..malah… Lihat lebih banyak >>

Harmy Sawitri

Lalu ketika sedang diisikan bensinnya, dan kepenuhan dy bukannya minta maaf malah marah marah. Dan berbicara sendiri ” iihh gimana sih gak kelihatan, gelap” saya biarkan saja karena saya positif thinking. Lalu pada waktu selesai isi bensin, motor saya tidak menyala dan posisi saya sedang dalam antrian. Apakah pantas saya ditegur dengan nada keras dan tinggi dari seorang petugas spbu yg masih belum karyawan? Dy menegur saya “cepetan dong antri nih dibelakang”. karena saya panik dan saya kesal saya balas senada dengan dy “sabar saya juga tau.” dy malah menjawab “bukannya ga mau sabar tapi kasihan yg dibelakang”. Apa seperti… Lihat lebih banyak >>

Harmy Sawitri

Kronologi nya bgni :
Saya pengendara mtor dan saya berboncengan. Saya ingin mengisi pertalite waktu itu antriannya bisa dikatakan banyak, ketika waktu saya dilayanin dengan seorang perempuan rambut pendek dan logat nya maaf (b***k) dan saya bilang “15ribu yaa mba” lalu dia menjawab “dari 0 ya” dan berbicara seperti itu saja sudah dengan nada kencang dengan wajah tidak senyum dan tidak sopan.

Harmy Sawitri

Pelayanan di SPBU belakang mall artha gading jakarta utara yg searah mall sangat buruk sekali. Tadi sore sekitar jam 10an saya dilayanin dengan etika yg bisa dibilang minim. Padahal yg melayani saya (wanita itu) masih belum karyawan dan pakaiannya hitam putih. Tapi entah kenapa ia menegur saya dengan cara tidak sopan. Apakah tidak di ajarkan 5S dalam training/OJT? Saya sebagai mantan kasir pun tau tata krama tau berbicara yg baik dan benar kepada pelanggan. Tapi kenapa ia menegur saya dengan tidak etis.

Kepada yg bewenang tolong diturunkan tim untuk spbu 6475205 dekat desa batuah loaojana km 80 disana banyak sekali pengetap menggunakan mobil minibus seperti panter, kijang, L 300 dll dgn bebasnya bolak balik mangisi bbm jenis solar smpai-sampai kita sopir yang ngantri semalaman tdk kebagian solar. Spbu 6475205 sepertinya bukan untuk umum tapi untuk para pengetap .

Arif

Untuk daerah banjarmasin, elpiji 3 kg selalu diborong para pengecer dan cepat banget habis padahal baru datang di spbu mohon ditertibkan lagi aturannya dan diperkuat

sumaryo

selamat siang, saya warga kab Penajam Paser Utara, prov Kaltim
mohon penjelasan kenaapa gas tabung 3kg harga di pengecer dijual Rp.25.000,- sampai Rp. 30.000,- itupun barangnya langka sudah hampir satu bulan, mohon penjelasannya dan tindak lanjutnya. tks

Arif

Ini seharusnya diperkuat aturan spbu nya biar pengecer gak ikut beli

Teguh

Saya mau bertanya, spbu sebelah kodam XII Tanjung pura kabupaten kubu Raya prov kalbar ada menjual premium tapi tengah malam dan itu yang beli orang yang menggunakan jeriken, apakah boleh dan apa aturannya. Kalau tidak boleh mohon ditindak, terima kasih sebelumnya.

Putra

Tolong di tindak SPBU 24 391 13 yg beralamat di jalan lintas curup bengkelumkm desa pekalongan, petugas SPBU memprioritaskan pembeli untuk di jual kembali di eceran, padahal saya cuma mengisi Rp. 100.000 untuk premium tidak di layani. Terimakasih

Poetra

Spbu gunung pangilun mencampur pengguna motor dan mobil disatu pompa sehingga membuat antrian panjang,seharusnya pompa pengguna motor dan mobil dipisahkan,lucunya petugas lebih menggutamakan motor ketimbang mobil padahal mobil lah yg membuat macet jalan krn antrian panjang,mohon ditegur agar memisahkan pompa motor dan mobil
Kode spbu : 14 251 507

Dayat

Mohon untuk di tindak lanjuti, oknum pengelola yg manipulasi jumlah bbm yg diminta di spbu By Pass No.km No.10, Kalumbuk, Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, saya pesan pertamax 20000 insert nya cmn 2000.dan pengelola malah membantah. Saya harap ada tindak lanjuti

Eka yuana

Mohon pengelola spbu bandara soekarno -hatta yg baru di jalan paramiter agar meningkatkan pelayana terutama karyawannya yg kurang cekatan dan ramah sehingga berakibat lamanya antrian walaupun cuma antrian 2-3 mobil..kami maklum mengenai SOP yg dilakukan dan jg banyak pembayaran yg dilakukan dng kartu debit….tapi sikap karyawannya itu yg kurang ramah dan cekatan dan seolah2 mengacuhkan kami sambil bercanda dan cekikikan…dan ternyata pandangan yg sam pun dialami oleh teman2 saya yg biasa mengisi di pom bensin ini…..mohon pengelola memperbaiki pelayananya demi kebaikan kita bersama

hendra wijaya

kelangkaan gas elpiji daerah palembang & kab musi banyuasin sudah terjadi dalam 1 bulan.kalaupu ada di pasaran harga mencapai 25.000 mohon tindak lanjutnya bagi pihak pertamina dan instansi terkait

hendra

kelangkaan gas elpiji daerah palembang & kab musi banyuasin sudah terjadi dalam 1 bulan.kalaupu ada di pasaran harga mencapai 25.000 mohon tindak lanjutnya bagi pihak pertamina dan instansi terkait

Tolong dicek sekarang bapa / ibu yg berwenang terhadap keluhan masyarakat tentang layanan.spbu.terutama di daerah kami dengan no seri spbu 6470704.tolong di utarakan masyarakat umum jangan.pelangsiran terutama bbm.jenis solar.mksh

Mohon di tinjau spbu no seri 6470704’kami masyarakat mengeluh dengan kegiatan pelangsir dan kegiatan pelangsir dilakukan bersama dengan operator spbu sendiri.sebagai masyarakat kami merasa dirugikan oleh kegiatan mereka karna kegiatan mereka dilakukan setiap hari.

Arif

Kebanyakan spbu kayak gini bener, harus ditindak lanjuti

Jatayu Eka salim

Saya mengirim sedang melakukan pengisian bahan bakar premium disana saya jumpai karyawan yang sedang menerima uang pungli dan yang mengisi minyak jeregen. Dan juga karyawan nya amat kasar yang menyiramkan bahan bakar di kaki saya. Saya mohon di tindak lanjut. Kejadian di spbu deblod sundoro tebing tinggi. Karyawan spbu atas nama riski. Saya merasa terancam dan tidak nyaman atas perlakuan dari karyawan tersebut. Saya mohon keadilan. Dan juga dia sering mengisi minyak jeregen.

Sarwedi

Pak mhn di Razia agen LPG 3 Kg Bersubsidi di Daerah Sibolga, Pandan dan Tapanuli Tengah, Propinsi Sumatra Utara. Tdk ada satu agen pun mnjual LPG3 Kg sesuai aturan yaitu Rp 18,000 / tabung. Semua agen mnjual LPG 3vKg Rp 20,000 – 25,000 / tabung. Tetapi tdk ada teguran dari dinas terkait. Bahkan ada agen nakal mnjual dgn ukuran bnyak ke agen Liar. Padahal shrs nya kn itu di jual Ke Rakyat.
Kl bpk perlu Data blh sy bnt
Mhn follow up nya.

Achmadi

Spbu 64.701.02 bbm jenis premium di langsir ke pengecer pada jam 10 malam mohon di tindak kasian masyarakat bila mengisi selalu habia

Yohanes

Kuis berkah energi kok servernya 2 hari trobel…g bisa di akses

Bobi

Saya mau mengisi bbm jenis premium di spbu no 14.251.522 disini saya ngantri terlalu lama disebabkan banyaknya pembelian dengan derigent sedangkan spanduknya sudah dibuat. Mohon ditindak tegas

Edy riyanto

Sy pengguna sepeda motor, sy tadi mau isi bbm jenis premium di spbu jl. Marsekal suryadarma.Neglasari Tangerang banten, tidak di layani dngn alasan pompa nya rusak, sedangkan pompa sebelah masih bisa di pakai, sy tanya bisa di isi pompa sebelah atau tidak, jawabnya nggk bisa karena khusus buat mobil dan itung itung nya jadi ribet kata petugasnya,,,
Sy merasa agak kecewa karena yg di layani hanya kendaraan roda 4 sedangkan sy pengguna sepeda motor kurang di prioritaskan sebagai bahan bakar untuk yg bersubsidi

Septi

Yg mau sy tanyakan lg,bukankah tabung gas elpiji yg 3kg itu subsidi dri Pertamina?…bukankah dlm 1 KK hanya bisa memiliki tabung gas yg 3kg itu 2tbung saja,jika memang itu BNR,knpa sy khususnya,konsumen jadi GK bs atau sulit utk membeli tabung tersebut yg hanya membeli 2 tabung saja dlm 1blnnya?…atau,pihak Pertamina cabut aja subsidi tabung gas yg 3kg itu,jika sy sbgai konsumen udah susaaah betul utk dpt membelinya,sementara para pedagang dan org warung sangat mudah utk membelinya sampai lebih dari 5 tabung…bukan hanya sy aja yg mengeluh,udh banyak konsumen lain pun yg mengeluh…mohon pihak Pertamina khususnya di bagian gas elpiji tabung… Lihat lebih banyak >>

Arif

Iya betul setuju saya

Septi

Saya konsumen tabung gas 3kg,saya mau protes k pihak Pertamina khususnya utk tabung gas 3kg,Krn sy GK pernah lg kebagian pembagian tabung tersebut..sedangkan,mereka org warung,pedagang2 bs dapat trs tabung itu setiap 2x dlm 1 mggu pengisian tabung gas itu di tmpt sy,dibengkulu kelurahan kebun heran kecamatan ratu samban..sementara si pemilik pangkalan,malah menantang Lo dia tidak takut jika ada konsumen ini yg melaporkannya..sy hanya butuh 1 tabung aja,GK setiap gas masuk di pangkalan itu,sy ngisi atau membelinya,paling,hanya 2x dlm 1 bln itu sy ngisi/beli tabung gas yg 3kg itu di pangkalan..malah,para pedagang atau org warung yg setiap x gas masuk di… Lihat lebih banyak >>

purwati mar'atus

Apa benar, bahwa tabung gas elpiji 3kg akan ditarik & ganti brigt gas?? Dan apa benar, konsumen regulator pertamina akan dapat brigt gas gratis??

Dorri

Tolong ditindak SPBU COCO KELOBAK KAB. KEPAHIANG yg mengisi pengisian JERIGEN solar dengan alasan memiliki HO. Padahal antrian sekarang untuk truk panjang. Saya bisa kirimkan video lengkap

ERIANTO FERIADI SIMBOLON

Tolong di tinjau spbu yg ada di kecamatan bagan sinembah kabupaten rokan hilir riau. Tepat nya di jln lintas riau sumut km 3 bagan batu. Mereka lebih mementingkan mengisi jirigen ketimbang kendaraan. Karna menurut info, dalam pengisian per jirigen, mereka meminta uang Rp.10.000. Sehingga kendaraan seakan di abaikan dan mengakibatkan antrian panjang.Terutama di bbm jenis premium.

Agung

Gimana proses jika truk Pertamina yang mengakibatkan insiden kecelakaan dan ada korban meninggal. Pertanggung jawabannya sampai mana ?

putri wulandari

saya mau isi bensin di pertamina andrico 142.62573 payakumbuh sumatra barat,,,
saya mau isi bensin tapi pertamina ini lebi mentingin isi jerigen dari pada mobil atau sepeda motor,,,
bensin masuk di pertamina ini cuma sekitar 3 jam setelah itu habis,,
jadi gimana cara nya kami konsumen yg biasa ni selalu gak kebagian bensin ,,,
tolong tanggapan nya ,,, terima kasih

Purwanto

Mohon tanggapanya kenapa spbu di sumatra mengutamakan ppengisian jurigen saya bawa fuso beli solar di spbu daerah jambi semua ndak mau melayani
Apa perlu di sidak langsung spbu nakal

rudianto

Tolong datang ke kecamatan Doloksanggul kabupaten bumbang hasudutan provinsi sumatera utara…
sebab disini ada oknum distributor nakal… yang hanya menjual kepada orang yangvakan menjual nya lagi dari pada kepada konsumen rumahan.. kejadian ini sudah lama sekali tolong direspon

Yurnalis

Apakah harga gas udah naik…..
Gas 3kg Di Sijunjung Udah mencapai……30rb

Morhotma Siahaan

Saya baru mengisi BBM sepeda motor di SPBU Oksan Nauli Basa Nomor 14.225.314. dan dilayani petugas Gani Hutagalung Saya tanya “bg, premium habis” Dijawab” Iya” Lalu sy isi pertalite rp.10.000,_ Sy curiga karena alat pengisian premium seperti baru pengisian Setelah isi pertalite, saya kembali lg dan ternyata benar petugas Gani mengisi premium kepelanggan setelah saya Lalu sy ikut antri dan mengisi premium rp.12.000, tp Gani tidak mau memulai dari nol dengan alasan lama dan ada antrean. Sy sempat berdebat ttg informasi Gani ttg premium habis dan awal pengisian harus dari nol, tp Gani tetap bersikeras dan langsung mengisi tangki sy… Lihat lebih banyak >>

Attar

Di pertamina an. Hj Najamiah di propinsi sulawesi barat kabupaten majene, pertamina ini lebih mengutamakan isi jergen daripada kendaraan karna satu jergen ada uang pengisian 5000 ribu per jergen, pertamina ini tidak buka 24 jam dan semau maunya buka, biasa sudah ada bensin premium tapi tidak langsung di buka, jadi mwnurut saya mensing di tutup saja ini pertamina.

Roy Hendra

Saya mengisi pertamax turbo dispbu Pekanbaru
13-282-604 dengan takaran liter 6.69 liter saya bayar Rp 85.000 dengan harga per liter sesuai struk dari operator 11.100 jadi saya komplain dengan baik keoperator pengisian bukan ditanggapi dengan baik malahan saya dapat caci maki mohon kerjasama terimakasih

Ilham

SPBU JL HR SOEBRANTAS PEKANBARU.Tgl 20 Oktober 2018 jam 9 malam sebelom isi bensin saya bertanya kepada karyawan an. Suhaimi 0813652766**.. mba struknya BISA..? Jwb karyawan tsb BISA.. saat pengisian tidak ada senyuman karyawan tsb tidak ramah.. setelah pengisian selesai saya bertanya mba struknya mana jwb karyawan tsb LUPA dan saya hampiri karyawan tsb menanyakan struk apakah ada struk manual karyawan menjawab tidak ada ,tetapi karyawan tersebut menjawab dengan nada ketus dan tidak sopan utk sebagai seorang karyawan dan tidak ada kata maaf dari karyawan tersebut ,setahu saya pembeli itu adalah raja ,baru kali ini saya beli bensin dapat pelayanan… Lihat lebih banyak >>

Briand

SPBU di palembang banyak,,, tapi tak ada nota pembelian,,,,

Briand

SPBU di palembang banyak tapi tak ada nota pembelian,

Sodik

Percuma banyak omong gk direspon sama sekali

Aurora

Kamis, 18 Oktober 2018 Pelayanan di SPBU 45.592.06 dengan karyawan bernama Yunita. S.P sangat tidak ramah, tidak ada senyum sapa salam dengan semestinya. Pelayanan terhadap pelanggan sangat tidak memuaskan. Karyawan tersebut lebih mementingkan mengisi bbm mobil terlebih dahulu dari pada kami pengendara motor yang sudah antri lama sekali. Kronologis kejadian tersebut yaitu kami pengendara motor antri di 1 sisi deret antrian pengisian bahan bakar karna sisi yang lain ditutup. Setelah mengantri lama datanglah mobil yg antri lewat jalur yang ditutup tadi. Setelah mengisi 1 motor, karyawan tersebut lalu mengisi mobil tersebut. Sontak para pengendara motor didepan saya sangat jengkel dengan… Lihat lebih banyak >>

ika mukia sari

Hari ini sayaa mengisi bensin di spbu pertamina anggun ayu, sawangan-depok, pelayannannya sangat sangat buruk dan saya kecewa sekali, saya gak tau nama mbanya siapa yang jelas dia kecil kurus berhijab,memang antriannya sangat panjang dan posisinya motor dan mobil digabung jadi satu antrian, ketika itu sayaa yang lebih dulu antri dibanding mobil itu, dan mbanya malah nanya ke bapak yang punya mobil tsb utk isi brp, dan saya bilang mba saya duluan kan yang dateng dan mva nya jawab dengan mukaa yang enggak enakk banger judes jutek ihh najis banget pokonya! “bentar antri yang sebelah juga antri”pikir saya lohh emang… Lihat lebih banyak >>

Heri enriko

Kenapa kami truk LPG 3kg dilarang ngisi bahan bakar solar di spbu sendawar bengkulu selatan.
Tlg penjelasannya.

Heri enriko

Kenapa kami truk LPG 3 kilo dilarang ngisi bahan bakar solar di pom spbu sendawar prof bengkulu selatan.
Tlg penjelasannya,

NenihFaridaFerdianti

Ada orang yg mengaku sbagai nahkoda pertamina,ia mmberi iming” pda ibu sya uang yg besar yg akan d transfer k rkening steLah ibu sya mngirim sejumLah uang,aya fikir itu pmerasan

Abi

Saran untuk pertamina, supaya bisa menjual lagi produk pertamax plus dengan nilai ron di range antara pertamax dan pertamax turbo, supaya kendaraan dengan spesifikasi bbm tersebut bs terakomodasi, karena gap nya terlalu jauh antara ron 92 dan 98, terima kasih