Call Center Pertamina

Call Center Pertamina – Pertamina adalah sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang minyak, gas, dan energi baru terbarukan. Sejak pertama kali didirikan pada tanggal 10 Desember 1957, Pertamina telah menjadi perusahaan migas nomor satu di Indonesia. Bahkan, Pertamina juga mendapatkan peringkat ke 230 dari 500 perusahaan terbesar di dunia (Fortune 500). Di sisi lain, lingkup area kerja juga dilakukan secara profesional dari hulu ke hilir, dari awal produksi hingga distribusi ke konsumen akhir. Tentunya, hal tersebut tidak dilakukan sendiri oleh Pertamina tetapi dengan menggandeng para mitra-mitra potensial.

Depo Pertamina

Bisnis Pertamina


Secara garis besar, bisnis Pertamina bisa dikategorikan menjadi hulu (eksplorasi & produksi) dan hilir (pengolahan & distribusi). Di bidang eksplorasi, Pertamina bekerja untuk mencari lokasi-lokasi baru yang potensial untuk dijadikan sumber eksplorasi baru. Setelah ditemukan lokasi potensial, Pertamina akan melakukan fit and proper test untuk mengetahui apakah suatu lokasi dapat dilakukan eksploitasi yang menguntungkan. Secara kasat mata proses untuk melakukan eksplorasi terlihat mudah, tetapi pada kenyataannya proses ini memerlukan waktu hingga bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan eksplorasi membutuhkan dana investasi yang sangat besar.

Di bisnis hilir yaitu di bidang pengolahan dan distribusi, Pertamina melakukan pengolahan terhadap bahan baku sehingga menjadi barang jadi seperti bensin, LPG, dan gas. Dari hasil pengolahan tersebut, Pertamina akan mendistribusikan ke depo-depo Pertamina, dan selanjutnya ke tempat distribusi akhir. Misalnya: SPBU (bensin) dan SPPBE (LPG).


Sebagai pionir di bidang bisnis migas di Indonesia, Pertamina juga memproduksi pelumas untuk retail dan industri. Pelumas Pertamina memiliki pangsa pasar terbesar di Indonesia dengan lebih dari 50% baik di segmen retail dan industri. Keberhasilan ini didukung dengan 7 jaringan sales region, 180 distributor pelumas, dan ribuan toko retail yang menjual produk pelumas Pertamina.

Anak Perusahaan


Pertamina memiliki sedikitnya 15 anak perusahaan yang mayoritas bergerak di bidang minyak, gas, dan pertambangan. Salah satu anak perusahaan yang cukup dikenal oleh publik adalah PT. Pertamina Geothermal Energy. Perusahaan ini bergerak di bidang eksplorasi energi baru berupa panas bumi. Geothermal atau panas bumi merupakan energi hasil interaksi antara panas yang dihasilkan oleh batu-batuan dengan air disekelilingnya. Berbeda dengan energi fosil seperti minyak bumi, energi geothermal merupakan energi yang dapat diperbaharui sehingga membuat geothermal sebagai energi pilihan untuk dipakai di masa depan. Pengembangan energi geothermal terus dilakukan oleh PT. Pertamina Geothermal Energy dengan terus melakukan eksplorasi dengan bekerja sama dengan partner baik di domestik maupun internasional.

Call Center Pertamina


Sebagai perusahaan yang mengutamakan layanan terhadap konsumen, Pertamina menyediakan layanan call center / contact center untuk menjawab semua pertanyaan, sebagai penampung kritik dan saran dari para konsumen. Di bawah ini adalah nomor call center Pertamina yang dapat Anda hubungi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu:

  • 1-500-000

Kode area tidak perlu dicantumkan baik menelpon menggunakan telepon rumah atau telepon seluler (HP).

Alamat Kantor:

Jl. Medan Merdeka Timur 1A

Jakarta 10110

Telp: 1-500-000

Email: [email protected]

389
Tulis Tanggapan

Terbaru Terlama Terpopuler
Afif

Kendaraan yang jenis bagaimana yang gak bisa isi BBM di SPBU

Afif

Maaf mau tanya

Aan Anur

Apakah truk tanki pengangkut kimia cair termasuk kendaraan yang tidak boleh memakai bbm bersubsidi…??

Nurlina Agustina

Tolong di daerah Majalengka kusuc nya kec Sumberjaya lg kekosongan gas LPG 3 kilo tlong di kontrol pendistribusian ny, sudah 3 pekan ini

Friza

Saya disini hanya ingin bertanya,
Isi LPG dari pusat apakah full

Gewol

Tolong inspeksi SPBU 44.57427, setiap pagi jam buka SPBU selalu melakukan penjualan premium di wadah jerigen, unt motor malah dibilang selalu habis….

Thoni

Tolong awasi penjualan LPG 3 kg di dasa Paya Pasir Kecamatan Tebing Syahbandar kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, sub agen LPG 3 kg di desa kami sering mengutamakan menjual gas kepada pengecer ketimbang masyarakat,alhasil masyarakat sering tidak kebagian gas. Apa itu tepat sasaran mohon pihak Pertamina Sumut mengambil tindakan.
Terima kasih

Rojes

Tolong di inspeksi SPBU 14241413..penjualan bensin bersubsidi lebih meutamakan untuk konsumen pedagang eceran BBM yg membeli pakai jirigen pada malam hari ketimbang kami konsumen yg beli langsung untuk pemakaian keperluan pribadi…sepertinya pihak SPBU 14241413 sengaja mengutamakan konsumen yg beli pakai jirigen karena mendapat keuntungan yg lebih besar…mohon tindak lanjut dari pertamina…trims

Edi

Sama kayak diprobolinggo ini pak , saya waktu mw isi bensin malah bilang habis , sedangkan orang yg beli pakek drum itu langsung ditangani , ada yg nimbun pakek panter juga pak

Alen rheskhi

Assalamualaikum kpd bpk direktur pertamina makassar yg terhormat:
Mohon tolong pengadaan pom pertamina spbu di gor sudiang krn kami rakyat gor dan sekitarnya merasa kesusahan kalau ngak ada spbu yg dekat ².
Mohon Perhatiannya Trimakasih.

Supriadi

Apakah pertamina mengadakan undian berhadiah.saya mendapatkan sms yg mengatasnamakan pertamina

jai junaedi

kalo udah ga mau jual premium di spbu jl dipatiukur tolong di tutup? soalnya saya ngantri berjam jam giliran saya ngisi di tutup gimana gak kesal padahal premiumnya masih ada ,alasannya sudah habis waktu buat di timbun!!!!!!!!!

Dhion

Saya ingin mengadukan soal pengantri siluman khusus nya premium yg semakin merajalela di daerah Pontianak
Kami sebagai konsumen untuk pemakaian pribadi terkadang tidak di beri utk membeli
Sedang kn motor/mobil siluman di utama kn
Krna operator serta petugas SPBU lain ny mndpat kn persen dari pengantri siluman.
Jadi saya mohon utk pimpinan Pertamina tertib kn lagi petugas2 nya yg gak benar.
Terima kasih

Saya ingin mengajukan pengaduan hari ini saya beli bensin mobil 40.000 di SPBU Antasari Bandar lampung (samping masjid) tidak naik sama sekali terus pas saya lihat tidak ada bensin yang masuk ke tangki, mbak mbak nya make jilbab tinggi nya kurang lebih 157 cm mohon untuk di peroses, karna teman saya juga pernah seperti saya tidak diisikan di SPBU yang sama kalau tidak di tindak nanti malah lebih banyak korban, Sekian Terima kasih.

Afdal

saya ingin mengadukan masalah pelayanan operator di SPBU 14251597 alamat bypass km 10, kuranji Padang; Kemarin tgl 18/06/2019 13:00 wib, saya mendapatkan pelayanan tidak ramah dari operator stasiun pengisian bio solar untuk mobil di spbu ini, mobil sudah saya posisikan di depan tempat pengisian dan memanggil operator perempuan di area pengisian, akan tetapi operator perempuan tersebut pergi ke tempat pengisian bbm motor. Setelah selesai mengisi bbm motor, sy kembali memanggil ny untuk mengisi tapi yg bersangkutan tdk menggubris dan hanya berdiri. Lama sy mengunggu dan operator tersebut hanya berdiri dan tdk kunjung mengisi bbm mobil saya. Akhirnya sy panggil kembali… Lihat lebih banyak >>

Lokasi wonocolo minyak untungnya besar tp minyaknya disuling.masyarakat .terus solarnya dijual pengepul2 tolong diproses.pk

Ali

assalamu’alaikum ..
saya ingin mengadukan masalah pelayanan operator di SPBU 34.42105; Pagi ini senin 17/06/2019 08:00 wib, saya mendapatkan pelayanan tidak ramah dari operator stasiun pengisian pertalite untuk motor di spbu ini, tanpa senyum tanpa sapa (tidak seperti iklan di tv), saya isi pertalite 25k dengan uang 50k, saya terima kembalian dalam bentuk pecahan uang 10k (1 lb), 5k (1lb)& 2k (5lb).
saya minta tukar uang pecahan 2k itu, operator (cewek) malah marah² ngomel.

Endang

Assalamualaikum,,ditempat sy daerah tangerang pt yg bekerja sama dengan pertamina bagian pembaruan tabung Gas apa tdk ada sop tentang pembuangan limbah sisa Gas nya ,,mohon untuk diberi tindak karena setiap hari lingkungan tercemar

Danny

Salah agen Elpiji di daerah saya Rancah.Kab Ciamis An H.Nunung (H.Amah) tiap hari gas untuk daerah setempat(Rancah) di jual ke luar wilayah,jadi lingkungan setempat gak ada..mohon di perhatikan.

Surianto

Assalamualaikum kpd pihak yg berwenang di pertamina.saya sebagai pemilik pangkalan di salasatu kota yg ad di sulsel,saya mau nanya pangkalan saya kok di putih kan sih (stop) sementara saya gak melanggar aturan yg sudah di terapkan oleh agen yg suplai saya.baru berjalan 1 tahun udah diputihkan tepatnya 2015/2016.mohon infonya.makasih..

Sanjaya

Assalamualaikum kpd bpak yg berwenang di pertamina ni saya sebgai rakyat biasa dan krja sbgai kurir di perusahaan.nii saya mau tnyak masalah bbm jenis premium kmrin siang saya berada di slah satu SPBU di balong sari Surabaya lhaa kebetulan saya mau ngisi bbm jenis premium . Tpii pd saat itu kita di tolak ntuk beli BBM jenis premium katane harus pnyak member lha sedangkan kloe mobil knp di layanii ap premium itu subsidi bagi orng yg kurang mampu ,kita sempat debat di spbu itu tpi kebijakan itu tetep kita gk bsa beli bbm jenis premium pak ,nii saya mohon kejelasan… Lihat lebih banyak >>

Hariyono

Sama seperti saya Pak, sy ditolak sama spbu arae kayun, premium hanya diperuntukan sama mobil2, apakah ini bener aturanya kayak gini, tolong ditindak.

Sriyono

Kpd bpk yg berwenang d gas elpiji tlg perbaiki sistim pangkalan elpiji d kec: kelapa desa: tebing kab: bangka barat. krn sy sbgai konsumen slu d buat kcewa stiap bli katanya hbis tpi kl tengkulak yg bli slu ada, apa emg ada kongkalikong d blik smua itu?… dan smua tengkulak gk tanggung2 jualnya yaitu pling murah 25ribu untuk gas 3kg..sy mhon dgn hormat tlg tndk lanjutin..

Nismul Hajir

Salah satu agen tabung gas lpg di kalimantan timur, muara lawa, kutai barat an : agen azis membagikan gas lpg tidak merata kepada pengecer atau cust,di mana pengecer di luar hubungan keluarga wajib membeli tabung 3 kg gandeng dengan tabung 12 kg, dengan harga 3kg : Rp. 27.000 , 12 kg : 160.000..hanya keluarga nya saja yang di beri hak jual ecer di atas rata2

Endang komalasari

Kemarin tanggal 09/05/19 di pom gondrong udik tangerang ada petugas pom yang bernama epi melakukan tindakan yang tidak punya etitut dengan membentak dan menyalahkana cust mohon ditindak lanjuti karena tlah membuat kekecewaan kepada cust

herlianto lie

saya warga bayung lencir kcw dengan spbu bayung lencir. karena tidak bisa membeli solar pakai jerigen. sedangkan yang mempunyai surat bisa membeli solar pakai jerigen..

Marhuraja tambunan

Harga elpiji 3kg berapa di pangkalannya pak dan kalau dijual Rp 18 000/tzbung bagaimana pak terimakasih

Sukandar

Percuma laporan juga kalau tidak di tindak lanjuti…. Bpk ibu yg terhormat yg pangkalan gas 3 kg di tempat saya lebih mahal lagi yaitu 20rb/tabung…

Andrian Gaspari

Saya warga kota Medan mau Melaporkan salah satu petugas SPBU Jl. Perintis kemerdekaan No.28,perintis,Medan timur,kota Medan, Sumatera Utara 20234 yang saya tahu dia bernama Ari melakukan pelayanan yang sangat buruk karena kesalahannya dia sampai berani memukul helm saya dan mengajak berantem malam ini, kejadiannya sekitar pukul 07.00 tanggal 1 Mei 2019 saya memohon kepada pihak Pertamina agar memecatnya karena dia sangat mengecewakan saya, saya tidak tahu harus melapor kemana saya memohon secepatnya di peroses dan ditanggapi.

Jepri

Saya warga
Kecamatan penarik, kabupaten mukomuko bengkulu, mau melaporkan tugas pertamina SPBU KJS, KETIDAKSOPANAN,TIDAK RAMAHAN,DAN MEMAKI KONSUMEN,, UNTUK MENDAPATKAN SP/ TEGURAN… Pelayanan yang tidak baik…

Etika

Saya warga desa Lembak kab.muara Enim,mohon tanggapan atas kebocoran pipa gas (kondensat).sdh hampir seminggu ini kami mengalami keluhan sesak nafas krna bau tajam dari kebocoran pipa tsb.terkhusus utk ank2 bayi dan balita.apakah tidak ada tindakan utk mengatasi ny?? Memang kemarin sdh ad yg meninjau k lapangan tetapi bukan ny hilang bau ny tapi malah tajam.mohon di tanggapi segera,jangan sampai jatuh korban gara2 hal ini.

Susan

Hari ini saya mengisi bbm di pertamina gunung pangilun.. Padang Pelayanan nya sangat tidak ramah.. Cara menatap tajam, perkataan kasar seperti sedang tidak ingin kerja tapi di paksa..
Tolong di beri dispensasi pk/buk ..
Saya jadi tak enak hati apa lagi dia perempuan..
Perempuan berhijab pakai. masker . Pertalite jam 09.00

Refnizal

Percuma melapor takkan di tanggapi

Sukandar

Betullll banget

Deni gopindro

Spbu arahan 23.314.04
Saya pagi tadi sktr jam 9 pagi mau isi bbm pertalite tetapi saya mau minta nota Karna untuk claim dikantor, pihak spbu tidak mau memberikan nota kejadian ini setiap kali saya mau isi bbm, tolong di evaluasi…
Terima kasih

Roni F

Saya antri di spbu cikoneng 34.46.205
Saya sudah bersabar, nunggu petugas isi pertalite menggunakan Jerigen. Ada 10 jerigen.
Pas bagian saya, ternyata masih mempeioritaskan Jerigen2 yg belum diisikan. Masa saya harus nunggu lagi.
Saya langsung ga jadi isi.
Tolong ditertibkan.
Hari ini 13 april 2019
Jam 09.37
Operatornya 2 orang laki2.

Dedy

Sy mau melaporkan hr ini td jm O8 pagi sy mau membeli bensin denga uang recehan dua ratusan rupiah jmlah 4rebu dngn 5ratusan jmlh 6rebu yg dua ratusan nya dtolak alasan bank tdk mau nerima…gmn nih tolong pa sy cm tkng ojeg
Spbu nya nmr 34.44106 munjul cilawu garut

Agista

.Saya mau melaporkan operator spbu yg ada di area setro/ menganti gresik jawa timur
Hari ini tgl 11 april 2019 kamis malam jam 22.30
Saya beli bensin di area tersebut baru mau ambil uang lalu sama operator di suruh pindah tempat kesebelah dan si operator tadi ganti isi ke lain… Apakah itu di perbolehkan dalam Pelayanan spbu???
Saya sebagai konsumen merasa tidak di hargai… Saya beli loh pakai uang gak ngemis… Tolong di tindak yah… Ada cctv nya kan di situ… Saya yg pakai jaket orange.. Kalo sampai kejadian seperti ini lagi akan saya bikin ribut… Terima kasih…

Reza

Saya mau melaporkan bengkel pemeliharaan tabung gas elpiji 3 kg yg kerja nya tidak sesuai aturan pertamina. Trimz

Ryan

Pangkalan lpg 3 kg jual lpg 3kg rp,18000,masyarakat sangat kekurangan hanya 2 jam sudah habis, kita beli gas seperti mengemis antrian panjang, kelihatanya di jual ke tempat lain dgn harga skitar 25–30 ribu per tabung, lokasi pangkalan kc bajubang jambi, smua pangkalan gas kc bajubang begitu, mereka bilang gk takut di laporin, tolong pak di tindak lanjutin, saya sudah sms pengaduan lpg jambi tidak ada respon, nomor pengaduan hanya reklame saja,sebab yg punya pangkalan merupakan kontraktor pertamina juga, jadi jk ada laporan gk ada tanggapan, apa kita masyarakat harus demo?

Junaedi

Bbm jenis premiun itu emang di peruntukan buat kendaran roda empat atau mobil aja ya .kanapa saya bawa motor gk di layanin di layanin setelah lewat 7 mobil apa karena cuma bli 15rb aja gitu.spbu tuparev cirebon tolong di tindak barusan saya ngisi jm 23.00wib

geri valando

mohon bapak yg berwenang tindak tegas spbu desa kembang tanjung kab.lampung utara prov.lampung dikarenakan setiap malam mereka mengutamakan pengecoran melalui dirigen.ratusan dirigen yg mereka isi sedangkan kendaraan umum tidak dilayani.tolong ditanggapi karna smpai saat ini mereka masih saja mengecor bbm pakai dirigen.

ridwansyah

Pengalaman di spbu ciledug indah kota tangerang ada melakukan kecurangan klo pembelian lewat jm 12 mlm, saya isi 25rb angka mesin blm berhenti sdh ditekan u/ pemberhentian mesin
(Ky nya cuma aduan, tdk ada tindak lanjut) saya pengguna vario

ridwansyah

Spbu flyover pesing jakarta barat petugasnya gk sopan gk welcome dan meremehkan customer, terutama yg melayani pertalite, saya pengguna terios

Kuatman

Asalamu’alaikum. Saya kuatman dari Kota Agung, tanggamus, Lampung. Saya ingin bercerita apa yang saya alami. Saya adalah seorang pedagang. Tadi pagi sebelum subuh bapak saya mau merebus air beliau hendak mandi hangat. Tiba2 terdengar suara gas bocor ayahku panik. Saya ke dapur benar gasnya bocor. Saya pikir cuma salah karetnya ternyata bukan bocor semakin besar dan suara desisanya setara deaisan ban mobil dibarengi cairan gas yang juga keluar seperti semprotan air buat steam motor. Saya sangat bingung ayah saya panik. Ibu saya bangun dan kepanikan. Saya tutup pake tangan tangan saya mental tidak kuat saya langsung bawa lari ke depan… Lihat lebih banyak >>

Andarlinto Lumbantobing

Pada hari ini tgl 30 Maret 2019 saya melakukan pengisian pertalite di SPBU SIPOHOLON Kabupaten Tapanuli Utara, saya mengisi pertalite Rp. 100.000,- dgn meminta kepada petugas pengisian dengan speed 1, awalnya dia mengisi dengan benar setelah penunjuk harga 61.750 petugas mempermainkan speednya dengan mengatakan bahwa takut kelewatan, kenyataannya biasanya dengan harga segitu saya terima empat garis indikator bensin saya ini malah hanya tiga garis, saya keberatan dengan itu dan mengatakan jangan ditekan biarkan saja, petugas malah balik menantang saya untuk berkelahi dan melaporkan saya katanya. Saya balik mengatakan kepadanya saya akan melaporkan ini ke Pertamina , petugas balik menantang saya… Lihat lebih banyak >>

Wahyudi.P

Saya mengisi pertamax di SPBU 14.202.143 sebesar 10.000 ternyata di angka 9800 sekian mati dan di isi sama petugas 200 rupiah lagi…..trus saya tanya kepetugas kenapa bisa begitu….krn karyawan baru ga bisa jawab,yg akhirnya petugas lama yg bernana YUKA menjawab dgn seenaknya mungkin rusak dan bapak jangan nyalahkan kami salahkan mesinnya knapa rusak…..trus dia juga tidak terima aku komplin dan langsung dia bilang kalau mau ngadu langsung aja ke kantor pertamina atau buat pengaduan….jadi tolong ditindak lanjuti….SPBU didaerah marelan MEDAN…

Eman

Karyawannya kurang sopan terhadap konsumen tolong tegurannnya harap di TL segera

geri valando

melaporkan pom bensin desa tanjung mulyo kembang tanjung kab.lampung utara provinsi lampung.pihak spbu tersebut setia malam melayani pengisian bbm melalui dirigen ratusan dirigen sedangkan utk kendaraan umum mereka tidak melayani.mohon ditindak lanjuti

Ridwan

Pelayanan buruk. Dari spbu citra raya cikupa. 3115701

rhesa

tolong di tindak lanjuti di spbu pakisaji malang untuk fasilitas umum berupa toilet nama nya fasilitas kan gratis kok bayar per orang 2000 bukannya keberatan tapi yg jelas itu fasilitas bukan toilet umum kan
tgl 21 03 2019 jam 5 sore

Lestari

Tolong di tindak lanjuti pelayanan di SPBU Panarukan. Pelayanan sangat tidak memuaskan, para pekerjanya kurang ajar, tidak bisa melayani pembeli sama sekali. Uang kembalian tidak diberikan seluruhnya. Malah di tilep. Disuruh menunggu lebih dari 10 menit.
Saya sarankan untuk mengganti para pekerja, dan tidak mengambil pekerja dari kawasan Panarukan, karena etiketnya sangat buruk !

Pak Jo

ini website mati percuma kagak ada yg baca dari pertamina dan kasih solusi. teman2 ga usa buang wkt posting disini krn buanyak permasalahan dibawah yg tidak digubris. Jd ga usa buang wkt kt lg. Kalo ada forum komplen yg lain brgkali ada yg tau mohon posting info mksh

Tono

Tolong di tindak lanjutin pelayanan SPBU cabang bumi indah pasar Kemis Tangerang yg salah satu pelayannya kurang sopan terhadap pelanggan, sy hr Selasa tgl12 Maret kmrin mengisi bensin di lokasi dgn pelayanan yg sangat tdk baik,

Afni

Selamat malam .. Saya mau tanya apakah pembayaran pengisian bahan bakar tidak bisa menerima uang pecahan Rp. 200 rupiah ? Dikarenakan hari ini saya mengisi bahan bakar pertamax di SPBU Khatib Sulaiman Kota Padang dengan nominal sebesar Rp. 15.000 dengan uang Rp. 2000 ( 4 lembar ) uang Rp. 1000 (2 logam) uang Rp. 500 ( 6 logam) dan uang Rp. 200 ( 10 logam) namun ditolak oleh petugas dikarenakan tidak ada tempat penyimpanan uangnya dan di katakan bahwa tas nya bisa sobek.. padahal uang yang saya berikan hanya sedit tp tetap tidak mau menerima uang tersebut. Saya pikir jika… Lihat lebih banyak >>