Call Center Bank Indonesia

Call Center Bank Indonesia – Bank Indonesia (disingkat BI) merupakan bank sentral Indonesia yang bertugas untuk merumuskan dan menjalankan kebijakan moneter untuk menjaga kestabilan mata uang rupiah di dalam negeri dan juga terhadap mata uang negara lain. Bank Indonesia menjalankan tugasnya atas dasar Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2009.

bank-indonesia

Sekilas Tentang Bank Indonesia


Bank Indonesia adalah badan hukum independen yang memiliki wewenang untuk membuat peraturan keuangan sesuai dengan yang diatur di dalam Undang-Undang. Pihak luar bahkan pemerintah dilarang untuk mencampuri kegiatan Bank Indonesia. Dengan memiliki status khusus ini, Bank Indonesia diharapkan menjadi lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Pada dasarnya, Bank Indonesia memiliki satu tujuan dasar yaitu untuk menjaga kestabilan mata uang rupiah. Ada dua aspek penting yang menjadi pedoman utama. Aspek pertama adalah untuk menjaga nilai tukar rupiah terhadap barang dan jasa di dalam negeri. Dalam hal ini, BI berusaha untuk mengontrol pergerakan laju inflasi dalam negeri. Aspek kedua adalah untuk menjaga nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. BI akan melakukan bermacam-macam cara mulai dari peningkatan devisa, penetapan regulasi keuangan yang baru, dan lain sebagainya.

Dengan nilai rupiah yang stabil baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, tentunya akan mendukung jalannya perekonomian Indonesia. Sebagai contoh, jika rupiah memiliki volatilitas yang tinggi terhadap mata uang dollar, maka para eksportir akan mengalami kesulitan dalam menetapkan harga. Para eksportir juga bisa mengalami kerugian jika tiba-tiba nilai tukar rupiah jatuh signifikan terhadap mata uang luar negeri.


Selain menjaga perekonomian Indonesia sehingga dapat berjalan dengan baik, BI juga menjaga kestabilan perekonomian negara. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki jumlah hutang yang cukup besar ke negara lain dalam bentuk mata uang bukan rupiah. Jika mata uang rupiah tidak stabil, maka jumlah hutang tersebut bisa naik berkali-kali lipat diakibatkan oleh nilai tukar rupiah yang jatuh terhadap mata uang negara lain.

Laju Inflasi


Bank Indonesia memiliki target untuk menekan laju inflasi di bawah 5%. Akan tetapi, target utamanya adalah agar laju inflasi tidak lebih dari 10% (atau single digit). BI sebagai regulator akan mengumukan kisaran laju inflasi setiap tahun di berbagai media massa baik itu non-digital dan digital. Diharapkan para pelaku usaha dapat memanfaatkan informasi tersebut sehingga mereka dapat membuat perencanaan yang baik di masa mendatang. Target laju inflasi biasanya dipakai untuk jangka waktu 2 – 3 tahun ke depan.

Kenaikan laju inflasi bisa diakibatkan oleh gangguan dalam negeri dan gangguan luar negeri. Sebagai contoh, pemerintah melakukan penghapusan subsidi, perubahan regulasi sehingga pertukaran barang dan jasa menjadi terhambat, cuaca ekstrim sehingga menyebabkan gagal panen, dan lain sebagainya. Gangguan-gangguan tersebut disebut dengan gangguan domestik. Sedangkan gangguan luar negeri biasanya disebabkan oleh adanya perubahan dalam kerjasama bilateral antar negara.

Call Center Bank Indonesia


Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kebijakan moneter atau hal-hal lain yang berkaitan dengan Bank Indonesia, Anda dapat menghubungi Bank Indonesia melalui nomor call center berikut:

  • Call Center Bank Indonesia Lokal
    131
  • Dari Luar Negeri
    1500131
  • Email Customer Service
    [email protected]

Waktu operasional CS Bank Indonesia hari Senin – Jumat, mulai jam 08:00 – 16:00 WIB.

Alamat Kantor:

Bank Indonesia

Jl. M. H. Thamrin No. 2

Jakarta – Indonesia

Telp: 131 (Lokal), 1500131 (Luar Negeri)

Fax: 021 – 3864884

Tulis Tanggapan