Call Center Jasa Marga
|Call Center Jasa Marga – Didirikan pada 1 Maret 1978, Jasa Marga dibentuk sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bertugas untuk merancang, membangun, serta bertanggung jawab pada pengoperasian dan pemeliharaan jalan tol. Pembangunan infrastruktur yang baik diharapkan membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Begitu juga dengan adanya pembangunan jalan bebas hambatan ini, diharapkan mampu memberikan manfaat lebih dibandingkan jalanan umum.
Karya pertama yang berhasil diselesaikan adalah tol Jakarta Bogor Ciawai, atau yang lebih dikenal dengan nama tol Jagorawi. Mulai beroperasi di tahun 1978, pembangunan jalan ini didanai pemerintah dengan obligasi Jasa Marga serta dana pinjaman luar negeri.
Sekilas Perjalanan Jasa Marga
Sebagai pelaksana pertama pembangunan jalan tol di Indonesia, dahulu perusahaan ini tidak hanya memegang izin pengoperasian jalan tol, tetapi juga memegang otoritas pembangunan jalan tol. Hingga pada tahun 1987, pemerintah mulai mengajak pihak swasta untuk ikut serta berinvestasi dengan sistem BOT (build, operate and transfer). Pada masa ini, Jasa Marga memiliki peran sebagai badan otoritas yang memberikan izin kepada pihak swasta. Sayangnya, banyak dari proyek tersebut yang gagal terwujud. Salah satu proyek gagal yang diambil alih kembali adalah pembangunan tol Cipularang.
Perubahan aturan kembali terjadi setelah pemerintah mengeluarkan Undang-Undang nomor 38 tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah nomor 15 mengenai jalan bebas hambatan. Pertama, kewenangan otoritas jalan tol dikembalikan kepeada pemerintah. Kedua, Jasa Marga hanya berfungsi sebagai pihak pengembang dan operator jalan tol. Ketiga, didirikannya Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang bertugas sebagai pengatur industri jalan tol. Terakhir, Menteri Pekerjaan Umum akan melakukan penyesuaian tarif tol setiap dua tahun sekali.
Perkembangan Jasa Marga dari Waktu ke Waktu
Di era pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama. Pembangunan jalan tol akan dilakukan di seluruh penjuru nusantara, terlebih di daerah yang lama tidak tersentuh pembangunan, seperti Kalimantan dan Papua. Untuk mewujudkan ambisinya, pemerintah mengajak pihak swasta baik dalam maupun luar negeri untuk berinvestasi. Karena menurutnya, Indonesia masih mengalami kekurangan dana sebesar 75% atau sekitar Rp4.000 triliun. Seluruh usaha tersebut dilakukan agar Indonesia memiliki daya saing di mata dunia.
Hingga saat ini, PT Jasa Marga telah memegang hak konseksi sepanjang 1.260 km dan bercita-cita menjadi 2.000 km pada tahun 2019. Selain penambahan konseksi, perusahaan juga mengalami kenaikan pendapatan yang bersumber dari kenaikan tarif tol serta peningkatan pendapatan anak perusahaan di luar bisnis jalan tol.
Di bidang pelayanan operasional, bersama anak perusahaannya, Jasa Marga melakukan penggabungan transaksi antara jalan tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Padalarang-Cileunyi, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Brebes Timur.
Penerapan E-Toll Card
Penggunaan e-Toll juga mengalami peningkatan sebesar 8,73 persen di tahun 2016. Pelayanan berbasis aplikasi pun diluncurkan di akhir tahun 2016. Aplikasi bertajuk Mobile Apps JMCare itu berfungsi untuk mengabarkan informasi terbaru jalan tol melalui push notification message.
Call Center Jasa Marga
Jasa Marga menyediakan layanan call center yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna jalan tol jika terjadi permasalahan seperti mobil mogok, kecelakaan, membutuhkan bantuan derek, dan lain sebagainya. Selain itu, para pengguna jalan tol juga dapat memanfaatkan call center ini untuk menanyakan informasi terkini seputar jalan tol.
- Call Center Jasa Marga 24 Jam
14080 - Situs Resmi Jasa Marga
Alamat Kantor:
PT. Jasa Marga (Persero) Tbk.
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta – Indonesia
Telp: 021 – 8413630, 021 – 8413526
Fax: 021 – 8413540
Kecewa dgn gerbang tol cikunir 4, selalu tidak ada struk, namanya urusan kantor kan struk itu penting buat di klaim
Jalan Tol Jagorawi sekitar km 22 sebelum rest area arah Bogor – jakarta. Di lajur sebelah kiri ke 2. Sudah lama rusak. Utk mbl kecepatan antara 80 sd 100 km/ jam Sangat berbahaya. Mhn segera diperbaikin bpk bpk pengawas jalan Tol Jagorawi.
Kami selalu peduli SAFETY. Terima kasih.
Kepada bpk2 petugas patroli /kebersihan jl toll yg berhati baik, sy 3 hr lwt jln tol wiyotowiyono masuk dari pintu toll artha gading di kurang lbh 5 km jalur cepat pinggir batas jln ada binatang kucing warna abu2 msh hidup sptnya krn dia bergerak, sy minta tolong utk di selamatkan, kasihan sy tdk tega melihatnya , krn jalur cpt sy tdk bisa menolongnya, mungkin bpk2 jasamarga dpt memantaunya , bila msh hidup tolong selamatkan, semoga berpahala. Terima ksh atas perhatiannya.
SELAMAT MALAM, Saya mau tanya perihal saldo e toll yang hilang dengan sendiri. kok bisa terjadi? sudah 2 kali hilang dengan nominal banyak. mohon jawaban!
Ini bukan mengenai tarif toll atau fasilitas toll…saya sangat berterima kasih pada petugas jasa marga…mungkin kedengaran memalukan untuk kasus yg saya hadapi.. namun bagi saya sendiri, saya benar-benar ketakutan…hal itu terjadi hari ini, 11 agustus 2020…saya kerja di daerah sudirman…karena menghidari ganjil genap…saya mutar lewat jakarta barat…dari jakarta barat dengan berbekal google map buat pulang ke rumah…..saya pun juga salah lihat papan petunjuk jalan …hingga saya nyasar sampai ke BSD….dimana saya sama sekali tidak pernah ke daerah BSD…saya ketakutan…sudah pukul stgh 8 malam… tidak ada yg bisa saya tanya jalan pulang…untung saya masih ingat ada jasa marga…dengan sangat berharap dapat… Lihat lebih banyak >>
Hari ini toll Tambun ikut Ga-Ge atau tidak yha?
Saya kecewa karena setiap pembayaran d gardu toll Sentul selalu dobel atau dua kali pembayaran. Saya tanya kator jasa marga nya kata nya mesin itu online dari bank mandiri jika ingin komplek ke bang aja. Sedangkan saya pikir setau saya saya hanya berurusan sama jasa marga. Tolong di perhatikan lagi kepada pihak jasa marga.
Terimakasih
Menurutku cek dl k bank gd salahnya mas.
Hari nie saya dari BSD mau kesubang saya bawa mobil golong satu.ko bayar golong dua..saldo saya kekuras.
Hari Rabu Tgl 8 April 2020 saya masuk lewat gerbang Tol Baros menuju GT Cileunyi Km 155, sebelum keluar Tol kejadian tidak menyenangkan menimpa saya, apalagi kejadian ini disebabkan oleh mobil Patwal, posisi saya berada pada Km 154 menuju gerbang tol Cileunyi setelah jembatan kereta api sekitar pukul 18.15, Posisi saya berada dilajur sebelah kanan, mobil Patwal yang berada dibelakang saya tiba2 mengelakson saya secara berturut2, padahal mobil patwal tersebut tidak sedang mengawal apa2, saya masuk ke lajur 2 atau lajur tengah tiba2 mobil Patwal tersebut mepet saya sambil tidak henti2nya mengelakson saya, saya kaget sambil mengurangi kecepatan, mobil Patwal… Lihat lebih banyak >>
saya di derek dari tol dari di pertemuan antara arah cikampek ke joor jagorawi dan tol ckung priok jagorawi ..
sy pikir mereka baik ..padahal sy bayar sesuai permintaan mereka sebesar 550000 terantar ke pulo gebang
eeh petigas yg di mobil sy malah bawa Kati etol saya ..dan berisi 100.0o0 an lebih
ga sabgka mereka ada yg maling juga yach
15 03 2020
salam santuyyy..
hati hati ada maling
Malam
Hari ini minggu jam 4.34 baru saja ada pohon tumbang ke tengah jalan sekitar km 200 mohon petugas segera di bersihkan sebelum terjadi kemacetan panjang.trmksh
Hari ini minggu pukul 20,30 kurang lebih,,sya dan keluarga melintas dr pintu masuk tol tambun menuju jkrt,kurang lebih 1 sampai 2 km setelah pintu masuk tambun,terdpt lubang ditengah tol,, hampir oleng stirnya dikarenakan lubang besar,,tolong diperbaiki bpk pimpinan jasa marga,yg sangat membahayakan pengemudi dimalam hari maupun siang hari,mohon secepatnya diperaiki,,ya bos,,sblom memakan korban lagi,,,
jalan tol kaya jalan kampung, byk lubangnya, apalagi tol JORR Simatupang, udh byr tol mahal, fasilitas ga dibenahi, jangan mau uangnya aja dong jasa marga…..ban mbl sy benjol tuh gegara ngehantam lubang dalem….emang duitnya di korupsi ya sampe benerin aspal aja kagak bisa??
Jalan tol skrn banyak rusak parah. dekat gerbang meruya km 13-300 sd 13-400 arah jagorawi banyak lubang di tengah jalan. mohon segera diperbaiki.jangan menunggu ada korban. bayaran tol naik buat apaan tuh pak? ngk beda dengan jalan arteri… ampun deh pak bapak.
Tolong dong info ditol cikampek yg macet total arah ke cokarang, bekasi, sdh 5 jam tdk ada pergerkan sama sekalai, tlp call cebtre ga bisa nyambung, mohon pencerhannya, dr jam 3 pg sampe detik ini ga bergerak, tgl 2 januari 2020 hari tdk bagus, sekali lg mohon jasa marga bisa mereapon keluhan kami
Struk tol tidak keluar bagaimana solusi nya ?
Karena struk manual tidak bisa di claim oleh perusahaan saya,
Sering terjadi yang saya alami di gt pasteur bandung dan gt sadang purwakarta
Pada akhirnya saya harus membayar pakai uang pribadi padahal saya sedang dinas
Terus terang Saya kecewa sekali
pada hari ini , hari kamis tanggal 28 november 2019 saya berangkat kerja lewat tol satelit surabaya , sekitar pukul 07.20/07.21 saya sampai di gardu tol nya , saya kehabisan saldo etol saya suda berusaha minta tolong sama mobil belakang saya untuk meminjam etol nya tapi dia tidak mau , saya pencet tombol bantuan pada gardu tol belum ada respon sama sekali ,selang beberapa menit saya di bantu scurity tol untuk membuka pembatasnya yang saya kaget kan ternyata didalam gardu tol tersebut ada mba2 yg berjaga dan dari tadi dia hanya diam saja sudah tau saya kehabisan etol , kalau… Lihat lebih banyak >>
Bs mnta tlg bantuan derek pa?, km.74 tol cipularang arah bandung.
Brio abu tua
Mohon di tindak lanjuti pnjaga pintu tol di pintu masuk tol bitung arah jakarta _ tangerang krna sikap dan cara pelayanan nya tidak ada sopan2 nya dia se orang prempuan namanya sy tidak tau krna ketika di tanya nama ga kasih malah diam kejadian jam 05:48 tgl 30-10-2019 dan sy langsung lapor ke pengawas nya cuma blm ada tindakan
Tol jakrta-tangerang
Bitung 2
Maaf melenceng, mohon infonya barang kali ditemukan sebuah Tas selempang warna abu kehijauan, ada logo BPJS Kesehatan KC Sukabumi, berisi SIM&KTP atas nama Herman Turyana, Kartu ATM, dll. Telah terjatuh di Gerbang Tol Cikunir 2 pada hari Rabu 23 Oktober 20:19 jam 19:51, pada saat itu Tas di simpan di pintu depan samping pengemudi, kebetulan pada saat Tap E-toll, posisi mobil kurang mepet, otomatis tidak kejangkau, lalu saya buka pintu dan kemungkinan besar pada saat itu Tas terjatuh disana. Mohon bantuannya. Terima kasih.
Lapor, Jam 13.45 hari minggu tgl 6 oktober 2019 km 126 ada segerombolan kambing sedang makan rumput ditengah tengah kedua ruas jalan tol, mohon di tindak berbahaya bagi pengendara.
Sudah bertahun tahun tol cikampek macet… Emang nga punya perasaan. Kami bayar bukan gratis..
Gerbang tol semper 2 cek itu ga bener bangsat Selalu saldo masuk golongan 2= 22500.tempel ettol d bawah. Palang ga ngebuka. D suruh pindah tempel.k atas 15000. Baru buka. Mesin gerbang tol tai
Tgl 31 Agustus yg lalu saya pulang dari Jakarta menuju Bandung kira” jam 22.30 dng kecepatan 100km/ jam tiba” ada mobil dari arah timur berputar balik di KM 53. Tolong diperhatikan pembatas jalan jngn sampai dibiarkan ada celah sehingga memungkinkan mobil berbalik arah, karena masyarakat Indonesia blm dapat mematuhi peraturan dan menganggap remeh hal seperti itu.
Mobil yg berbalik arah mungkin dikendarai oleh tukang becak yg tdk mau tau bahaya dan tdk pernah mau tau adanya peraturan berkendara
Terima kasih atas ketja samanya
Ini gimana ya petugas yang di pintu tol kalihurip berbuat curang akses e-toll ko bayar padahal saldo cukup ini sangat merugikan sekaliee
Kok sama dgn saya kmren ya di kalihurip… Saldo terdebit tapi palang tidak terbuka… Lalu saya harus bayar tunai karena antrian di belakang sudah banyak… Saya lapor ke call centre , seperti nya dari keterangan yg di berikan ini kasus pertama kali.
Mohon bantuan mobil kami mogok di depan gerban tol cileunyi, avanza putih
Mohon bantuanya, mobil kami mogok di km42 tol trans sumatera bakauheni merak
Tolong untuk petugas di gerbang tol Ciawi struk tol selalu kosong dan tidak keluar…dan kurang sensitif pada saat baca kartu etol nya padahal kartu etol baru.trims
Petugas di gerbang tol Cikampek / kalihurip dari arah Bandung – Jakarta tidak jujur, mesin gate tol dimanual kan transaksi e-money di non aktifkan dibilang saldo tidak cukup padahal masih ada saldo. Saya dipaksa bayar manual dgn tarif yg dibesarkan, setelah dibayar baru gerbang dibuka manual! petugas dan satpam bekerja sama untuk merugikan konsumen!
Mobil saya mogok di tol jagorawi sebelum terminal kmpng Rambutan arah Jakarta tepatnya di rest area cibubur
Mohon bantuan banmobil saya pecah saya ga ada dongkrak
Mohon bantuan .. mobil saya mogok di tol Cileunyi… Karimun coklat
Belum dapat derek udah 3jam, di km 23 tol Tangerang arah merak.
Kend kijang kempes di tol jakarta cikampek km 11
coba di tol itu ada yg berhenti jalur paling kanan .liat orang ya tertidur apa gimana…tol dalkot arah cawang ga jauh dari pintu tol tebet jalur paling kanan
di tol dalkot arah cawang ada mobil berhenti di sebelah kanan orang tertidur atau gimana coba di cek
Di km 68 ada cone orange itu di tengah jalan, tolong segera disingkirkan karna bahaya.. trims
Di tol cipali km 291 ada orang duduk di pinggir jalan. Seperti orang gila. Mohon di amankan takut mengganggu kendaraan yg melaju kencang.
Mobil saya mogok d tol probolinggo mau balik k surabaya. Mohon bantuannya..
Info arah jjogya sudah bisa lewat tol blm
Harusnya setiap arus balik mudik jangan mengorbankan arus yg sebaliknya dr Jkt ke Cikapmpek Bdg. Keterlaluan menganak emaskan arus balik. Tapi arus sebaliknya yg hrsnya lancar jadi macett parah. Tolong Jasa Marga perbaiki pengaturan Lalin. Jgn malah merugikan arus yg berlawanan dgn arus balik mudik.
No telp yg tertera dihubungi g pernah bisa,saya lagi di tol Cikampek ban pecah bisa tolong segera dibantu
saya bingung nih setiap lebaran dan natal keluar pintu tol pondok kelapa itu selalu dipasang pagar pembatas..kayaknya gak perlu deh..malah ganggu lalu lintas dan membahayakan karrna orang jadi kagok dengan pagar2 itu..
5/6 keluar tol cikampek arah cipali pamer betis perkiraan macet 27 mnt, gimana ni mohon bantuannya
Tgl 4/06/2019 14:58 masuk dari pintu tol ciputat mo mudik ke bandung’ kartu flaz saya top up dg isi saldo total 320.000
Ketika transaksi’ di pintu tol’ saya baru sadar klo saldo di mesin pintu tol di tarik saldo hingga 200 ribuan’ bagaimana ini jasa marga..’ yg terhomat’ masa kita rakyat di buat tidak nyaman dg hal seperti ini
Ini tol jor arah pdk indah, ada apa ya skg??? Kok macet ga bergerak, mana tanggung jwb petugas tol-nya, pelanggan sdh byr mahal tp malah kena macettt parah begini ya
Mohon maf pak mobil saya macet kehabisan bensin,di tol
No info tol cipularang
Selamat malam
Mohon bantuannya….mobil sy mogok di exit tol Brebes timur, acu tdk mau ngisi, terimakasih
Masuk tol cikampek arah jakarat dr mulai dawuan Macet…macet….macet….tiap hari tol macet…macet…macet…..sampai kapan nih bikin sengsara,udah bayar bikin susah,jgn rugikan pengguna jalan seperti ini trud donk!!! Macet tuh bikin stresss